Sukses

6 Cara Membuat Sabun Cuci Piring dari Bahan Alami, Mudah Dipraktikkan

Cara membuat sabun cuci piring ini sangat membantu ketika sedang kehabisan sabun cuci piring biasa.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat sabun cuci piring dengan berbagai bahan alami ternyata cukup mudah. Bahan-bahan alami yang diperlukan juga mudah didapatkan. Mempraktikkan cara membuat sabun cuci piring dari bahan alami ini akan sangat berguna ketika Anda kehabisan sabun cuci piring namun sulit untuk mendapatkannya.

Cara membuat sabun cuci piring ini juga bisa Anda praktikkan ketika sedang di daerah-daerah yang cukup terpencil, contohnya sedang di pedalaman hutan yang tidak memungkinkan mendapatkan sabun cuci piring. Meski seakan hanya sebagai pengganti sabun cuci yang dijual di pasaran, namun mempraktikkan cara membuat sabun cuci piring ini juga dapat menjaga lingkungan agar tidak terpapar bahan kimia.

Selain itu, apabila Anda sudah memahami cara membuat sabun cuci piring ini, maka bisa menjadi alternatif yang baik untuk menghemat pengeluaran sehari-hari untuk membeli sabun cuci piring di toko. Sebab, harga bahan yang digunakan untuk membuat sabun cuci piring ini sangat murah. Meski pembuatan sabun cuci piring ini cukup mudah dan murah, namun hasilnya cukup efektif.

Nah, mungkin Anda sudah terlalu pensaran bagaimana cara membuat sabun cuci piring dari bahan-bahan alami tersebut. Maka, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi mengenai cara membuat sabun cuci piring tersebut dari berbagai sumber, selamat mencoba, Selasa (7/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Jeruk Nipis

Cara membuat sabun cuci piring yang pertma dapat menggunakan jeruk nipis. Selain baunya yang segar, jeruk nipis juga efektif untuk mengangkat lemak atau minyak pada alat-alat makan dan alat memasak. Selain itu, jeruk nipis efektif juga untuk menghilangkan bau tidak sedap seperti bau amis.

Cara membuat sabun cuci piring dengan jeruk nipis cukup dengan memotong jeruk nipis, lalu diperas ke dalam air hangat. Selanjutnya, larutan air jeruk nipis tadi dapat langsung digunakan menjadi bahan pengganti sabun cuci piring.

3 dari 7 halaman

2. Garam

Garam kasar memiliki zat mineral yang ampuh untuk menyerap noda dan minyak yang berasal dari sisa makanan di piring atau alat masak. Jenis garam yang baik untuk digunakan sebagai bahan pengganti sabun cuci piring ini adalah jenis garam kasar. Garam kasar yang dikombinasikan dengan air lemon akan semakin ampuh untuk mencuci piring maupun segala macam alat makan yang telah digunakan.

Cara membuat sabun cuci piring dengan garam cukup dengan menaburkan garam di piring yang akan dicuci, lalu gosok perlahan piring dengan spons seperti mencuci dengan sabun cuci piring biasanya. Dan, agar lebih maksimal akan lebih baik jika Anda beri perasan air lemon setelah piring ditaburi garam.

4 dari 7 halaman

3. Cuka

Cuka ternyata mampu membantu Anda ketika mencuci alat makan. Terutama, jika alat makan tersebut terbuat dari kayu. Sebab, cuka yang diaplikasikan ke alat makan yang berbahan kayu, dapat mencegah kuman dan bakteri yang menumpuk pada alat makan kayu tersebut.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan merendam alat masak selama beberapa menit pada air panas yang telah diberi sedikti cairan cuka. Setelah itu sikat secara perlahan dan bilas dengan air bersih seperti biasa.

5 dari 7 halaman

4. Baking Soda

Selanjutnya ada jenis baking soda. Bahan ini biasanya ampuh untuk menghiangkan kekusaman pada lantai porselen. Mempraktikkan cara membuat sabun cuci piring dengan baking soda cukup mudah, yaitu dengan menggosok piring atau alat makan yang akan dicuci dengan menggunakan spons bagian kasarnya. Lalu jangan lupa bilas hingga bersih dan lap hingga kering.

6 dari 7 halaman

5. Belimbing Wuluh

Cara membuat sabun cuci piring dengan belimbing wuluh juga cukup mudah. Langkah pertama, yaitu dengan mengupas belimbing wuluh, lalu gosok belimbing wuluh ke piring tersebut. Setelah itu diamkan dahulu selama beberapa menit. Lalu bilas cucian piring dan lap dengan kain bersih yang kering.

7 dari 7 halaman

6. Lerak

Salah satu bahan alami yang cocok untuk dijadikan bahan pembuat sabun cuci piring adalah lerak. Cara membuat sabun cuci piring dengan lerak juga cukup mudah, yaitu dengan merebus buah lerak ke dalam air. Pada saat air rebusan lerak telah mendidih, matikan api, dan biarkan air rebusan sedikit mendingin. Setelah itu, tiriskan lerak dan masukkan hasil rebusan tersebut ke dalam botol yang biasa Anda pakai untuk mencuci alat makan atau masak.

Uniknya, lerak sendiri merupakan bahan pengganti sabun cuci piring yang bisa menghasilkan busa layaknya sabun cuci piring biasa. Tidak seperti jenis bahan pengganti sabun cuci piring lainnya yang biasanya tidak menimbulkan busa tersebut.

Tapi, bagaimanapun cara membuat sabun cuci piring dari bahan alami tersebut tidak selalu efektif untuk membersihkan alat makan dan masak. Mengingat, sabun cuci piring yang dijual di pasaran pada umumnya sudah melewati berbagai macam riset yang sangat lama. Tentunya, hasil riset tersebut bertujuan untuk membantu Anda dalam membersihkan alat makan atau masak dengan lebih efektif dan eifisien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.