Sukses

8 Cara Melunasi Utang dengan Cepat dan Efektif, Kenali Strateginya

Liputan6.com, Jakarta Cara melunasi utang dengan cepat perlu benar-benar diperhatikan. Apalagi utang tentunya wajib untuk dilunasi. Sayangnya, tak sedikit orang yang berutang namun tak mampu membayar sesuai kesepakatan. Bahkan, ada yang harus berutang untuk menutupi utang sebelumnya.

Pada dasarnya, utang adalah kebalikan dari aset. Semakin banyak orang memiliki utang, akan semakin kecil tingkat kekayaannya. Namun, tidak semua utang bersifat buruk. Utang sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu utang produktif dan utang konsumtif.

Utang produktif merupakan utang yang digunakan untuk pembiayaan kegiatan yang mendatangkan manfaat finansial secara langsung, seperti pinjaman untuk modal usaha. Sebaliknya, utang negatif merupakan utang yang digunakan untuk kegiatan yang sifatnya konsumtif, misalnya pinjaman untuk berlibur.

Cara melunasi utang dengan cepat perlu dilakuan dengan strategi yang tepat. Utang adalah masalah finansial yang harus diselesaikan sesegera mungkin. Karena menunda pembayarannya hanya akan menambah kewajiban-kewajiban baru, apalagi jika kamu meminjam di lembaga keuangan ilegal dengan bunga yang mencekik. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kamu mengerti bagaimana cara melunasi utang tanpa menimbulkan masalah baru.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berabagai sumber, Rabu (15/7/2020) tentang cara melunasi utang dengan cepat.

2 dari 5 halaman

Susun Daftar Semua Utang dan Tetapkan Skala Prioritas

Susun Daftar Semua Utang

Cara melunasi utang dengan cepat yang pertama adalah dengan menyusun daftar semua utang yang kamu miliki. Sebelum melakukan langkah-langkah untuk melunasi utang, sebaiknya kamu menyusun daftar seluruh utang yang ada terlebih dahulu.

Tulis semua utang dengan susunan sesuai yang paling diprioritaskan untuk dilunasi. Termasuk, besaran suku bunga. Dengan begitu, kamu jadi bisa membayar utang dengan lebih cepat dan tentunya lebih teratur.

Tetapkan Skala Prioritas

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, setelah kamu menyusun semua daftar utang yang kamu miliki, cara melunasi utang dengan cepat berikutnya adalah dengan menetapkan skala prioritas.

Dalam menetapkan skala prioritas pembayaran utang ini, kamu bisa memilih utang dengan suku bunga paling tinggi terlebih dahulu untuk dilunasi. Selain itu, kamu juga bisa membayar utang dengan jumlah paling kecil terlebih dahulu jika memungkinkan.

Kemudian, barulah pilih suku bunga yang terbilang rendah. Untuk utang besar, kamu bisa membuat cicilan dengan bunga stabil.

3 dari 5 halaman

Jangan Selesaikan Utang dengan Berutang dan Gunakan Tabungan

Jangan Selesaikan Utang dengan Berutang

Cara melunasi utang dengan cepat berikutnya adalah jangan menyelesaikan utang dengan berutang. Jika sedang giat melunasi utang, sebaiknya jangan membuat utang baru. Terlebih bagi kamu yang gemar belanja dengan menggunakan kartu kredit.

Sebaiknya selesaikan dulu utang yang wajib dibayar. Jangan sampai menerapkan pola atau gaya hidup gali lubang tutup lubang untuk menyelesaikan utang. Cara melunasi utang dengan cepat satu ini perlu benar-benar dipahami.

Gunakan Tabungan

Cara melunasi utang dengan cepat selanjutnya adalah menggunakan tabunganmu. Tabungan tentunya dilakukan untuk suatu tujuan, seperti tabungan pendidikan atau tabungan pensiun. Jika memiliki tabnungan dana darurat, kamu bisa menggunakannya terlebih dahulu jika waktu untuk melunasi utang sudah mendesak. Hal ini untuk memastikan keuangan kamu tidak kacau.

Kalau pinjaman yang kamu peroleh berasal dari keluarga, sebaiknya bernegosiasi agar jangka waktu pelunasan pinjaman diperpanjang. Tapi, kamu harus memiliki komitmen untuk melunasi dari penghasilan sehari-hari.

4 dari 5 halaman

Cairkan Produk Investasi dan Gadaikan Barang Berharga

Cairkan Produk Investasi

Mencairkan produk investasi yang kamu miliki juga bisa dilakukan sebagai cara melunasi utang dengan cepat. Kalau sudah memiliki investasi seperti emas atau deposito, kamu bisa melakukan pencairan atas produk tersebut untuk melunasi pinjaman.

Pinjaman sebaiknya cepat dilunasi agar tidak menimbulkan beban bunga yang besar jika ditunda terus. Setelah berhasil melunasi pinjaman tersebut, jangan lupa untuk menyisihkan penghasilan dan memulai investasi kembali. Produk investasi memiliki nilai manfaat keuangan jangka panjang, sehingga cukup penting untuk dimiliki.

Gadaikan Barang Berharga

Selain itu, kamu juga bisa menggadaikan barang berharga yang kamu miliki sebagai cara melunasi utang dengan cepat selanjutnya. Kamu bisa menggadaikan perabotan, perhiasan, atau benda lain untuk mendapatkan dana segar.

Kalau sudah melunasi pinjaman dan arus kas sudah stabil, kamu bisa menebus kembali barang yang digadaikan sebelumnnya. Kamu juga bisa menjual barang-barang tersebut secara online, namun hal ini tergantung pada minat orang lain yang ingin membelinya.

5 dari 5 halaman

Cicil dengan Nominal Kecil Secara Teratur dan Disiplin

Cicil dengan Nominal Kecil Secara Teratur

Menyicil utang dengan nominal kecil secara periodik juga bisa menjadi cara melunasi utang dengan cepat. Boleh saja mencicil utang dengan angka kecil, tapi dilakukan sesuai periode yang telah ditentukan.

Hal ini tentunya lebih baik daripada membayar utang langsung banyak, tapi tidak realistis, hal ini bisa menjadi sia-sia. Bahkan, berpeluang untuk menimbulkan masalah baru. Tak beda dengan gaya hidup gali lubang tutup lubang.

Niat dan Disiplin Membayar Utang

Cara melunasi utang dengan cepat selanjutnya adalah dengan niat dan disiplin dalam membayar utangmu. Utang merupakan sebuah ikatan, tuntutan, dan kewajiban yang harus diselesaikan dengan segera. Jangan sampai terjerat masalah ekonomi tak berkesudahan gara-gara berbagai utang. Selesaikan utang segera secara disiplin.

Pastikan niat dan disiplin dalam rangka melunasi utang secara maksimal. Dengan begitu, apa yang dilakukan untuk melunasi utang akan berjalan lancar. Apalagi, jika niat untuk segera terbebas dari utang diikuti dengan disiplin membayarnya secara teratur.