Sukses

6 Manfaat Memelihara Ikan Hias, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat memelihara ikan hias umumnya memang akan menambah cantik dekorasi dari tempat tinggal Anda. Ternyata manfaat memelihara ikan hias ini sebenarnya menjadi sebuah anugerah untuk orang-orang yang menjalani kehidupan dengan aktivitas yang padat dan penuh tekanan.

Benar saja, ternyata manfaat memelihara ikan hias dapat membantu orang-orang tersebut untuk mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan. Di mana dampak langsung yang akan dirasakan adalah turunnya tingkat stres dan akhirnya ikut berdampak pada tekanan darah yang tetap terkendali.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan Omkar Pokharkar melalui jurnal yang diterbitkan oleh ukessays.com menyebutkan pula jika manfaat memelihara ikan hias ini juga dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung, serta mampu hidup lebih lebih lama dalam keadaan yang bahagia. Dan itulah mengapa tidak ada salahnya Anda mulai mencoba untuk memelihara ikan di rumah.

Memelihara ikan hias sebenarnya juga tidaklah sulit, bahkan dapat dikatakan cukup mudah, namun memang diperlukan ketelitian dan keuletan dalam memeliharanya. Selain itu, untuk memelihara jenis ikan hias juga biaya yang dikeluarkan cukup murah, serta mudah dalam mencari jenis ikan yang ingin dipelihara. Untuk menempatkan akuarium ikan hias juga tidak perlu lokasi yang terlalu besar, sehingga cocok untuk ruangan sempit seperti kamar tidur.

Mungkin Anda cukup bertanya-tanya sebenarnya sejauh apa berbagai manfaat memelihara ikan hias tersebut terutama dampaknya terhadap kesehatan manusia. Maka Liputan6.com di bawah ini telah merangkum mengenai berbagai manfaat memelihara ikan hias tersebut, yang dilansir dari penelitian Omkar Pokharkar melalui jurnal yang telah diterbitkan oleh ukessays.com beberapa waktu silam, Selasa (23/6/2020).

2 dari 7 halaman

1. Menstabilkan Tekanan Darah dan Menurunkan Kecemasan

Umumnya, tekanan darah ideal ada di bawah 120/80, dan sudah seharusnya tetap pada tingkat ini agar kesehatan tetap terjaga dengan baik. Ketika tekanan darah stabil, maka akan ada penurunan pada tingkat stres yang sangat diperlukan agar kesehatan tetap optimal. Dari berbagai studi di seluruh dunia membuktikan, bahwa memandangi akuarium berisi ikan hias mampu menstabilkan tekanan darah yang tentunya akan memberi manfaat kesehatan sangat besar bagi seseorang yang memang memiliki riwayat gangguan kardiovaskular.

Memperhatikan ikan berenang di akuarium dengan warna yang beragam, juga dapat menimbulkan kondisi tubuh semakin rileks. Hal ini akan sangat berguna untuk menurunkan tingkat kecemasan dan mampu membuat pikiran lebih jernih. Dengan memandangi akuarium dan melihat ikan hias berenang, juga mampu memicu neurokimia di otak yang disebut 'GABA' atau sebuah asam amino yang bertindak sebagai neurotransmiter dan berfungsi dalam menghambat atau memperlambat transmisi saraf di otak, sehingga mampu mengurangi rasa cemas.

3 dari 7 halaman

2. Bermanfaat bagi Pasien Alzheimer atau Demensia

Penyakit Alzheimer merupakan gangguan otak yang secara bertahap akan menghancurkan memori, kemampuan berpikir, hingga akhirnya menghancurkan kemampuan untuk melakukan berbagai tugas-tugas rutin. Akuarium berisi ikan hias akan berguna dalam menginduksi stimulasi sensorik umum yang membantu meningkatkan nafsu makan penderita Alzheimer, yang tentunya akan berdampak pada meningkatnya berat badan, dan tetap aktif secara mental.

Dengan menyaksikan ikan hias berenang, maka fokus pasien akan meningkat dan menyebabkan perilaku agresif dapat berkurang. Banyak peneliti yang berpendapat, dengan memperhatikan akuarium berisi ikan hias, maka secara alami dapat memicu neurotransmitter di otak. Di sisi lain, adrenalin yang merupakan neurokimia hasil produksi kelenjar adrenal yang letaknya di bagian atas ginjal, memiliki tanggung jawab dalam peningkatan energi dalam tubuh dan mampu menghilangkan kebodohan.

Selain itu, ada juga manfaat berupa dopamin yang merupakan neurokimia dengan fungsi sebagai pembawa pesan yang akan membantu dalam transmisi sinyal pada otak dan organ lainnya. Neurotransmitter ini diproduksi pada beberapa bagian otak seperti substantia nigra dan area ventral tegmental.

4 dari 7 halaman

3. Menimbulkan Rasa Bahagia

Dewasa ini, memang semua harus serba cepat, sehingga tidak jarang akan menimbulkan stres berlebih pada tiap orang. Dengan memelihara ikan hias dalam akuarium di rumah, akan menjadi solusi sempurna agar stres tersebut dapat menurun.

Sebab, memelihara ikan hias dapat memberi rasa segar dan membuat Anda lupa sejenak dengan dunia luar. Dan, dengan memandangi ikan hias dalam akuarium, maka produksi Neurokimia seperti Endocannabinoid, yang merupakan senyawa pembuat rasa tenang semakin meningkat.

5 dari 7 halaman

4. Mengontrol Anak yang Hiperaktif

Terkadang anak-anak yang terlalu hiperaktif dapat menyebabkan banyak kekacauan di rumah, memang hal tersebut disebabkan karena mereka memiliki rentang fokus yang sangat rendah dan sering dianggap bandel. Dengan meletakkan akuarium berisi ikan hias di dalam rumah, dapat mengurangi tingkat hiperaktif pada anak-anak tersebut dan mereka akan lebih fokus serta lebih tenang. Penyebab penurunan tingkat hiperaktif pada anak-anak tersebut berasal dari lonjakan sekresi GABA karena menonton ikan berenang yang pada akhirnya menghasilkan efek penenang.

6 dari 7 halaman

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Jika Anda hidup di perkotaan, maka akan sangat sulit untuk dapat menemui area terbuka hijau. Sebabnya, daerah perkotaan sangat umum dengan bangunan-bangunan pencakar langit dan beton. Padahal, warna hijau sangat dibutuhkan oleh mata, karena mampu menimbulkan rasa santai.

Itulah mengapa, dengan memiliki akuarium yang diberi berbagai jenis tanaman hidup serta ikan hias warna-warni, dapat membantu menambah area hijau di rumah yang berguna untuk menyejukkan mata serta pikiran. Bahkan manfaat dari adanya warna hijau pada akuarium ini sudah dibuktikan oleh para spesialis mata, yang berpendapat bahwa memandangi akuarium berisi ikan hias warna-warni dan tanaman hijau setiap hari selama setidaknya 1 jam dapat secara signifikan meningkatkan penglihatan seseorang.

7 dari 7 halaman

6. Mempercantik Interior Rumah

Manfaat memelihara ikan hias dalam akuarium di rumah, tentunya dapat meningkatkan estetika dan mempercantik interior atau tampilan dari bagian dalam rumah Anda. Anda bisa menempatkan sebuah akuarium berukuran besar yang terdapat tanaman hidup, kayu apung, serta berbagai ikan tropis kecil atau ikan hias lainnya, lalu letakkan pada tempat yang menurut Anda cocok. Bahkan, sangat banyak orang yang membeli akuarium hanya untuk meningkatkan tampilan ruang tamu serta kamar tidur mereka.

Itulah tadi beberapa manfaat memelihara ikan hias yang mungkin sangat sayang jika Anda lewatkan. Jadi tunggu apalagi, segera pergi ke toko ikan hias dan akuarium terdekat di daerah Anda.