Sukses

10 Cara Cepat Menurunkan Panas Anak Tanpa Obat yang Aman Dilakukan

Cara cepat menurunkan panas anak tanpa obat ini bisa dipraktikkan di rumah dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta Anak yang sedang mengalami panas karena demam memang cukup mengkhawatirkan. Apalagi jika panas yang dialami anak bisa sampai membuatnya kejang atau menggigil. Namun, tidak perlu panik karena ada cara cepat menurunkan panas anak tanpa obat yang aman dilakukan.

Sebenarnya, panas anak karena demam adalah bentuk respon tubuhnya melawan infeksi virus, bakteri, dan kuman. Meski begitu pada kondisi ini, pasti anak tidak doyan makan apalagi mengonsumsi obat-obatan. Jadi, coba lakukan pertolongan pertama dengan cara cepat menurunkan panas anak tanpa obat.

Sebelum mempraktikkan cara cepat menurunkan panas anak tanpa obat, cek dulu suhu tubuhnya. Pastikan anak benar-benar sudah demam, yakni memiliki suhu tubuh sekitar 38 derajat celsius atau lebih. Lalu tenangkan anak dan lakukan pertolongan pertama dengan tenang agar anak tidak semakin rewel.

Berikut Liputan6.com ulas cara cepat menurunkan panas anak tanpa obat dari berbagai sumber, Kamis (23/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kompres dan Mandi

Mengompres

Mengompres anak dengan air hangat atau panas bisa dijadikan sebagai cara cepat menurunkan panas anak. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa cara ini hanya bisa menurunkan panas sementara. Memang bisa cepat menurunkan panas, tetapi tidak dalam jangka waktu lama. Begitu juga pada beberapa anak mungkin tidak bisa diterapkan. Beberapa lagi pasti ada yang tidak nyaman dengan cara ini.

Mandi Air Hangat

Memandikan anak dengan air hangat juga bisa diandalkan sebagai cara cepat menurunkan panas anak. Meskipun anak sedang mengalami kondisi suhu tubuh yang panas, mandi air hangat dipercaya mampu untuk menurunkan demam yang dialaminya.

Air hangat yang bersentuhan dengan kulit akan membuat suhu tubuhnya menurun. Paling tidak akan menurun sekitar 1 sampai 2 derajat celsius selama 20 hingga 45 menit. Jika memandikan anak dengan air dingin, justru akan membuatnya menggigil dan menaikkan suhu tubuhnya.

3 dari 6 halaman

Makanan dan Baju

Makanan Halus

Pada kondisi yang sedang tidak stabil, coba berikan asupan makanan halus. Selain bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya untuk pulih kembali, makanan halus juga mudah dicerna tubuhnya. Cara cepat menurunkan panas anak ini bisa dicoba alih-alih memberinya obat demam.

Beberapa anak pasti ada saja yang tak memiliki nafsu makan baik pada kondisi ini. Namun, jangan panik dan khawatir karena ada beberapa trik untuk memudahkannya. Selain memberi makanan halus, beri juga makanan kesukaannya. Rayu dan suapi sambil lakukan hal yang disenanginya.

Hindari Baju Tebal

Ketika anak sedang panas, hindarkan anak pada baju yang tebal. Sekalipun anak sedang menggigil kedinginan. Cukup berikan pakaian yang cukup saja untuk anak. Cara cepat menurunkan panas anak ini dipilih untuk kenyamanannya.

Selain itu, menggunakan baju tebal hanya akan membuat tubuh anak kesulitasn mengeluarkan panas. Hal ini juga yang akan membuatnya sulit menghilangkan demam yang ada dalam tubuhnya. Lebih baik gunakan pakaian yang menyerap keringat dan selimut tipis saja.

4 dari 6 halaman

Minuman dan Istirahat

Minum Air Putih

Memberikan anak asupan air putih yang lebih banyak bisa membantu menurunkan panasnya. Hal ini disebabkan karena air putih memiliki berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Jangan pula memberinya terlalu banyak, berikan saja lebih sering dari biasanya.

Cara cepat menurunkan panas anak ini sekaligus bisa membantu mencegah anak dehidrasi. Jika bosan dengan air putih, coba berikan jus buah sup sayur, atau es krim kesukaannya. Berikan cairan apa saja yang disukainya asal sehat dikonsumsi dan tidak memperparah kondisinya.

Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup memang sangat diperlukan bagi anak yang sedang panas karena demam. Saat anak mengalami panas, tubuhnya bekerja keras melawan infeksi. Karena itu, anak harus beristirahat sebanyak mungkin. Cara cepat menurunkan panas anak ini ditujukan agar anak tidak bermain sampai kelelahan. Namun, anak masih tetap bisa melakukan aktivitas bermain santai seperti membaca buku dan mewarnai.

5 dari 6 halaman

Bawang Putih dan Asam Jawa

Bawang Putih

Bawang putih bisa diandalkan sebagai cara cepat menurunkan panas anak. Hal ini disebabkan karena khasiat yang dimilikinya. Infeksi bisa sekaligus dicegah karena antibiotik di dalamnya. Caranya dengan memberikan anak bawang putih mentah untuk dimakan.

Namun, apabila anak susah memakannya dalam kondisi mentah, bisa mengambil alternatif dengan memberikannya bawang putih dalam bentuk kapsul. Ada pula sifat anti-bakteri dan anti-virus yang dimilikinya untuk membantu menurunkan panas karena demam.

Asam Jawa

Asam jawa bisa mendinginkan atau mengurangi dan mencegah demam (antipiretik). Berikan anak minuman sari asam jawa untuk membantu menurunkan demam. Selain itu bisa juga dibuat menjadi teh dengan asam jawa dan gunakan pada bak mandi anak. Merendam anak dalam air asam jawa akan membantu mengurangi panas karena demam.

6 dari 6 halaman

Teh Herbal dan Kesejukan Ruang

Teh Herbal

Teh herbal ternyata bisa digunakan untuk menurunkan panas anak. Teh herbal yang bisa digunakan, yakni elderflower, yarrow, jahe, chamomile, dan lemon balm. Cara cepat menurunkan panas anak dengan teh herbal cukup ampuh dilakukan. Suhu tubuh panas akan semakin mudah diturunkan karena keringat yang dikeluarkan anak dengan teh herbal.

Kesejukan Ruang

Anak juga membutuhkan kesejukan ruangan yang bisa membuatnya nyaman. Cara cepat menurunkan panas anak ini bisa menggunakan humidifier. Alat ini juga bisa membantu melegakan pernapasannya sehingga anak lebih nyenyak tidurnya. Semakin nyenyak anak tidur, maka panas karena demam akan semakin mudah diredakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.