Sukses

6 Cara Memilih Melon yang Manis dan Matang, Kenali Ciri-cirinya

Liputan6.com, Jakarta Cara memilih melon yang manis ternyata tidak begitu sulit. Kerap kali kamu membeli buah melon yang belum dipotong dan mendapatkan rasanya tidak begitu manis. Bagi kamu yang belum tahu cara memilihnya tentu hanya bisa pasrah setelah membeli melon.

Namun, kamu bisa melihat berbagai ciri fisik pada melon agar mendapatkan buah yang manis. Buah segar dengan warna kulit hijau dan daging buah berwarna kuning ataupun hijau muda ini cocok sekali dikonsumsi di siang hari saat sedang panas-panasnya. Kandungan airnya begitu menyegarkan.

Cara memilih melon yang manis bisa dilakukan dengan mengenali ciri-cirinya. Sebelum membeli, kamu harus benar-benar memperhatikan ciri-ciri pada buah melon ini agar mendapatkan yang manis dan matang sempurna.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/7/2020) tentang cara memilih melon yang manis.

2 dari 4 halaman

Perhatikan Berat dan Kenali Aroma

Perhatikan Berat

Cara memilih melon yang manis pertama adalah dengan memperhatikan beratnya. Buah melon yang matang akan terasa lebih berat dibanding buah melon yang berukuran sama. Jadi bandingkan beberapa buah melon yang berukuran sama dan pilih yang paling berat.

Selain itu, melon yang memiliki kadar air melimpah biasanya memiliki bentuk yang besar dan sedikit lonjong.

Kenali Aroma Melon

Kamu juga bisa menerapkan cara memilih melon yang manis dengan mencium aromanya. Aroma buah melon yang matang sudah bisa dicium dari pangkal batangnya. Coba endus di bagian pangkalnya, jika aroma melon sudah terasa di sana berarti buah itu matang.

Melon yang telah matang dan siap disantap biasanya memiliki kadar gas alami buah matang yang tinggi, sehingga aromanya akan tercium walaupun kamu belum membelahnya. Semakin kuat aroma manis yang tercium, maka akan semakin manis pula melon tersebut.

3 dari 4 halaman

Ketok-ketok Buah Melon dan Perhatikan Warna Melon

Ketok-ketok Buah Melon

Cara memilih melon yang manis selanjutnya adalah dengan mengetoknya. Ketok-ketok melon di dekat telingamu, bunyi melon haruslah terdengar dalam dan bergema karena ada ruangan kosong yang sudah cukup besar di dalamnya. Ini tanda jika melon sudah matang.

Perhatikan Warna Melon

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan cara memilih melon yang manis dengan memilih yang warnanya sedikit kusam. Hal ini merupakan indikator kematangan buah melon. Jika warnanya terlalu terang bisa jadi melon yang kamu pilih belum matang. Kamu juga bisa memilih melon dengan warna kulit kuning pucat, bukan yang terlalu hijau.

Kamu juga bisa melihat tekstur jaring pada kulit buah. Biasanya, melon yang sudah matang memiliki tekstur jaring kulit yang tebal dan banyak, serta berwarna kekuningan.

4 dari 4 halaman

Perhatikan Tangkai dan Goyangkan Melon

Perhatikan Tangkai Melon

Cara memilih melon yang manis berikutnya bisa dilakukan dengan memperhatikan tangkainya. Melon yang manis dan telah matang umumnya memiliki tekstur jaring kulit buah dengan pola menurun. Hal ini menandakan bahwa buah melon dengan kandungan air yang melimpah dan manis bisa kamu dapatkan jika kamu memilih melon yang memiliki sedikit tekstur jaring di bagian bawah tangkainya.

Goyangkan Melon

Kamu juga bisa mengoyang-goyangkan melon sebagai cara memilih melon yang manis. Hal ini agar kamu tahu apakah bagian dalam buah melon yang digoyangkan terasa bergerak atau tidak. Jika bergerak maka hal ini menandakan buah melon sudah matang dan siap dikonsumsi. Hal ini melon yang memiliki daging buah lembut dan berair biasanya mempunyai biji yang mudah rontok.

Selain berbagai cara tersebut, kamu tentunya juga bisa menerapkan cara memilih melon yang manis dengan memperhatikan bentuk dan permukaan melon. Perhatikan apakah ada yang sudah memar atau retak. Melon yang berkualitas baik seharusnya memiliki permukaan yang mulus dan tidak ada retakan atau bagian yang rusak.