Sukses

9 Manfaat Matcha untuk Wajah, Mampu Cerahkan Kulit Secara Alami

Kenali manfaat matcha untuk wajah yang jarang disadari ini.

Liputan6.com, Jakarta Matcha terkenal dengan kelezatannya. Matcha merupakan teh hijau yang digiling halus menjadi bubuk seperti tepung. Matcha biasanya dibuat sebagai perisa dan pewarna. Selain dikenal dapat melezatkan makanan, ternyata matcha bisa diandalkan untuk kecantikan. Ada banyak sekali manfaat matcha untuk wajah yang sampai saat ini masih jarang diketahui.

Manfaat matcha untuk wajah ini tidak perlu diragukan lagi. Bahkan khasiat matcha sudah dikenal sejak abad ke-8 dan tertulis dalam kitab Chang Ching Tiongkong. Matcha memiliki kandungan antioksidan tinggi, vitamin, betakaroten, dan antibakteri. Kandungan inilah yang nantinya dapat diandalkan untuk mendapat kecantikan alami.

Enggak heran, jika matcha seringkali menjadi bahan untuk masker wajah. Selain itu, matcha juga bisa dikonsumsi dalam seduhan teh hangat atau menjadikan makanan lezat. Berbagai macam cara bisa dilakukan untuk mengonsumsinya. Cara menerapkan dan mengonsumsi yang beragam ini tidak akan memengaruhi manfaat matcha untuk wajah.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat matcha untuk wajah dari berbagai sumber, Senin (15/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cegah Penuaan Dini, Atasi Iritasi, dan Atasi Jerawat

Cegah Penuaan Dini

Penuaan dini ternayat bisa dicegah dengan manfaat matcha untuk wajah. Sebuah studi 2003 menunjukkan antioksidan EGCG berlimpah dalam teh hijau, memiliki kemampuan untuk meremajakan sel-sel kulit.

Antioksidan ini juga akan melindungi dan memperbaiki sel-sel kulit. Hingga mampu memerangi tanda-tanda penuaan menyamarkan kulit kusam.

Manfaat ini juga didukung kandungan vitamin B2 yang membantu mengencangkan kulit. Vitamin ini akan mempertahankan kadar kolagen, yang dapat meningkatkan kekencangan kulit.

Atasi Iritasi

Iritasi dapat dicegah dan diatasi dengan manfaat matcha untuk wajah. Sifat anti-inflamasi dan kandungan polifenol tinggi penyebabnya. Sifat ini dapat membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan, dan pembengkakan. Matcha juga akan menenangkan luka kecil dan luka bakar akibat sinar matahari.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa teh hijau yang diterapkan secara topikal bisa menjadi obat efektif untuk banyak kondisi dermatologis. Dapat menenangkan iritasi dan gatal-gatal yang disebabkan oleh psoriasis, dermatitis, keloid, dan rosacea.

Atasi Jerawat

Matcha dapat membantu mengatasi jerawat. Manfaat matcha untuk wajah karena sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba didalamnya. Kandungan ini sangat efektif untuk jerawat. Polifenol yang diterapkan kulit dapat membantu mengurangi sekresi sebum penyebab jerawat.

Polifenol dalam teh hijau juga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dengan merusak membran bakteri. Sifat antibakteri ini membantu mencegah jerawat yang disebabkan oleh bakteri seperti Propionibacterium acnes.

3 dari 4 halaman

Cegah Kanker Kulit, Lembapkan Kulit, dan Atasi Minyak Berlebih

Cegah Kanker Kulit

Mengonsumsi matcha dan menggunakannya secara topikal juga mampu mencegah karsinogenesis yang diinduksi oleh UV. Kandungan polifenol dan enam jenis katekin, dapat mencegah respons inflamasi. Terutama inflamasi yang dipicu oleh paparan UV, stres oksidatif, dan penekanan kekebalan.

Begitu juga kekuatan antioksidan EGCG dapat memperbaiki kerusakan DNA akibat sinar ultraviolet (UV) matahari. Efek ini mampu dapat membantu melindungi kulit dari kanker nonmelanoma.

Lembapkan Kulit

Kelembapan kulit bisa didapat dari manfaat matcha untuk wajah. Hal ini disebabkan kandungan vitamin dalam matcha. Vitamin ini dapat memelihara dan melembabkan kulit wajah secara alami. Sehingga nutrisi kulit dapat terpenuhi dengan baik, kulit kering dan kasar bisa dihindari.

Manfaat ini sangat mampu mengatasi kulit kering dan memastikan kadar air tetap terjaga pada kulit. Matcha juga bisa berperan sebagai exfoliator alami yang dapat menghilangkan minyak berlebih dan polutan.

Atasi Minyak Berlebih

Kulit wajah yang memiliki minya berlebih bisa diatasi dengan manfaat matcha untuk wajah. Sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba penyebabnya. Cobalah aplikasi topikal matcha untuk membantu mengendalikan sekresi sebum yang berlebihan.

Sebab, kulit berminyak memang terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum adalah zat lilin, berminyak yang melindungi dan melembabkan kulit. Terlalu banyak sebum dapat menyebabkan kulit berminyak, pori-pori tersumbat, dan jerawat.

4 dari 4 halaman

Lindungi dari Sinar UV, Hilangkan Bruntusan, dan Cerahkan Wajah

Lindungi dari Sinar UV

Polifenol dalam antioksidan matcha memiliki sifat pelindung kulit. Sehingga, matcha akan membantu mencegah masalah kulit yang disebabkan oleh sinar UV. Jika sinar UV berhasil dihalau, maka masalah keriput, garis-garis halus, pigmentasi, melanoma, dan kanker dapat dihindari.

Pengaplikasian matcha pada kulit dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit yang terbakar matahari. Kandungan asam tanat dan theobromine akan membantu menghilangkan rasa sakit. Termasuk membantu menyembuhkan kulit yang rusak karena terbakar sinar matahari.

Hilangkan Bruntusan

Bruntusan yang hampir mirip dengan jerawat, bisa diatasi dengan matcha. Bruntusan merupakan kondisi ketika kulit wajah sedang dehidrasi. Nah, dehidrasi inilah yang nantinya dapat diatasi dengan matcha. Matcha yang dijadikan masker akan membantu melembapkan sekaligus mengembalikan tekstur kulit wajah sehingga kulit tampak sehat kembali.

Cerahkan Wajah

Mengonsumsi matcha secara rutin akan membantu mencerahkan wajah secara alami. Manfaat matcha untuk wajah ini disebabkan kandungan antioksidan di dalamnya. Elastisitas kulit juga akan diperbaiki dengan kandungan antioksidan ini.

Penelitian Medical College of Georgia, Amerika Serikat tahun 2003 menunjukkan teh hijau sangat berguna untuk peremajaan kulit. Bahkan teh hijau ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit serta menutup luka pada kulit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini