Sukses

7 Makanan yang Beracun Jika Dipanaskan, Nasi Salah Satunya

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan yang masih hangat tentu lebih nikmat. Entah itu sayur, lauk, dan nasi. Banyak yang menyantap hidangan hangat bukan dengan memasak lagi, tetapi dengan memanaskannya. Padahal memanaskan bukan kebiasaan yang baik untuk kesehatan. Ada beberapa makanan yang beracun jika dipanaskan dan hal ini harus diwaspadai.

Makanan yang beracun jika dipanaskan pada umumnya akan menghasilkan zat beracun. Menurut ahli nutrisi Delhi Lokendra Tomar, makanan yang berbahaya jika dipanaskan ulang utamanya yang mengandung protein tinggi. Bahkan, sayuran yang kaya nutrisi dan padat gizi juga bisa beracun jika dipanaskan lagi.

Mulailah untuk menghindari makanan yang beracun jika dipanaskan. Alih-alih memanaskan makanan, lebih baik buat makanan baru dengan resep masakan sederhana. Mengonsumsinya justru jauh lebih menyehatkan.

Berikut Liputan6.com ulas makanan yang beracun jika dipanaskan dari berbagai sumber, Selasa (7/7/2020).

2 dari 7 halaman

Sayuran Nitrat

Sayuran yang mengandung nitrat tinggi harus diwaspadai. Sebab, kandungan ini membuatnya beracun ketika dipanaskan. Contoh sayur yang kaya kandungan nitrat sayuran berdaun hijau seperti bayam, wortel, lobak, dan seledri. Makanan yang beracun jika dipanaskan ini bisa membahayakan kesehatan. Sayuran yang kaya kandungan nitrat ini akan memproduksi zat beracun yang bersifat karsinogenik.

Sayur kaya kandungan nitrat ini biasanya juga mengandung zat besi dalam jumlah banyak. Zat besi ini akan teroksidasi dan memicu munculnya radikal bebas berbahaya. Dampaknya akan memicu banyak penyakit berbahaya termasuk infertilitas dan kanker.

Nitrat akan diubah menjadi nitrit ketika dipanaskan ulang. Jika terlalu banyak nitrit yang masuk ke dalam tubuh, maka akan meningkatkan risiko methemoglobinemia. Kondisi ketika nitrit dalam darah berinteraksi dengan hemoglobin dan zat besi. Hal ini akan membuat mereka tidak mampu membawa oksigen menuju sel-sel hidup. Hingga membuat tubuh penderita menjadi kejang bahkan kematian.

3 dari 7 halaman

Kentang dan Jamur

Kentang

Kentang termasuk makanan yang beracun jika dipanaskan. Meski sebenarnya kentang ini kaya kandungan vitamin dan mineral. Seperti vitamin B6, kalium, dan vitamin C. Kandungan inilah yang nantinya akan menghasilkan Clostridium Botulinum dan menyebabkan keracunan.

Bahkan, hal ini juga bisa terjadi ketika kentang terus dibiarkan terlalu lama dalam suhu ruang. Lebih baik simpan kentang dalam lemari pendingin dan buang ketika tidak dikonsumsi dalam waktu satu hingga dua hari.

Jamur

Jamur termasuk makanan yang beracun jika dipanaskan. Jamur juga bisa beracun jika tidak segera dimakan. Hal ini disebabkan karena jamur mengandung protein dan mineral tinggi.

Struktur protein dalam jamur justru akan hancur jika terus dipanaskan. Jamur juga akan menghasilkan nitrogen dan radikan bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Mengonsumsinya akan menyebabkan berbagai masalah pencernaan.

4 dari 7 halaman

Nasi

Nasi termasuk makanan yang beracun jika dipanaskan. Hal ini disampaikan oleh Badan Standar Makanan Inggris. Mereka mengatakan bahwa nasi yang dipanaskan ulang dan disimpan terlalu lama akan mengandung bakteri Bacillus Cereus.

Nah, ketika dipanaskan, bakteri akan menghasilkan spora dan membuat tubuh keracunan. Bahkan, nasi yang dipanaskan dan ditinggal pada suhu kamar juga dapat memicunya. Spora justru akan berlipat ganda dan beracun jika dikonsumsi.

Pada penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food Microbiology mengatakan bakteri ini tahan panas. Sedangkan beberapa penelitian mengatakan bakteri ini bisa terbunuh ketika dipanaskan. Namun, bakteri ini tetap bisa menghasilkan spora yang beracun.

5 dari 7 halaman

Telur

Telur dikenal sebagai makanan yang berprotein tinggi. Makanan ini jelas termasuk makanan yang beracun jika dipanaskan. Kandungan protein dalam telur juga mengandung banyak nitrogen.

Hingga Jika dipanaskan, nitrogen dalam telur bisa mengasilkan zat karsinogenik. Zat ini akan berbahaya untuk sistem pencernaan tubuh dan beracun.

Lebih baik segera konsumsi telur untuk menghindarinya menjadi makanan yang beracun. Sebab, telur sebenarnya mengandung banyak protein baik yang bermanfaat untuk tubuh. Kaya kandungan vitamin A, kalsium, vitamin B6 dan vitamin B12.

6 dari 7 halaman

Ayam

Ayam memang paling nikmat disantap ketika masih hangat. Sayangnya jika dipanaskan ulang, ayam bisa menjadi makanan yang beracun. Hal ini disebabkan karena ayam termasuk makanan tinggi protein. Sehingga jika dipanaskan bisa menghasilkan zat beracun yang tidak baik untuk kesehatan. Jika terpaksa memanaskannya, gunakan api kecil dan jangan terlalu lama memanaskannya.

 

7 dari 7 halaman

Bayam

Banyak yang sudah mengerti bahwa bayam adalah makanan yang beracun jika dipanaskan. Hal ini disebabkan karena bayam memiliki kandungan nitrat yang tinggi. Kandungan ini berasal dari air, pupuk, tanah, dan udara yang digunakan bayam untuk hidup.

Bayam memang mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh manusia. bayam biasanya diolah menjadi sayur bening, tumis, bahkan gado-gado.

Namun, tetap perhatikan untuk tidak memanaskannya. Senyawa nitrat dalam bayam bisa menjadi senyawa kanker yang berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, bayam juga memiliki zat besi dalam jumlah banyak. Zat besi ini akan teroksidasi dan memicu munculnya radikal bebas berbahaya.