Sukses

14 Cara Alami Mengobati Asam Urat, Gunakan Bahan Herbal

Bahan alami bisa ringankan asam urat.

Liputan6.com, Jakarta Cara alami mengobati asam urat membantu mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman. Asam urat atau gout merupakan peradangan sendi yang umum dialami baik tua maupun muda. Asam urat menimbulkan nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi.

Peradangan ini disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah atau dalam istilah medis disebut hiperurisemia. Banyak orang menggunakan cara alami mengobati asam urat.

Selain perawatan medis, ada juga cara alami mengobati asam urat. Cara alami mengobati asam urat bisa membantu meringankan peradangan yang ada. Cara alami mengobati asam urat ini meliputi perubahan gaya hidup dan konsumsi makan-makanan sehat.

Namun, jika nyeri asam urat kerap datang tiba-tiba atau berlangsung hebat, hubungi dokter sebelum mencoba salah satu cara alami mengobati asam urat. Konsumsi pengobatan alami juga tetap harus berada dalam pengawasan dokter.

Berikut cara alami mengobati asam urat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(24/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cara alami mengobati asam urat

Minum cukup air putih

Menjaga hidrasi sangat penting untuk kelancaran metabolisme, termasuk metabolisme ginjal. Minum banyak cairan membantu ginjal membuang asam urat lebih cepat. Menjaga ginjal dalam kondisi yang baik juga dapat mengurangi penumpukan kristal asam urat dan serangan asam urat.

Kompres es pada area asam urat

Mengompres sendi yang meradang dengan es yang tertutup kaindapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh asam urat. Kompreskan es yang dibungkus dengan handuk tipis selama 10-15 menit sekaligus untuk membantu meredakan rasa sakit.

3 dari 8 halaman

Cara alami mengobati asam urat

Istirahatkan sendi

Serangan asam urat bisa meningkat ketika gerakan dan mobilitas tinggi. Untuk menghindari gejala yang memburuk, cobalah untuk rileks dan mengistirahatkan sendi. Hindari berolahraga, menahan beban yang berat, dan menggunakan sendi secara berlebihan.

Jika asam urat terjadi di kaki atau lutut, coba untuk mengangkatnya. Ini mendorong darah dan cairan bergerak menjauh dari sendi dan kembali ke jantung.

Hindari stres

Stres, kebiasaan tidur yang buruk, dan terlalu sedikit olahraga dapat meningkatkan peradangan yang memicu naiknya asam urat. Cobalah untuk olahraga ringan seperti jalan kaki atau naik tangga, meditasi, yoga, dan tidur yang cukup.

4 dari 8 halaman

Cara alami mengobati asam urat

Ceri

Cara alami mengobati asam urat yang cukup terkenal adalah mengonsumsi ceri. Ceri telah dilaporkan menurunkan kadar asam urat, serta mengurangi jumlah serangan asam urat. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengonfirmasi manfaat ini.

Air lemon

Air lemon membantu membuat tubuh lebih basa. Ini membantu tubuh menyeimbangkan kadar asam uratnya. Air lemon membantu menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga membantu mengurangi kadar asam urat.

5 dari 8 halaman

Cara alami mengobati asam urat

Biji Seledri

Biji seledri dan daun seledri memiliki sifat diuretik alami. Sebagai diurektik yang kuat, biji seledri membantu membersihkan sistem kelebihan cairan dengan merangsang ginjal untuk membuang asam urat.

Kopi

Minum kopi dipercaya dapat mencegah peradangan pada penderita asam urat. Ini karena kopi dapat membantu menurunkan asam urat. Kafein dianggap mampu memetabolisme purin sehingga tidak menimbulkan asam urat. Kafein juga dapat menurunkan kadar asam urat dengan meningkatkan laju ekskresi asam urat.

Namun, konsumsi kopi juga perlu diperhatikan bagi penderita ginjal kronis. Jadi konsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi kopi untuk obat asam urat.

6 dari 8 halaman

Cara alami mengobati asam urat

Bawang putih

Bawang putih dikenal manfaatnya membantu melawan peradangan. Bawang putih diyakini dapat menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi manfaat bawang putih untuk cara alami mengobati asam urat.

Teh hijau

Teh hijau sangat kaya akan antioksidan yang bisa mencegah dan mengatasi peradangan. Sama seperti kopi, teh hijau mengandung kafein yang memiliki sifat penurun asam urat.

7 dari 8 halaman

Cara alami mengobati asam urat

Hindari gula berlebih

Gula berlebih bisa menjadi pemicu timbulnya asam urat. Gula, khususnya gula olahan dapat dengan mudah dipecah dalam tubuh. Penyerapan gula olahan yang lebih cepat meningkatkan kadar gula darah dan juga menyebabkan jumlah asam urat yang lebih tinggi.

Hindari makanan mengandung purin

Cara alami mengobati asam urat yang tak kalah penting adalah menghindari makanan pemicu asam urat. Pemicu utama asam urat adalah tingginya purin dalam tubuh. Makanan kaya purin termasuk beberapa jenis daging, makanan laut, dan beberapa sayuran seperti bayam dan kedelai.

Saat tubuh memecah purin, ia menghasilkan asam urat. Proses metabolisme makanan yang kaya purin dapat menyebabkan asam urat dengan menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat.

8 dari 8 halaman

Cara alami mengobati asam urat

Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meringankan peradangan akibat asam urat. Cara mengobati asam urat tradisional dengan jahe bisa dilakukan dengan cara topikal maupun oral.

Konsumsi makanan berserat

Cara alami mengobati asam urat terakhir dalah memenuhi kebutuhan serat. Serat akan membantu tubuh membuang asam urat. Konsumsi setidaknya 5 hingga 10 gram serat larut sehari untuk mengatasi asam urat. Serat larut bisa ditemukan pada oat, sayuran, dan buah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini