Sukses

5 Cara Membedakan Madu Penggemuk Badan Asli dan Palsu, Jangan Salah Pilih

Liputan6.com, Jakarta Cara membedakan madu penggemuk badan asli dan palsu bisa membantu Anda memilih madu yang tepat. Madu merupakan cairan kental dan manis yang dihasilkan oleh lebah madu. Madu memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Madu mengandung sejumlah antioksidan, termasuk senyawa fenolik seperti flavonoid. Salah satu manfaat madu adalah membantu menaikkan berat badan secara alami. Ada sejumlah produk madu yang diproduksi sebagai penggemuk badan. Madu penggemuk badan ini biasanya dikombinasikan dengan herbal lain yang bisa meningkatkan nafsu makan dan metabolisme tubuh. Bahan herbal ini sperti kurkumin dan royal jelly.

Banyaknya produk madu penggemuk badan membuat herbal satu ini kerap dipalsukan. Maka dari itu penting mengetahui cara membedakan madu penggemuk badan asli dan palsu. Cara membedakan madu penggemuk badan asli dan palsu akan membantumu mengenali madu yang asli.

Cara membedakan madu penggemuk badan asli dan palsu bisa dilihat dari aroma, rasa, kemasan, hingga harga. Mengetahui cara membedakan madu penggemuk badan asli dan palsu bisa membuat Anda lebih waspada terhadap produk palsu.

Berikut 5 cara membedakan madu penggemuk badan asli dan palsu, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(13/7/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

Aroma

Cara membedakan madu penggemuk badan asli dan palsu adalah dari aromanya. Karena madu penggemuk badan asli dan palsu biasanya dipadukan dengan herbal penambah nafsu makan lannya, aroma madu ini bisa dikenali dengan mudah.

Madu penggemuk badan memiliki aroma herbal yang khas. Aroma khas ini seperti aroma temulawak, kunyit, dan herbal lainnya. Aroma ini bisa berupa aroma ringan hingga tebal, tergantung kandungan herbalnya.

3 dari 8 halaman

Rasa

Sama seperti aroma, rasa madu penggemuk badan juga akan terasa seperti herbal. Cara membedakan madu penggemuk badan asli dan palsu adalah dengan mencicipinya. Madu penggemuk badan memiliki rasa manis diiringi rasa herbal yang khas.

Rasa yang khas ini dipengaruhi dari herbal yang ditambahkan dalam madu penggemuk badan. Meski diberi tambahan herbal, rasa khas madu tidak akan hilang begitu saja.

4 dari 8 halaman

Kemasan

Cara membedakan madu penggemuk badan asli dan palsu selanjutnya adalah dari kemasannya. Biasanya produsen madu penggemuk badan akan mengemas produknya dalam kemasan yang khas dan tidak mudah ditiru banyak orang.

Produsen biasanya akan memberi stiker atau hologram pada bagian kardus atau botol. Kemasan madu asli juga akan terlihat jelas dan tidak luntur.

5 dari 8 halaman

Harga

Madu penggemuk badan bisa ditemukan di apotek dan toko herbal. Madu ini juga banyak ditemukan di situs jual beli online atau marketplace. Ketika hendak membeli madu, jangan begitu saja terkecoh pada harga yang murah.

Harga madu penggemuk badan berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp. 200.000 tergantung pada merk produk. Anda bisa mencari tahu harga pasaran suatu produk atau membelinya langsung pada produsen. Jika menemui madu dengan harga di bawah pasaran, penting untuk mempertimbangkan kembali sebelum membelinya.

6 dari 8 halaman

Cek BPOM

Cara membedakan madu penggemuk badan asli dan palsu selanjutnya adalah dengan mengecek izin produk tersebut. Pada madu asli, tiap kemasan pasti akan memiliki nomor BPOM-nya sendiri.

Anda bisa melakukan pengecekan di https://cekbpom.pom.go.id/ untuk mengetahui keaslian suatu produk. Jika nomor BPOM tidak ditemukan pada situs tersebut atau bahkan tidak memiliki BPOM, sudah dipastikan bahwa produk tersebut adalah palsu.

7 dari 8 halaman

Manfaat madu untuk menaikkan berat badan

Perlu diingat bahwa madu hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah sedang, karena masih tinggi kalori dan gula. Secara nutrisi, 1 sendok makan madu (21 gram) mengandung 64 kalori dan 17 gram gula, termasuk fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa. Jumlah kalori ini bisa secara alami membantu menaikkan berat badan. Kalori dan gula merupakan faktor penting dalam kenaikan berat badan.

Konsumsi sekitar 1 1/2 dan 2 1/3 sendok makan madu bisa membantu menaikkan berat badan dengan sehat. Madu adalah makanan padat kalori, tapi tidak terlalu padat nutrisi. Konsumsi madu juga harus diiringi dengan pemenuhan nutrisi lainnya seperti serat, mineral, dan vitamin. Olahraga dan gaya hidup aktif juga penting untuk mendukung kenaikan berat badan yang sehat.

Madu adalah alternatif yang lezat dan lebih sehat dari gula. Pastikan untuk memilih madu berkualitas tinggi, karena beberapa merek berkualitas rendah mungkin dicampur dengan sirup atau air.

8 dari 8 halaman

Cara membedakan madu asli dan palsu

Konsistensi

Madu asli akan memiliki konsistensi kental yang sangat lentur. Cara mengetahui keaslian madu dari ciri ini adalah dengan menyendok madu dan mengangkanya 5-10 cm dari wadah. Madu asli akan memiliki aliran yang tidak akan putus. Sementara madu palsu atau madu campuran akan jatuh dengen tetesan atau memiliki aliran yang putus-putus. Ini karena madu sudah tercampur air atau bahan lainnya.

Rasa

Madu asli memiliki rasa yang tidak akan tertinggal di lidah. Madu berwarna terang akan memiliki rasa yang lebih ringan, sementara madu dengan warna gelap cenderung memiliki rasa yang kuat.

Aroma

Bau, warna, dan rasanya tergantung pada jenis bunga. Anda bisa memastikan sebuah madu adalah madu asli jika memiliki aroma khas bunga yang dijadikan bahan nektar, misalnya bunga akasia, kapuk, kelengkeng, rambutan, dan lain-lain. Sedangkan madu palsu tidak akan memiliki aroma tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS