Sukses

12 Tanaman Hias untuk Kamar Mandi, Hilangkan Bau Tidak Sedap

Liputan6.com, Jakarta Menaruh tanaman hias di dalam kambar mandi memberi banyak keuntungan. Tanaman hias akan menjadi dekorasi yang indah dan bisa meningkatkan kualitas udara di kamar mandi.

Kamar mandi biasanya adalah ruangan yang hangat dan lembap yang cocok untuk beberapa tanaman. Memberi penghijauan di dalam kamar mandi bisa membuat Anda lebih nyaman saat menggunakan kamar mandi. 

Tanaman hias ini bisa ditempatkan di sudut kamar mandi, rak, ambang jendela atau digantung. Tanaman-tanaman hias ini tak hanya memberi warna pada kamar mandi tapi juga memberi udara yang lebih segar.

Tanaman hias di kamar mandi juga bisa membantu mengusir bau tidak sedap yang bisa muncul. Berikut 10 tanaman hias untuk kamar mandi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(27/7/2020).

2 dari 7 halaman

Tanaman hias untuk kamar mandi

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman hias yang bisa ditaruh di mana saja, termasuk kamar mandi. Jika Anda ingin menaruhnya di kamar mandi, pastikan untuk meletakkannya di ambang jendela yang cerah. Lidah buaya bisa menjadi pembersih udara di kamar mandi. Lidah buaya bisa menurunkan kadar karbon dioksida di malam hari, spesies tanaman ini juga membantu menghilangkan bahan kimia berbahaya seperti formaldehyde dan benzene dari udara.

Spider plant

Sama seperti lidah buaya dan lidah mertua, spider plant merupakan tanaman andalan untuk memurnikan udara. Tanaman ini bisa membantu menghilangkan zat beracun seperti formaldehyde dan karbon monoksida dari udara di lingkungan yang lembap. Tempatkan tanaman ini di ambang jendela untuk menerima cahaya matahari dan sirami sekali atau dua kali semingg.

3 dari 7 halaman

Tanaman hias untuk kamar mandi

Peace lily

Peace Lily memiliki bunga berwarna putih dan daun hijau gelap yang elegan. Di balik bentuknya yang indah, Peace Lily memiliki beberapa manfaat sebagai tanaman penangkal racun dalam ruangan. Daunnya yang hijau bisa menyaring udara, menghasilkan kualitas udara yang lebih baik. Tanaman ini bisa memberi warna di kamar mandi sekaligus mendukung udara yang sehar. Peace Lily tidak membutuhkan banyak cahaya dan cocok tinggal di area lembap.

Lidah mertua

Lidah mertua dikenal sebagai tanaman yang bisa meningkatkan kualitas udara. Tanaman ini bisa mengurangi gas dan zat beracun yang ada di sebuah ruangan.

4 dari 7 halaman

Tanaman hias untuk kamar mandi

Jeruk

Kamu juga bisa menaruh tanaman jeruk atau sitrus untuk memberi aroma menyegarkan di kamar mandi. Jenis tanaman jeruk yang bisa ditaruh di kamar mandi seperti pohon jeruk santang, jeruk nagami, dan jeruk purut. Tanaman ini bisa menyegarkan ruangan dan menyingkirkan bau tidak sedap di kamar mandi.

Mint

Mint dikenal sebagai tanaman menyegarkan yang sudah sejak lama digunakan sebagai bahan pengharum ruangan. anaman mint mudah tumbuh dan dapat ditanam hampir di mana saja. Kamu bisa memotong batang dan menaruhnya dalam segelas air selama satu minggu. Mint akan mengeluarkan aroma segar di dalam kamar mandi.

5 dari 7 halaman

Tanaman hias untuk kamar mandi

Gardenia

Gardenia yang paling sering ditanam sebagai tanaman indoor adalah G. jasminoides. Tanaman hias yang juga dikenal dengan nama kacapiring ini memiliki dedaunan hijau tua yang mengkilap dan bunga-bunga putih yang menebarkan aroma aromatik. Gardenia bisa tumbuh dengan baik dalam kondisi lembap di kamar mandi, asalkan mereka mendapat cahaya yang cukup.

Anggrek

Tumbuhan yang dikenal sebagai anggrek terdiri atas ratusan spesies dalam lusinan marga dalam famili tanaman Orchidaceae. Banyak anggrek yang ideal untuk kamar mandi yang tidak terlalu dingin. Anggrek dapat berbunga selama berminggu-minggu yang bisa menjadi dekorasi cantik di kamar mandi.

6 dari 7 halaman

Tanaman hias untuk kamar mandi

Rosemary

Rosemary banyak dijadikan herbal untuk masakan dan minuman. Namun, tanaman ini juga bisa memberi aroma segar di kamar mandi. Rosemary memiliki daun hijau berbentuk mirip jarum. Sebagian besar tanaman berdaun jarum adalah pemurni yang sangat baik, terutama untuk udara musim dingin yang lembap.

Krisan

Krisan atau chrysanthemums juga menjadi tanaman ideal untuk kamar mandi. Tak hanya warnanya yang cantik dan aromanya yang segar, krisan juga bisa menjadi tanaman pemurni udara. Krisan bisa membantu menghilangkan racun umum dan juga amonia. Tanaman krisan membutuhkan cahaya yang lebih rendah agar dapat mekar dengan indah.

7 dari 7 halaman

Tanaman hias untuk kamar mandi

Aglaonema

Jika Anda memiliki kamar mandi yang gelap, aglaonema bisa jadi pilihan. Tanaman ini bisa hidup di ruangan tanpa sinar matahari karena mampu mentolerir cahaya rendah. Tanaman ini lebih suka kelembaban konstan, jadi ia tepat ditempatkan di kamar mandi. Aglaonema juga hadir dalam beragam warna mulai dari hijau, putih, hingga merah.

Golden pothos

Golden pothos merupakan tanaman merambat yang biasa menjadi dekorasi teras. Tanaman ini juga bisa menjadi dekorasi yang bagus untuk kamar mandi. Golden pothos bisa hidup di ruangan yang cenderung gelap atau tidak memiliki cahaya matahari langsung. Meletakkan Golden pothos di kamar mandi bisa memberi kesegaran tersendiri.