Sukses

Cara Membuat Halaman di Word, Ikuti 3 Tahap Mudah Ini

Cara membuat halaman di Word cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti ketiga tahapan ini.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat halaman di Word sebenarnya cukup mudah. Namun perlu dipahami tahap demi tahap apa saja fungsi dari tiap menunya. Untuk mempraktikkan cara membuat halaman di Word mungkin cukup berbeda dari software lainnya, seperti WPS Office Free, LibreOffice, Apache OpenOffice, SoftMaker FreeOffice, dan software pengolah dokumen lainnya.

Microsoft Word sendiri merupakan sebuah software (perangkat lunak) yang merupakan program pengolah data baik huruf maupun angka yang terbilang paling sering digunakan untuk keperluan pembuatan dokumen atau hal-hal lain yang berhubungan dengan tulis menulis.

Dan sebenarnya cara membuat halaman di Word justru yang terbilang paling mudah. Sebab hampir seluruh software pengolah data yang terpasang di komputer dan laptop di masyarakat Indonesia menggunakan Word. Apabila sudah memahami dengan benar cara membuat halaman di Word akan menjadi langkah awal sebelum lebih jauh mengetahui fitur-fitur lain yang ada pada software keluaran Microsoft ini.

Tidak perlu panjang lebar, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum mengenai cara membuat halaman di Word yang pastinya sangat rinci dan mudah untuk Anda pahami, Kamis (25/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langkah Pertama Cara Membuat Halaman di Word

Langkah pertama untuk membuat halam Word dimulai dari bagian sampul dan halaman pengantar seperti kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, dan lain lain sebagainya. Untuk mengatur nomor halaman ini, Anda bisa melakukan langkah berikut:

Klik Insert > Page Number > Bottom of Page > Lalu pilih mana letak nomor yang diinginkan

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghilangkan nomor halaman pada sampul. Caranya cukup mudah, yaitu:

Klik Insert > Header > Edit Header

Lalu di situ akan muncul tampilan Tab Design. Cukup centang Different First Page untuk menghilangkan halaman pada sampul. Lalu, setelah itu hapus nomor halaman yang terdapat pada halaman sampul, lalu klik Close Header and Footer.

Apabila halaman yang muncul bukan angka romawi kecil, Anda bisa klik:

Insert > Page Number > Format Page Numbers

Setelah itu, pada jendela Page Number Format ubah Number Format menjadi i, ii, iii, dan seterusnya. Lalu, masukkan pada kolom Start at dengan “i” lalu klik Ok untuk menyimpan perubahan.

3 dari 4 halaman

Langkah Kedua Cara Membuat Halaman di Word

Langkah selanjutnya, yaitu Anda juga perlu mengatur halaman pada isi konten yang terdiri dari beberapa bab. Di bagian ini, Anda akan menggunakan format nomor halaman yang berbeda dari sebelumnya. Apabila sebelumnya menggunkan penomoran romawi pada halaman, pada bagian ini Anda akan menggunakan nomor numerik biasa.

Secara umum, pemberian nomor halaman pada isi konten pembagiannya cukup berbeda. Sebagai contoh, pada “Judul Bab” posisinya akan diletakkan pada bagian tengah bawah, lalu isi bab akan diletakkan pada bagian kanan atas.

Cara membuat halaman di Word ini, pertama-tama Anad perlu membuat “Section” baru. Sebab, jika Anda tidak membuat “Section” baru, maka format halaman yang sebelumnya akan ikut berubah. Untuk membuat section baru ini, Anda bisa klik pada halaman judul bab pertama, lalu ikuti langkah yaitu:

Klik Page Layout > Breaks > Continous

Selanjutnya Anda perlu menghapus keterkaitan halaman tersebut dengan halaman sebelumnya. Hal ini perlu dilakukan agar halaman menjadi berbeda dari yang sebelumnya. Dan, posisi hanya akan berlaku pada “Section” itu saja dan tidak berlaku pada “Section” sebelumnya. Untuk menghapus keterkaitannya yaitu:

Klik Insert > Header > Edit Header

Lalu Anda akan dialihkan ke Tab Design, dimana pada bagian ini Anda bisa klik Link to Previous apabila tombol tersebut dalam keadaan aktif dan bertujuan ingin menonaktifkannya. Sehingga background tersebut akan menjadi putih. Untuk menambahkan halaman di Word, Anda bisa mengikuti langkah ini:

Klik Page Number > Top of Page > Plain Number 3

Halaman yang telah dibuat ini seluruhnya terletak pada bagian kanan atas. Apabila Anda membutuhkan halaman judul bab yang berada di tengah bawah, Anda perlu melakukan langkah tambahan, yaitu:

Masih di tab Design > centang Different First Page > Hapus nomor halaman yang ada di kanan atas dari halaman judul bab tersebut > klik Page Number > Bottom of page > Page Number 2

Cara ini dulakukan untuk meneruskan ke bab 3 dan seterusnya. Namun, bedanya Anda harus mengatur agar nomor halamannya tetap dilanjutkan dari halaman sebelumnya, caranya dengan:

Klik pada halaman bab 2 dan seterusnya > klik Insert > Page Number > Format Page Number > lalu pada jendela Page Number Format klik Continue from previous section > klik OK

4 dari 4 halaman

Langkah Ketiga Cara Membuat Halaman di Word

Selanjutnya, langkah terakhir dalam cara membuat halaman di Word yang tujuannya untuk membuat Daftar Pustaka serta Lampiran. Cara membuat halaman di Word pada bagian ini sama saja dengan beberapa langkah yang telah dibahas pada dari langkah pertama hingga kedua.

Bagimana, cukup mudah bukan cara membuat halaman di Word ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini