Sukses

5 Kelemahan HP Xiaomi dan Kelebihannya, Perhatikan Sebelum Membeli

Kelemahan HP Xiaomi dan keunggulannya tentu harus kamu kenali sebelum membelinya.

Liputan6.com, Jakarta Kelemahan HP Xiaomi dan keunggulannya atau kelebihannya tentu harus kamu kenali sebelum membelinya. Sebagai salah satu smartphone favorit banyak orang, Xiaomi tentunya menyajikan berbagai fitur yang menarik dan memudahkan penggunanya. 

Namun, setiap merek HP atau smartphone tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Xiaomi yang terkenal menyuguhkan smartphone berteknologi canggih dengan harga yang murah bisa menjadi pilihan yang tepat bagi banyak orang.

Kelemahan HP Xiaomi perlu diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Salah satu kelemahan Xiaomi yang mungkin sudah banyak diketahui adalah harga jualnya yang rendah, jika kamu berniat menjual kembali smartphonemu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/8/2020) tentang kelemahan HP Xiaomi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kelemahan HP Xiaomi

Harga Jual Rendah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu kelemahan HP Xiaomi adalah harga jualnya yang rendah. Hal ini tentunya juga sebanding dengan harga belinya yang juga sangat murah.

Jika kamu berniat menjual kembali HP Xiaomi lamamu, maka sebaiknya tidak berharap banyak soal harganya. Pasalnya, harga jual HP Xiaomi lama dikenal cukup anjlok karena merek ini sering mengeluarkan HP baru. Penurunan HP Xiaomi bekas dengan garansi resmi sekitar 30 persen. Namun harga jual kembali HP Xiaomi dengan garansi distributor sangat rendah.

Overheat (Cepat Panas)

Kelemahan HP Xiaomi berikutnya adalah sering mengalami overheat atau cepat panas. Jika kamu browsing di internet, masih banyak pengguna Xiaomi mengalami masalah overheating dengan ponsel mereka.

Overheat ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari baterai, RAM, hingga prosesor. Namun, Xiaomi terus berinovasi untuk mengatasi kekurangan ini.

Terlalu Banyak Distributor

Kelemahan HP Xiaomi selanjutnya adalah terlalu banyak distributor. Di balik kepopuleran Xiaomi di Indonesia, banyak tipe HP yang akhirnya masuk melalui jalur yang tidak resmi atau biasa disebut dengan garansi distributor.

Xiaomi dengan tipe ini tidak memiliki garansi resmi dari Xiaomi Indonesia, melainkan hanya garansi dari distributor. Dampaknya, jika ada kendala atau kerusakan pada HP Xiaomi kamu, maka tidak akan bisa diperbaiki di gerai resmi.

3 dari 4 halaman

Kelemahan HP Xiaomi

Build Quality Kurang Solid

Kelemahan HP Xiaomi selanjutnya adalah memiliki build quality yang kurang. Terdapat beberapa build quality yang kurang solid, namun belakangan ini pihak Xiaomi melakukan perbaikan pada build quality-nya.

Tidak Memberikan Aksesoris Tambahan

Kelemahan HP Xiaomi selanjutnya adalah tidak memberikan aksesoris tambahan seperti headset. Hal ini tentunya berbeda dengan beberapa smartphone lain yang menyediakan headset langsung di dalam kotak ponsel. Namun, kamu masih bisa mendapatkan headset ori Xiaomi dengan membelinya secara terpisah di gerai resmi Xiaomi.

Xiaomi percaya bahwa calon konsumen memiliki preferensinya tersendiri dalam penggunaan headset. Oleh karena itu, Xiaomi lebih memilih menyediakan headset tersebut dalam paket penjualan terpisah.

Itulah beberapa kelemahan HP Xiaomi yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya. Setelah itu, kamu bisa mengenali beberapa kelebihannya sebagai bahan pertimbangan.

4 dari 4 halaman

Kelebihan HP Xiaomi

Setelah mengetahui beberapa kelemahan HP Xiaomi, tentunya kamu perlu juga mengenali beberapa keunggulannya, sebagai berikut:

Harga Murah

Keunggulan HP Xiaomi yang paling menonjol tentunya adalah harganya yang murah. HP keluaran Xiaomi hampir semuanya ditawarkan dengan harga murah. Bisa dibilang harganya lebih murah dibanding HP dengan spesifikasi yang sama dari vendor lain.

Penerapan harga murah ini merupakan hal yang wajar mengingat segmen pasar yang disasar Xiaomi adalah menengah ke bawah. Dalam penerapan strategi penjualannya, Xiaomi menggunakan cara penjualan flash sale dengan jumlah barang terbatas.

MIUI

Keunggulan HP Xiaomi lainnya dapat ditemukan pada perlengkapannya. Xiaomi memiliki MIUI, yaitu firmware dari Xiaomi, atau yang bisa dibilang sebagai OS yang berbasis Android. Sebelum Xiaomi terkenal dengan produknya, MIUI lebih dikenal terlebih dahulu.

MIUI memiliki tampilan yang mirip dengan iOS pada produk Apple dan TouchWiz milik Samsung. MIUI juga memiliki berbagai aplikasi yang tidak tersedia pada sistem operasi Android bawaan, karena tampilan MIUI inilah HP Xiaomi semakin banyak digandrungi.

Inovatif

Keunggulan HP Xiaomi selanjutnya dipengaruhi oleh berbagai gebrakan dalam perkembangan teknologinya. Hal itu membuat Xiaomi banyak dilirik dan diperbincangkan. Bahkan Xiaomi mampu mengungguli perusahaan besar seperti Dell, Honda, Intel dan Huawei.

Diakui sebagai perusahaan yang inovatif, dapat dikatakan produk dari Xiaomi khususnya HP memiliki nilai yang cukup tinggi. Hal inilah yang membuat Xiaomi terkenal tidak hanya di Indonesia, melainkan juga dunia.

Desain yang Elegan

Keunggulan HP Xiaomi berikutnya terletak pada sektor desain. HP yang diproduksi oleh Xiaomi hadir dengan desain yang unik dan elegan. Desain yang dirancang untuk HP Xiaomi ini ingin menunjukkan identitas agar dikenali dan menjadi kelebihan tersendiri dari HP Xiaomi lainnya. Hal ini membuat banyak orang menggemari produk smartphone satu ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini