Sukses

5 Manfaat Jus Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jus lidah buaya untuk kesehatan tidak kalah dengan khasiatnya terhadap kecantikan. Selain mempunyai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, lidah buaya atau aloe vera ini juga memiliki rasa yang menyegarkan.

Manfaat kesehatan lidah buaya ini tidak lepas dari kandungan berbagai nutrisi di dalamnya. Kandungan gula, sejumlah enzim, vitamin, mineral, sterol, saponin, asam amino, asam salisilat, serta senyawa khusus, seperti anthraquinones bisa memberikan dampak baik terhadap tubuh kamu.

Manfaat jus lidah buaya untuk kesehtan tentu perlu diolah dengan cara yang tepat pula. Cara paling sederhana, kamu bisa mengambil gel lidah buaya, menghaluskannya, dan menyaringnya hingga mendapatkan konsistensi jus. Namun, kamu juga bisa menambahkannya dengan bahan-bahan sehat tertentu seperti lemon, madu, atau jus buah lainnya.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui bahwa ada pula efek samping dari mengonsumsi jus lidah buaya ini. Untuk itu, kamu tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan dan lebih baik berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang kondisi kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/7/2020) tentang manfaat jus lidah buaya.

2 dari 7 halaman

Mencegah Dehidrasi

Manfaat jus lidah buaya untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah terjadinya dehidrasi. Hal ini berkaitan dengan tanaman lidah buaya yang kaya akan air yang dapat mencegah dan mengatasi dehidrasi.

Bagi kamu yang rutin berolahraga, jus lidah buaya dapat menjadi salah satu minuman yang dapat memulihkan stamina tubuh, serta bisa membantu membersihkan asam laktat yang menumpuk setelah berolahraga.

3 dari 7 halaman

Mendetoksifikasi Secara Alami

Manfaat jus lidah buaya selanjutnya adalah untuk detoksifikasi tubuh secara alami. Sebagai sumber polisakarida dan antioksidan yang kuat, lidah buaya membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat dan mencegah pertumbuhan radikal oksidatif bebas di dalam tubuh.

Hal ini membuat sistem internal bebas racun. Tubuh yang bersih diperlukan untuk menurunkan berat badan yang sehat. Hal ini tentunya bagus untuk kamu yang sedang menerapkan program diet.

4 dari 7 halaman

Meningkatkan Metabolisme

Kandungan Vitamin B dari lidah buaya memainkan peran penting dalam meningkatkan metabolisme, menghentikan penumpukan lemak dan mengurangi nafsu makan. Hal ini menambah manfaat jus lidah buaya yang berperan baik untuk menurunkan berat badan.

Asupan jus lidah buaya yang teratur membantu meningkatkan laju metabolisme kita dengan meredakan masalah seperti refluks asam dan mengatur pergerakan usus. Jadi, proses pembakaran kalori menjadi lebih cepat, sehingga mempercepat proses penurunan berat badan.

5 dari 7 halaman

Mencegah Makan Berlebihan

Lidah buaya mampu menurunkan kadar glukosa dalam aliran darah. Ini membatasi akumulasi lemak dengan membuat laju penyerapan gula lebih lambat.

Lidah buaya juga membuat tubuh merasa kenyang untuk waktu yang lama, sehingga mencegah makan berlebihan, yang pada gilirannya meningkatkan penurunan berat badan. Jadi, manfaat jus lidah buaya untuk kesehatan juga dapat dijadikan makanan pendukung diet.

6 dari 7 halaman

Baik untuk Pencernaan

Lidah buaya mengandung enzim yang membantu proses pemecahan gula dan lemak agar sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Jika sistem pencernaan lancar, semua nutrisi dari makanan bisa diserap dengan baik dan didapatkan manfaatnya.

Lidah buaya dikenal sebagai obat pencahar alami. Konsumsi jus lidah buaya setiap hari dapat memicu pencernaan yang lebih baik. Pencernaan yang sehat mengarah pada berfungsinya usus besar dan perut yang sehat.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Jus Lidah Buaya

Setelah mengetahui berbagai manfaat jus lidah buaya, kamu tentunya perlu mengetahui cara membuatnya yang benar. Kamu bisa mengambil daun lidah buaya yang segar untuk membuatnya menjadi jus.

Berikut cara membuat jus lidah buaya:

1. Cuci daun lidah buaya sampai bersih. Potong tiap sisi untuk menghilangkan duri. Bagian dalam akan sangat berlendir, ini normal.

2. Kupas bagian luar daun. Hilangkan semua kulit hijaunya. Pisahkan getah kuning lidah buaya dengan pisau yang sama dan ambil gel lidah buaya bening bagian dalam dengan bantuan sendok kecil.

3. Pindahkan gel ke dalam mangkuk kecil.

4. Untuk membuat jus, ambil dua sendok makan gel lidah buaya dan masukkan ke dalam blender. Tambahkan air dan blender pada pengaturan rendah selama tiga hingga lima menit.

5. Kamu bisa menambahkannya dengan perasan lemon atau jeruk nipis segar untuk membuat rasa semakin enak dan menyegarkan.

Itulah beberapa manfaat jus lidah buaya untuk kesehatan dan cara membuatnya yang benar. Jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya, dan jangan lupa untuk memperhatikan kondisi kesehatanmu sebelum mengonsumsi jus lidah buaya ini.