Sukses

6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda, Kenali Nutrisinya

Liputan6.com, Jakarta Makanan sehat untuk ibu hamil muda perlu benar-benar diperhatikan. Apalagi, ibu hamil muda rentan mengalami keguguran pada trimester awal ini. Oleh karena itu, makanan sehat dan penuh nutrisi harus selalu menjadi konsumsi ibu hamil muda. 

Selain itu, makanan sehat untuk ibu hamil muda ini tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan ibu saja, namun juga pada janin. Hal ini karena asupan nutrisi yang cukup untuk janin pada trimester pertama sangat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya.

Makanan sehat untuk ibu hamil muda harus dikonsumsi dengan memperhatikan nutrisinya. Berbagai makanan sumber asam folat, protein, serat, zat besi, hingga produk susu bisa menjadi pilihan. Selain itu, ibu hamil muda juga perlu menghindari berbagai makanan seperti makanan mentah, setengah matang, dan makanan yang belum dipasteurisasi. Makan makanan laut juga harus berhati-hati.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (11/7/2020) tentang makanan sehat untuk ibu hamil muda.

2 dari 4 halaman

Makanan dengan Kandungan Asam Folat Tinggi dan Protein

Makanan dengan Kandungan Asam Folat Tinggi

Makanan sehat untuk ibu hamil muda yang pertama adalah makanan yang tinggi asam folat. Zat ini bisa mencegah cacat tabung saraf, dan mengurangi risiko keguguran serta kelahiran prematur. Asam folat juga dapat membantu pembentukan sel otak pada janin dalam kandungan.

Selain itu, menurut sebuah penelitian ibu hamil muda yang mengonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40%. Bahkan makanan kaya asam folat juga bisa membantu, mencegah anemia, sampai membantu menurunkan risiko preeklamsia.

Makanan sehat untuk ibu hamil muda yang kaya asam folat bisa kamu temukan pada sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kubis, sawi, buah-buahan seperti alpukat, pepaya, jeruk, jambu biji, kacang-kacangan, hati sapi, dan telur. Asam folat juga bisa didapatkan dari suplemen kehamilan.

Makanan Tinggi Protein

Makanan yang tinggi protein juga merupakan makanan sehat untuk ibu hamil muda yang sangat penting. Tidak hanya untuk menjaga daya tahan tubuh serta kesehatan ibu hamil, protein juga penting untuk proses pembentukan jaringan tubuh pada ibu hamil muda dan janin selama masa kehamilan.

Protein tentu sangat penting sebagai makanan sehat ibu hamil muda, karena jika ibu hamil sakit akan berdampak buruk juga bagi perkembangan janin dalam kandungannya.

Makanan kaya protein yang bisa dikonsumsi adalah daging tanpa lemak, ikan, telur, selai kacang, keju, yoghurt, biji labu, kacang edamame, protein shake, keju cottage, dendeng, tahu, kacang almond, dan unggas seperti kalkun.

3 dari 4 halaman

Makanan Kaya Serat dan Zat Besi

Makanan Kaya Serat

Makanan sehat untuk ibu hamil muda selanjutnya adalah makanan kaya serat. Hal ini disebabkan karena makanan kaya serat dapat membantu mengontrol kenaikan berat badan dan mencegah preeklamsia. Menurut para pakar di American Diabetes Association, serat ini juga mampu membantu untuk menurunkan risiko diabetes gestasional pada ibu hamil muda. Selain itu makanan kaya serat juga mampu merangsang perkembangan janin.

Saat sedang hamil muda, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan berserat sebanyak tiga hingga 4 porsi setiap harinya. Contoh makanan tinggi serat yang bisa dijadikan makanan sehat untuk ibu hamil muda yaitu buah segar, sayuran yang dimasak, dan biji-bijian utuh seperti nasi merah dan kacang. Makanan tersebut juga baik untuk mencegah ibu hamil mengalami konstipasi dan wasir.

Makanan Tinggi Zat Besi

Makanan kaya zat besi juga merupakan makanan sehat untuk ibu hamil muda yang tak kalah penting. Salah satu manfaatnya adalah untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Apalagi, masalh anemia pada ibu hamil ini sangatlah berbahaya karena dapat memicu berbagai masalah bagi janin, misalnya saja seperti terjadinya kelahiran prematur.

Anemia ini akan membuat sel darah merah atau hemoglobin menurun, dan mengakibatkan kontraksi pada rahim. Biasanya kamu bisa mengenali gejalanya saat ibu hamil kelelahan. Pentingnya makanan kaya zat besi adalah mampu membantu membawa darah yang kaya oksigen kepada janin dalam kandungan.

Jadi zat besi sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak janin dalam kandungan. Anemia bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, tahu, kacang merah, bayam, daging sapi, daging unggas, telur, dan makanan laut (boga bahari).

4 dari 4 halaman

Susu dan Produk Olahannya, Serta Air Lemon atau Air Kelapa

Susu dan Produk Olahannya

Makanan sehat untuk ibu hamil muda selanjutnya adalah susu dan produk olahannya. Karena susu dan produk olahannya seperti keju atau yoghurt kaya beragam nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil muda.

Ada protein, vitamin D, iodium asam folat, dan kalsium. Kalsium baik untuk ibu hamil muda dan pertumbuhan tulang janin.

Selain itu pastikan untuk memilih jenis susu yang sudah melewati proses pasteurisasi. Karena susu yang belum dipasteurisasi seperti susu mentah dari sapi, kemungkinan besar masih mengandung bakteri berbahaya.

Air Lemon atau Air Kelapa

Makanan sehat untuk ibu hamil muda berikutnya adalah air lemon atau air kelapa. Hal ini berguna untuk mengatasi kelelahan dan rasa mual yang sering kali terjadi saat hamil pada trimester awal ini. Kamu bisa mengonsumsinya secara teratur.

Itulah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil muda yang perlu dipenuhi. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terkait kehamilan agar ibu dan janin senantiasa sehat.