Sukses

12 Makanan Unik dan Murah di Jakarta Legendaris, Harga Kaki Lima

Liputan6.com, Jakarta Makanan unik dan murah di Jakarta bisa dengan mudah ditemukan di sudut kota. Jakarta punya ragam kuliner degan aneka cita rasa. Makanan unik dan murah di Jakarta bisa menjadi pilihanmu saat kulineran di ibu kota.

Makanan unik dan murah di Jakarta bisa berupa makanan kekininan ataupun makanan khas. Makanan unik dan murah di Jakarta ini sangat mudah dijangkau, bahkan dengan harga kaki lima. Makanan unik dan murah di Jakarta punya keunikan mulai dari nama, rasa, tampilan dan bahan yang digunakan.

Makanan unik dan murah di Jakarta berupa makanan khas ini belum tentu bisa kamu nikmati di luar Jakarta. Berikut 12 makanan unik dan murah di Jakarta yang khas, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (7/7/2020).

2 dari 7 halaman

Makanan unik dan murah di Jakarta

Kue Tete

Kue Tete merupakan unik dan murah di Jakarta yang terbuat dari tepung terigu, tepung beras, dan susu. Kue tete juga biasa disebut dengan kue ape atau serabi Jakarta. Kue tete biasanya berwarna hijau atau putih. Kue tete memiliki bentuk yang pipih melebar dengan bagian tengahnya menonjol. Kue ini biasa dijual di pinggir jalan menggunakan gerobak mulai dari harga Rp 1000.

Asinan Betawi

Asinan Betawi berisi sawi, kol, tauge, tahu putih, selada, dan taburan kacang tanah goreng. Asinan disiram dengan campuran kuah kacang, cuka dan cabai serta disajikan bersama kerupuk. Makanan unik dan murah di Jakarta ini merupakan kuliner yang sangat terjangkau mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu.

3 dari 7 halaman

Makanan unik dan murah di Jakarta

Putu Mayang

Putu Mayang merupakan makanan unik dan murah di Jakarta sekaligus makanan khas Betawi. Kuliner ini terbuat dari tepung kanji atau tepung beras yang dibentuk seperti mi aneka warna. Putu Mayang disajikan bersama santan kelapa dan gula Jawa cair. Kuliner ini biasa ditemukan di pasar atau festival kuliner di Jakarta.

Kue Geplak

Kue geplak terbuat dari beras pera yang digiling hingga menjadi tepung dan disangrai. Tepung ini kemudian dicampur dengan kelapa sangrai dan gula pasir cair sampai mengental dan padat. Makanan unik dan murah di Jakarta ini biasanya hadir dalam bentuk balok dan bisa ditemui di toko oleh-oleh atau pasar tradisional.

4 dari 7 halaman

Makanan unik dan murah di Jakarta

Sengkulun

Makanan unik dan murah di Jakarta selanjutnya adalah kue sengkulun. Sengkulun merupakan kue khas Betawi tang terbuat dari tepung ketan, santan dan gula merah. Kue ini mirip dengan kue keranjang dengan ciri khas permukaan berbintil kasar, tekstur lunak, kenyal, dan lembut.

Bubur Ase

Bubur Ase merupakan makanan unik dan murah di Jakarta yang mudah ditemukan. Tak seperti bubur nasi biasa, Bubur Ase dilengkapi dengan kuah semur daging khas Betawi. Bubur Ase juga disajikan bersama daging sapi, kentang, tauge, dan beberapa pilihan topping lainnya. Bubur Ase dijual mulai dari harga Rp 15 ribu dan bisa ditemui di tiap sudut kota.

5 dari 7 halaman

Makanan unik dan murah di Jakarta

Sayur Babanci

Sayur Babanci atau Ketupat Babanci merupakan Ketupat yang biasanya disajikan dengan kuah santan yang telah dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, dan rempah-rempah lainnya. Sayur Babanci juga biasanya diberi tambahan potongan daging sapi. Konon, nama babanci diambil dari “perilaku” sayur ini yang tidak jelas kelaminnya alias banci. Tak seperti namanya (sayur), makanan unik dan murah di Jakarta ini bahkan tidak ada sayurnya sama sekali.

Ayam Sampyok

Ayam Sampyok merupakan makanan unik dan murah di Jakarta dengan perpaduan kuliner Betawi, Timur Tengah, dan Tionghoa. Olahan ayam ini sekilas menyerupai rendang. Proses pembuatannya pun memerlukan dua kali pembumbuan. Ayam Sampyok dikenal dengan rasa asin dan gurih ala rempah-rempah.

6 dari 7 halaman

Makanan unik dan murah di Jakarta

Tauge Goreng

Tauge Goreng merupakan makanan unik dan murah di Jakarta yang banyak ditemukan. Tauge Goreng menjadi salah satu street food yang sangat mudah ditemui di Jakarta. Tauge goreng merupakan olahan tauge atau kecambah bersama mi kuning, dan daun kucai yang dimasak hingga layu. Tauge goreng kemudian diberi siraman tauco dan oncom.

Gabus Pucung

Gabus Pucung merupakan makanan khas Betawi yang berisi olahan ikan gabus bersama pucung atau kluwak. Gabus pucung memiliki cita rasa gurih dan khas. Kuah pucung yang berwarna hitam pekat menjadikan gabus pucung sebagai makanan unik dan murah di Jakarta.

7 dari 7 halaman

Makanan unik dan murah di Jakarta

Es Goyang

Makanan unik dan murah di Jakarta selanjutnya adalah es goyang. Sesuai namanya, es goyang dibuat dengan cara menggoyang gerobak agar adonan es membeku dengan rata. Es goyang khas Jakarta terbuat dari santan kelapa, gula pasir, perasa, dan tepung hunkue. Es goyang juga tersedia dalam berbagai varian rasa mulai dari alpukat, durian, coklat, dan banyak lagi.

Kembang goyang

Kembang Goyang adalah salah satu kue tradisional khas Betawi. Kue ini memiliki bentuk menyerupai kelopak bunga. Kembang goyang terbuat dari tepung beras yang digoreng dengan cetakan berbentuk bunga. Ketika akan digoreng, cetakan digoyang-goyangkan di atas minyak panas. Tampilan kembang goyang juga menyerupai hiasan kembang goyang yang biasa digunakan oleh pengantin wanita Indonesia. Makanan unik dan murah di Jakarta ini biasanya dijadikan camilan di ruang tamu.