Sukses

10 Cara Membuat Masker Bibir dengan Bahan Alami, Mudah dan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Selain wajah, bibir juga membutuhkan perawatan khusus. Salah upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker bibir, agar bibir tampak sehat dan terawat. Tidak perlu khawatir dengan masker bibir yang harganya mahal. Coba saja membuat masker bibir dengan bahan alami.

Cara membuat masker bibir dengan bahan alami sangat mudah. Bahan-bahan yang digunakan sudah pasti aman. Cukup gunakan gula pasir, madu, lemon, timun, tomat, jeruk nipis, dan masih banyak lagi. Tentu saja pembuatannya tanpa bahan kimia berbahaya seperti dalam produk kosmetik pelembap bibir kebanyakan.

Manfaat dari masker bibir dari bahan alami ini bisa untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Bisa juga digunakan untuk mencerahkan dan membuat bibir merona secara alami. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara membuat masker bibir dengan bahan alami ini, Senin (22/6/2020).

2 dari 7 halaman

Gula, Madu, dan Minyak Zaitun

Mencampur madu, minyak zaitun, dan gula termasuk cara membuat masker bibir dengan bahan alami. Madu dan minyak zaitun memiliki berguna untuk memelihara kesehatan dan kelembapan bibir secara alami. Cukup campur madu, minyak zaitun, dan gula. Oleskan campuran ini pada bibir dan gosok secara lembut selama 3 menit. Jika sudah, diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih/hangat.

3 dari 7 halaman

Gula Pasir dan Lip Butter

Mencampurkan gula pasir dengan lip butter/petroleum jelly adalah cara membuat masker bibir dengan bahan alami. Lip butter dapat membantu melembapkan bibir. Sedangkan, ketika keduanya dicampur akan menjadi scrub bibir yang mampu mengangkat sel kulit mati.

Campurkan seperempat sendok lip butter dengan tambahan sedikit gula. Oleskan campuran ini pada bibir dan gosok secara lembut selama 3 menit. Jika sudah, diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih/hangat.

4 dari 7 halaman

Madu dan Lemon

Mencampur madu dan lemon bisa merupakan salah satu cara membuat masker bibir dengan bahan alami. Manfaat madu yang bisa melembapkan dan lemon untuk mencerahkan cocok untuk nutrisi bibir. Campurkan lemon dan madu dalam wadah. Oleskan ke seluruh bagian bibir dan diamkan selama 15-20 menit. Jika sudah, bilas dengan air bersih/hangat.

5 dari 7 halaman

Madu dan Mentimun

Madu

Selain kaya akan manfaat, rupanya madu bisa berfungsi sebagai masker bibir. Cara membuat masker bibir dengan bahan alami seperti madu ini juga cukup mudah. Cukup oleskan madu murni tanpa campuran apapun pada bibir setiap pagi dan malam hari. Madu murni ini sangat ampuh membantu mengatasi bibir pecah-pecah dan memerahkan bibir secara alami.

Mentimun

Cara membuat masker bibir dengan bahan alami selanjutnya bisa mengandalkan mentimun. Cukup siapkan mentimun secukupnya. Haluskan atau hancurkan mentimun. Kemudian oleskan atau mengaplikasikan ke seluruh bagian bibir. Jika sudah diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih/hangat.

6 dari 7 halaman

Tomat, Lidah Buaya, dan Minyak Zaitun

Tomat

Cara membuat masker bibir dengan bahan alami bisa menggunakan tomat. Bisa dengan tomat tanpa campuran apapun dan bisa mencampurnya dengan gula pasir. Cukup siapkan tomat secukupnya. Haluskan atau hancurkan tomat. Kemudian oleskan atau mengaplikasikan ke seluruh bagian bibir. Jika sudah diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih/hangat.

Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk rambut dan wajah, lidah buaya juga bermanfaat untuk bibir. Lidah buaya ini termasuk salah satu bahan untuk membuat masker bibir. Cara membuat masker bibir dengan bahan alami seperti lidah buaya ini sangat mudah. Hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya ke seluruh bagian bibir sebelum tidur. Kemudian barulah bilas masker bibir ini di pagi harinya. Lakukan perawatan secara rutin untuk hasil lebih maksimal.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal juga dengan istilah minyak esensial. Minyak ini bisa digunakan untuk membuat masker bibir. Kandungan dalam minyak ini bisa membantu melembapkan bibir dan mencerahkan secara alami.

Cara membuat masker bibir dengan bahan alami seperti minyak zaitun juga sangat mudah. Cukup oles minyak ke seluruh bagian bibir. Disarankan untuk menerapkannya di malam hari. Lakukan secara rutin agar hasilnya bisa lebih maksimal.

7 dari 7 halaman

Jeruk Nipis dan Kentang

Jeruk Nipis

Cara membuat masker bibir dengan bahan alami selanjutnya bisa mengandalkan jeruk nipis. Masker bibir ini cocok untuk bibir hitam dan kering. Sedangkan kandungan vitamin C dalam jeruk nipis akan membuat bibir lebih merona. Siapkan jeruk nipis dan potong menjadi dua. Oleskan jeruk nipis yang sudah dipotong menjadi dua ke seluruh bagian bibir. Jika sudah, diamkan selama 30 menit. Lalu bersihkan dengan air bersih/air hangat.

Kentang

Kentang termasuk salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat masker bibir. Cara membuat masker bibir dengan bahan alami seperti kentang ini cukup mudah. Hanya perlu menyiapkan kentang. Kemudian tumbuk kentang sampai halus.

Jika sudah, oleskan ke seluruh bagian bibir. Diamkan kentang pada bibir selama 30 menit sampai kering. Kemudian bilas bibir dengan air bersih/air hangat. Jika ingin lebih berasa, bisa campurkan dengan madu dan minyak zaitun.