Sukses

5 Fakta Unik Kota Atlantis yang Misterius, Muncul Beragam Spekulasi

Liputan6.com, Jakarta Menelaah tentang sejarah memang selalu mencuri perhatian publik. Tak sedikit pula sejarah yang masih menjadi misteri dan belum terpecahkan asal usulnya. Walaupun begitu, tak sedikit orang yang mempercayai sejarah yang ceritanya hanya menjadi sebuah misteri dan belum sepenuhnya terpecahkan. 

Kota Atlantis yang hilang merupakan salah satu misteri yang hingga kini kerap menimbulkan tanda tanya. Pasalnya, banyak asumsi yang bermunculan baik itu dari masyarakat awam ataupun pakar sejarah sekalipun. Walaupun sejarah tentang keberadaan Kota Atlantis masih menjadi misteri, namun banyak kejadian yang terlihat nyata di Kota Atlantis tersebut.

Walaupun kerap disebut sebagai misteri yang selalu membuat seseorang penasaran, Kota Atlantis yang hilang ini rupanya memiliki beberapa fakta unik. Walaupun tidak dapat menjelaskan sejarah Kota Atlantis secara keseluruhan, namun fakta unik tersebut dapat sedikit menjawab rasa penasaran yang kerap mengahampiri.

Salah satu fakta unik tentang Kota Atlantis ini yakni nama Atlantis sendiri diambil nama nama atlas setengah dewa. Selain perihal nama, ada beberapa fakta unik lainnya yang berkaitan dengan salah satu misteri dalam sejarah dunia ini.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brainberries tentang fakta unik Kota Atlantis yang hilang, Kamis (6/8/2020).

2 dari 6 halaman

1. Lokasi Kota Atlantis

Dalam beberapa buku tentunya sudah banyak yang menjelaskan terkait lokasi Kota Atlantis tersebut. Walaupun keberadaan kerap masih menjadi misteri, namun rupanya ahli sejarah dapat menelaah tentang lokasi Kota Atlantis tersebut.

Jika mengikuti teks Plato, tentunya akan menemukan informasi tentang Atlantis yang legendaris tersebut. Atlantis muncul dari Samudra Atlantik dan terdapat sebuah pulau yang terletak di depan selat Yunani Kuno atau yang disebut Pilar Herakles. Selat tersebut biasanya dikenal sebagai Selat Gibraltar, yang dimana Spanyol dan Afrika dipisahkan oleh jalur laut yang kecil.

Cadiz, Spanyol merupakan salah satu kota paling kuno di Eropa Barat. Ternyata, ribuan tahun yang lalu, nama kota itu adalah Gades, yang sangat mirip dengan nama seorang pangeran Atlantis, Gadeirus alias Gades.

3 dari 6 halaman

2. Nama Atlantis

Nama Atlantis sendiri dinamai menurut nama atlas setengah dewa. Mungkin banyak seseorang yang berpikir bahwa nama Atlantis diambil karena letaknya yang berada di Samudra Atlantik. Namun menurut cerita legenda, Poseidon memiliki lima pasang kembar laki-laki dengan seorang perempuan cantik Atlantis bernama Cleito. Dia kemudian membagi pulau itu antara 10 putra.

Gadeirus mendapat bagian utara, dan memiliki sebuah kota di Spanyol yang dinamai menurut namanya. Tetapi saudara kembarnya yang bernama Atlas, yang membuat pulau itu legendaris dan dikenal.

4 dari 6 halaman

3. Atlantis berusia 11.500 tahun

Fakta unik selanjutnya yakni Atlantis yang sudah berusia 11.500 tahun. Hal tersebut membuat seseorang semakin bertanya-tanya terkait apakah Kota Atlantis ini benar adanya. Jika memang benar, usia Atlantis yang sudah berusia 11.500 tahun tentunya masuk di akal. Namun, jika ternyata Kota Atlantis tersebut hanyalah sebuah legenda dan rangkaian cerita sejarah, sebuah kota yang memiliki usia tentunya menjadi aneh.

Namun di luar itu semua, sejarah tentang Kota Atlantis memang selalu menarik. Banyak orang yang tentunya selalu penasaran dengan salah kota yang disebut terletak di Samudra Atlantik ini.

Menurut sejarah, ada orang bijak Yunani bernama Solon, yang mengunjungi Mesir dan berbicara dengan para pendeta. Orang bijak Yunani tersebut memberitahu kepada pendeta tentang cerita Yunani tertua seperti banjir besar dan penciptaan manusia pertama. Hal yang ditanggapi pendeta dari cerita tersebut yakni sebuah kisah tentang bagaimana Athena didirikan 1.000 tahun sebelum Sais (kota tempat mereka berada) dan bahwa orang Athena saat ini melawan Atlantis.

Jika dihitung menggunakan beberapa matematika dasar dan dengan asumsi cerita yang benar, jatuhnya Atlantis ini terjadi sekitar 9500 SM. Jika hal tersebut benar, itu berarti usia Atlantis sudah setua Gobekli Tepe. Gobekli tepe sendiri merupakan kuil pertama di dunia yang ditemukan oleh para arkeolog.

5 dari 6 halaman

4. Tentang Athena

Menelaah tentang keberadaan Kota Atlantis ini tentunya memiliki hubungan dengan cerita sejarah lainnya. Sebuah cerita tentunya harus dihubungkan dengan cerita lainnya agar terdapat sebuah cerita yang runtut. Plato pernah menulis tentang perang hebat antara orang-orang Athena dan orang-orang Atlantik.

Tulisan yang ditulis Plato ini berisi “waktu mengatur figur dan gambar Dewi (Athena) dengan baju besi lengkap, untuk menjadi kesaksian bahwa semua hewan yang itu bersatu. Jantan dan betina dapat berlatih bersama dan menghasilkan sebuah kebajikan tanpa membedakan jenis kelamin.”

6 dari 6 halaman

5. Peradaban Itu Akan Hilang, Salah Satunya Atlantis

Pembicaraan orang bijak yang bernama Solon dan pendeta juga membicarakan tentang sebuah peradaban itu akan hilang. Pendeta tersebut menjelaskan kepada orang bijak tersebut bahwa bahwa tidak ada satu pun ceritanya yang benar-benar kuno.

“Telah ada, dan akan ada lagi, banyak kehancuran umat manusia yang timbul karena berbagai sebab. Hal terbesar telah disebabkan oleh agen api dan air, dan yang lebih kecil lainnya oleh sebab-sebab lain yang tak terhitung banyaknya.”

Pendeta tersebut juga menambahkan bahwa seluruh sejarah peradaban bisa hilang dalam waktu. Salah stau peradaban yang hilang itu diyakini adalah Atlantis.