Sukses

8 Cara Membuat Mind Mapping di Microsoft Word, Mudah dan Sederhana

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat mind mapping di Microsoft Word bisa dilakukan dengan mudah. Mind mapping kerap digunakan untuk memetakan sebuah konsep. Visualisasi yang dibuat dalam mind mapping bisa membantu seseorang memahami konsep yang kompleks.

Banyak cara membuat mind mapping, salah satunya menggunakan Microsoft Word. Cara membuat mind mapping di Microsoft Word cukup sederhana. Namun, jika dilakukan dengan lebih kreatif, cara membuat mind mapping di Microsoft Word bisa menghasilkan visual yang menarik.

Microsoft Word dilengkapi dengan tools kreasi dan menggambar yang mudah digunakan. Ini menjadikan cara membuat mind mapping di Microsoft Word lebih mudah dan sederhana. Dengan mengetahui cara membuat mind mapping di Microsoft Word ini, kamu tak perlu lagi pusing menggunakan aplikasi mind mapping yang rumit dan memerlukan penginstalan lagi.

Berikut cara membuat mind mapping di Microsoft Word, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(21/7/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Mengenal mind mapping

Mind mapping merupakan proses memvisualisasikan konsep menjadi lebih terurai dan mudah dipahami. Mind mapping biasanya berbentuk diagram dengan beragam bentuk dan warna. Mind mapping membantu menghubungkan ide-ide atau konsep-konsep terkait di sekitar pemikiran sentral.

Mind mapping sangat efektif untuk menyajikan ide-ide dengan lebih efektif. Dengan meletakkan ide atau pemikiran pada mind mapping, otak didorong untuk berpikir dari setiap perspektif. Mind mapping juga mendorong brainstorming. Otak akan mulai berpikir tentang hubungan antara gagasan daripada memandangnya sebagai daftar hierarkis. Mind mapping memadukan kata-kata, gambar, dan visual lainnya agar lebih mudah dipahami.

3 dari 6 halaman

Cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang efektif

Sebelum mulai membuat mind mapping di Microsoft Word, penting mengetahui cara membuatnya secara efektif. Kamu bisa mulai membuat sketsa atau coretan di kertas terlebih dahulu.

Pikirkan ide sentral atau konsep utama, dan letakkan di posisi paling tengah. Pikirkan ide-ide terkait dan tempatkan secara radial di sekitar ide sentral. Hubungkan semua ide dengan hubungan yang bermakna.

Gunakan garis, berwarna, bentuk, atau gambar untuk menggambarkan ide dan hubungan secara visual. Sisakan banyak ruang di antara gagasan karena gagasan pengisi baru dan hubungan akan muncul saat peta pikiran tumbuh.

4 dari 6 halaman

Cara membuat mind mapping di Microsoft Word

Buka Microsoft Word

Buka blank document di Microsoft Word. Agar lebih mudah menggambarkan mind mapping, kamu bisa mengganti orientasi kertas mejadi landscape. Mode ini memberikan lembar kerja horizontal yang cocok untuk membuat mind mapping. Pilih Layout > Orientation > Landscape.

Mulai membuat konsep utama

Setelah menyiapkan lembar kerja, kamu bisa mulai membuat mind mapping sesuai dengan sketsa yang telah kamu buat sebelumnya di kertas. Tempatkan konsep utama di bagian paling tengah. Kamu bisa memanfaatkan tools seperti Shapes untuk membuat visualisasinya.

Sebagian tools yang bisa digunakan terletak pada grup Illustrations di tab Insert. Kamu dapat menggunakan bentuk sederhana seperti oval atau persegi panjang bulat untuk mewakili ide sentral. Lalu, beri label semua shape dengan Text Box.

Manfaatkan SmartArt

Kamu juga bisa menggunakan fitur SmartArt untuk membuat mind mapping yang sederhana. Pilih Insert>Illustrations>SmartArt. Beberapa bentuk SmartArt bisa dijadikan mind mapping yang bagus. Jika bentuk mind mapping-mu sesuai dengan bentuk SmartArt yang ada, kamu bisa langsung menggunakannya.

Jika konsep mind mapping-mu tidak bisa tervisualisasikan dengan SmartArt, kamu bisa membuatnya secara manual dengan memadukan fitur Shape seperti garis, panah, dan bentuk.

5 dari 6 halaman

Cara membuat mind mapping di Microsoft Word

Mulai mapping dengan shape, text book, dan garis

Rentangkan dan hubungkan shape konsep utama dengan garis dan panah dengan konsep lainnya. Seperti semua elemen lainnya, kamu dapat menyalin dan menempelkan shape, sehingga membantu untuk membuat konsep lainnya dengan cepat.

Garis digunakan untuk menghubungkan konsep utama ke konsep-konsep lainnya. Text Book digunakan untuk menyisipkan keterangan berupa tulisan. Shape digunakan untuk membuat bentuk seperti lingkaran, oval, persegi, dan lainnya.

Menyisipkan gambar

Jika kamu ingin menampilkan gambar atau foto di mind mapping-mu, kamu bisa menyisipkannya melalui Insert>Pictures. Kamu juga bisa mendapatkan gambar secara online melalui Insert>Online Pictures.

6 dari 6 halaman

Cara membuat mind mapping di Microsoft Word

Memodifikasi shape

Kamu bisa memodifikasi shape yang telah kamu buat seperti mengubah warna, transparansi, garis, atau tampilan sudur. klik kanan pada bentuk yang dipilih dan pilih Format Shape.

Menyisipkan ilustrasi dan diagram

Mind mapping juga dapat diilustrasikan dengan gambar yang bersumber dari desktop atau online. Kamu juga bisa menyisipkan diagram untuk mengilustrasikan konsepmu. Cukup buka Insert>Chart dan pilih jenis diagram yang ingin dibuat.

Setelah mind mapping selesai dibuat, kamu bisa menyimpannya. Jika diperlukan kamu bisa mencetaknya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS