Sukses

Cara Buat Email Baru di HP dan Komputer yang Mudah

Liputan6.com, Jakarta Cara buat email baru di HP dan komputer mudah saja dilakukan. Salah satu platform email yang ada di internet dan yang paling banyak digunakan adalah Gmail. Sebagai anak perusahaan Google, Gmail dapat dibuat oleh siapapun.

Bahkan kamu harus punya akun Gmail untuk bisa menggunakan ponsel berbasis Android. Tidak heran mempunyai akun email sudah menjadi salah satu kewajiban untuk setiap orang di era zaman sekarang ini, apalagi yang selalu bersentuhan dengan internet. 

Cara buat email baru tentunya sangat diperlukan untuk berselancar di dunia internet. Apalagi, sekarang ini semua media sosial sudah mewajibkan kamu untuk memiliki akun email terlebih dahulu sebelum mendaftar dan membuat akun media sosial tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/7/2020) tentang cara buat email.

2 dari 4 halaman

Cara Buat Email Baru di HP

Cara buat email baru memang tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mengisi berbagai biodata diri yang ditunjukkan pada layar HP kamu. Selain itu, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah cara buat email baru yang sangat mudah. Kamu bisa menerapkan cara buat email baru dengan menggunakan platform gmail yang memang paling banyak digunakan.

Berikut cara buat gmail baru di HP:

1. Cari menu setting atau pengaturan di HP.

2. Kemudian, cari menu account atau akun. Pilih add acoount atau tambah akun.

3. Cari ikon Google. Akan muncul pilihan 'sign in' dan 'create a new account', lalu pilih create a new account.

4. Isi nama depan dan nama belakang, lalu klik next. Isi tanggal lahir dan jenis kelamin, lalu klik next.

5. Pilih nama sebagai username kamu, lalu klik next.

6. Jika ternyata terdapat tulisan “That username is taken. Try another.” Itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka. Jika sudah, klik next.

7. Selanjutnya adalah menentukan password. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa! Samakan isian kolom atas dengan bawah. Jika sudah, klik next.

8. Kemudian, akan muncul kotak Privacy and Terms, lalu klik pada tombol 'I Agree'.

9. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password. Klik Next.

10. Aplikasi akan memproses. Setelah itu akan ada pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah memiliki akun Gmail baru.

Itulah cara buat email baru di HP menggunakan platform gmail. Caranya memang sangat mudah, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah tersebut.

3 dari 4 halaman

Cara Buat Email Baru di Komputer

Selain cara buat email baru di HP, kamu juga bisa membuatnya di komputer atau laptop. Cara buat email bari di komputer atau laptop ini bahkan lebih mudah lagi daripada di HP. Cara buat email baru di komputer ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara buat email di HP.

Berikut cara buat gmail baru di komputer atau laptop:

1. Masukkan alamat www.gmail.com pada web browser.

2. Kemudian, klik create an account, sebuah kotak akan terbuka.

3. Isi data diri dengan lengkap. Pada isian setelah nama, kamu bisa memilih nama untuk username.

4. Jika ternyata terdapat tulisan “That username is taken. Try another.” Itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka.

5. Lalu, isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.

6. Setelah itu, klik “Next Step”, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan, klik pada “I Agree”.

7. Kamu telah memiliki akun Gmail sekarang.

Cara buat email baru memang tidaklah susah. Apalagi, kamu akan dituntun untuk menyelesaikannya tanpa perlu repor-repot secara langsung saat sudah akan mendaftar. Dengan memiliki akun email, kamu tentunya sudah bisa menikmati berbagai fungsi email.

4 dari 4 halaman

Fungsi Email

Setelah mengetahui cara buat email baru dan memiliki akun, tentunya kamu sudah bisa menikmati segala fungsi email. Berikut beberapa fungsi email yang bisa kamu dapatkan:

Mengirim dan Menerima Pesan

Fungsi email yang pertama dan paling umum adalah untuk mengirim dan menerima email dari orang lain dimanapun mereka berada. Untuk bisa merasakan kecepatan dalam berkirim pesan dengan menggunakan email, tentunya kamu memerlukan koneksi internet yang cepat.

Melalui email, kamu bisa mengirimkan berbagai jenis file dan dokumen digital dengan ukuran tertentu yang telah ditentukan, baik itu foto, video, teks, dan lain sebagainya.

Mendaftarkan Diri di Media Sosial

Fungsi email selanjutnya adalah untuk membuat akun media sosial tertentu, sebut saja Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain-lain. Sebagian besar layanan media sosial atau website hampir semuanya membutuhkan email penggunanya agar bisa melakukan aktivasi di website tersebut.

Selain untuk situs media sosial, situs e-commerce, game online, situs forum, dan berbagai layanan lainnya yang juga mengharuskan kamu mendaftarkan akun dengan menggunakan email.

Sebagai Identitas Diri

Fungsi email lainnya adalah sebagai identitas diri. Hal ini dikarenakan segala akses internet menggunakan data pribadi. Penggunaan email sudah menjadi kewajiban. Pasalnya email sering kali menjadi syarat mutlak untuk proses aktivasi berbagai layanan digital seperti untuk aktivasi smartphone, untuk aktivasi layanan berlangganan surat, dan lain sebagainya.

Sebagai Media Pemasaran

Fungsi email bisa juga kamu gunakan untuk pemasaran online. Kebanyakan pebisnis online melakukan pemasaran melalui email untuk meningkatkan penjualnnya. Pemasaran yang dilakukan melalui email ini merupakan salah satu pemasaran online yang paling tua. Namun hingga kini email marketing masih termasuk ke dalam jenis pemasaran online yang sangat efektif.

Itulah beberapa fungsi email yang perlu kamu ketahui. Penggunaan email dalam kehidupan di zaman sekarang ini tentunya sudah menjadi kewajiban, apalagi dengan ketergantung manusia dalam mencari informasi melalui teknologi digital atau internet.