Sukses

6 Seleb Bollywood Ini Dituding Penyebab Sushant Singh Rajput Depresi hingga Bunuh Diri

Liputan6.com, Jakarta Kabar kematian Sushant Singh Rajput hingga kini masih menyisakan duka. Aktor Bollywood tersebut ditemukan bunuh diri di langit-langit apartemennya di kawasan Bandra Barat, Mumbai, India pada Minggu (14/6/2020). Diduga aktor 34 tahun ini nekat mengakhiri hidupnya akibat menderita Depresi.

Depresi yang dialami oleh pemeran Manshoor Khan dalam film Kedarnath ini diduga berkaitan dengan praktik nepotisme yang terjadi di Industri perfilman Bollywood yang sudah jadi rahasia umum. Dalam enam bulan belakangan ini, Sushant bahkan kehilangan 7 proyek film.

Sushant Singh Rajput merupakan seorang aktor yang berasal dari kalangan orang biasa. Meski merupakan aktor yang memiliki talenta berakting yang baik, namun di Bollywood hal itu tidaklah cukup. Sehingga ia sering kali mengalami ketidakadilan dan dipandang sebelah mata.

Terkait kematian Sushant, sang pengacara yakni Sudhir Kumar Ojha sudah menyiapkan tuntutan kepada sejumlah tokoh industri Bollywood yang diduga terkait dengan kasus kematian sang aktor.

"Saya telah mengajukan kasus terhadap 8 orang termasuk Karan Johar, Sanjay Leela Bhansali, Salman Khan & Ekta Kapoor di bawah Bagian 306, 109, 504 & 506 dari IPC sehubungan dengan kasus bunuh diri aktor Sushant Singh Rajput di pengadilan di Muzaffarpur, Bihar," ungkap Sudhir Kumar Ojha dilansir dari laman berita India.com, Rabu (17/6/2020).

Kira-kira siapa sajakah Seleb Bolywood yang dituding sebagai penyebab depresi Sushant Singh Rajput hingga nekat mengakhiri hidupnya? Berikut ulasan selengkapnya dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (18/6/2020). 

2 dari 8 halaman

1. Salman Khan

Pada 2017 silam, Sushant Singh pernah berkelahi dengan Sooraj Pancholi di sebuah pesta. Dalam konflik tersebut, Salman Khan yang sudah menganggap Sooraj sebagai anak emasnya pun turut ikut andil dan pasang badan.

Buntut dari konflik ini adalah fakta bahwa pemeran tokoh Lakhan Singh di film Sonchiriya ini jadi tak pernah mendapatkan proyek yang berasal dari rumah produksi Salman Khan. Ketimbang memilih Sushant yang memiliki akting mumpuni, Salman dituding lebih memilih Sooraj yang aktingnya biasa tapi berasal dari keluarga artis.

3 dari 8 halaman

2. Alia Bhatt

Sempat mengucapkan ungkapan duka cita untuk Sushant, Alia Bhatt malah mendapatkan kritikan dan sejumlah kecaman dari warganet India. Wanita 27 tahun ini dinilai hanya berpura-pura berduka untuk publisitas karena ia pernah mengejek Sushant.

Publik India masih mengingat perlakuan tak pantas yang dilakukan oleh Alia dalam talkshow Koffee With Karan. Waktu itu, ia ditanyai oleh Karan Johar siapa yang dipilih Alia antara Ranveer Singh, Varun Dhawan dan Sushant Singh Rajput, dan ia memberikan jawaban yang dituding menghina sang aktor. 

"Sushant Singh Rajput. Siapa dia?" ujar Alia yang kemudian dibalas dengan tawa oleh Karan. Pernyataan artis kelahiran 15 Maret 1993 ini dianggap sebagai hinaan bagi Sushant yang kala itu sudah memiliki nama di Bollywood. Alia dinilai merendahkan mendiang Sushant karena tak berasal dari keluarga seleb sehingga memandangnya sebelah mata dan tak mengakui eksistensinya. Alia Bhatt sendiri merupakan putri dari seorang sutradara terkenal di industri Bollywood.

4 dari 8 halaman

3. Karan Johar

Alih-alih mendapatkan validasi atas simpati yang ia tunjukkan di media sosial terkait meninggalnya Sushant Singh, Karan Johar malah mendapatkan kecaman. Ia dinilai publik sebagai sosok yang munafik lantaran terlambat menyadari bahwa Sushant merupakan aktor yang mumpuni.

Karan Johar yang merupakan sutradara kenamaan Bollywood disebut munafik karena rumah produksi miliknya melakukan blacklist kepada Sushant. Ia merupakan salah satu tokoh yang melanggengkan nepotisme di industri perfilman Bollywood.

5 dari 8 halaman

4. Aditya Chopra

Suami aktris ternama Rani Mukherji ini diduga menjadi salah satu penyebab depresi yang dialami oleh Sushant Singh. Hal ini lantaran Sushant pernah membuat Aditya Chopra kesal beberapa waktu lalu yang akhirnya mengakibatkan blacklist kepada sang aktor dari sejumlah rumah produksi besar di Bollywood.

Penyebab kesalnya produser ternama Bollywood ini lantaran Sushant pernah menolak tawaran film dari Aditya Chopra. Alasan penolakan dari pemeran film Raabta ini lantaran ia ingin fokus untuk bermain di film PAANI yang telah dipersiapkan selama 11 bulan.

Tak berhenti sampai di situ, Aditya pun merecoki proyek PAANI. Akibat penolakan Sushant, ia pun akhirnya malah dikeluarkan dari proyek film tersebut. Hal ini sempat membuat sang aktor mengalami depresi berat.

6 dari 8 halaman

5. Sanjay Leela Bhansali

Salah satu nama besar yang disebut menyebabkan Sushant Singh depresi oleh pengacara Sudhir Kumar Ojha yakni Sanjay Leela Bhansali. Produser asal India ini diduga menyakiti sang aktor akibat pengkhianatan yang ia lakukan bersama Karan Johar dan Ekta Kapoor.

Sebenarnya, Sanjay Leela Bahsali memiliki hubungan yang cukup dekat dengan Sushant Singh. Keduanya pun terlibat dalam 4 proyek film bersama belakangan ini. Namun, keempat film tersebut gagal dirilis. Aktris Kangana Ranaut disebut akan dipanggil sebagai saksi dalam kasus ini.

7 dari 8 halaman

6. Ekta Kapoor

Sama halnya dengan tuntutan kepada Sanjay Leela Bhansali, Ekta Kapoor juga dinilai bersekongkol untuk tidak merilis film yang melibatkan Sushant Singh. Menurut Sudhir Kumar Ojha hal ini sama saja dengan tindak pembunuhan kepada sang aktor.

Atas tuduhan tersebut, Ekta Kapoor pun akhirnya buka suara melalui akun media sosialnya. Ia menuliskan bahwa ia kesal terkait dengan teori persekongkolan yang melibatkan dirinya.

"Terimakasih atas kasusnya karena tidak memberikan casting kepada Sushi. Padahal saya yang menangani debutnya. Saya sangat kesal dengan teori yang berbelit-belit. Tolong biarkan keluarga dan teman-teman berduka dalam damai! Kebenaran akan menang. Saya benar-benar tidak percaya ini (tuduhan)."

8 dari 8 halaman

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.