Sukses

5 Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Online Gratis, Mudah Dipraktikkan

Cara mengecilkan ukuran file PDF online ini bisa dilakukan di laptop maupun di HP.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengecilkan ukuran file PDF bisa dilakukan secara online. Berbagai situs yang menyediakan fitur memperkecil ukuran file PDF ini bisa kamu pakai dengan mudah. Bahkan, dalam menggunakannya kamu tidak perlu membayar.

Dokumen dengan format PDF biasanya diperlukan dalam mendaftar kerja di sebuah perusahaan atau instansi pemerintahan. Banyak perusahaan yang meminta format PDF dengan ukuran yang ringan sekitar 100-300 Kb, sehingga kamu harus mengecilkan ukuran file PDF yang biasanya mencapai 1 MB  terlebih dahulu.

Cara mengecilkan ukuran file PDF online ini bisa dilakukan di laptop maupun di HP. Cukup dengan menyiapkan file PDF yang ingin dikecilkan, lalu membuka situs yang dapat memperkecil ukuran PDF, kamu sudah bisa mendapatkan file PDF yang lebih ringan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/8/2020) tentang cara mengecilkan ukuran file PDF.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Menggunakan iLovePDF

Cara mengecilkan ukuran file PDF yang pertama adalah dengan membuka situs iLovePDF atau ilovepdf.com. Setelah situs terbuka, kamu tinggal klik ‘Pilih file PDF’ yang berada di tengah layar untuk memilih dokumen atau file yang ingin diperkecil ukurannya. Kamu juga bisa langsung drag and drop file PDF ke tampilan situs sebagai cara mengecilkan ukuran PDF. Nantinya, tampilan selanjutnya tetap akan sama.

Situs iLovePDF memberikan tiga opsi agar hasil dan ukuran sesuai dengan keinginan yakni kompresi ekstrem untuk kualitas rendah, kompresi yang disarankan untuk kualitas bagus, dan kompresi rendah untuk kualitas tinggi.

Setelah kamu memilih opsi yang diperlukan, klik Kompres PDF. Kemudian setelah selesai proses kompres, file PDF dapat diunduh secara otomatis ke komputer atau smartphone.

3 dari 6 halaman

Menggunakan SmallPDF

Cara mengecilkan ukuran file PDF selanjutnya adalah dengan membuka situs SmallPDF atau smallpdf.com. Setelah masuk ke website SmallPDF, klik Choose File yang ada di tengah layar untuk memilih dokumen yang ingin kamu kecilkan ukurannya. Seperti cara mengecilkan ukuran file PDF pada iLovePDF, kamu juga bisa langsung drag and drop file PDF ke tampilan browser.

Setelah itu kamu tinggal menunggu proses unggah dan kompres selesai. Setelah proses kompres selesai, kamu akan diperlihatkan informasi tentang berapa persen dari dokumen asli yang telah dikompres dan ukuran baru file tersebut.

Kemudian kamu bisa mengunduh file langsung ke komputer atau smartphone atau bisa juga mengeditnya lebih lanjut hingga menghasilkan ukuran yang diinginkan.

4 dari 6 halaman

Menggunakan SodaPDF

Situs web SodaPDF atau sodapdf.com juga bisa menjadi salah satu cara mengecilkan ukuran file PDF. Caranya juga tidak sulit, pertama pilih file yang ingin dikompres dengan klik Choose File yang ada di tengah layar.

Kamu juga dapat memilih file yang ada di Google Drive dan Dropbox. Sama seperti ilovepdf, situs ini menghadirkan layanan untuk mengompres PDF sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Kamu akan ditawarkan 3 opsi kualitas kompresi, yang pertama yaitu low quality untuk hasil ukuran paling kecil, good quality untuk hasil ukuran menengah, dan high quality untuk kompresi paling minimal dan ukuran paling besar.

Tidak hanya bisa digunakan secara online, SodaPDF ini tersedia juga dalam aplikasi, sehingga ketika kamu tidak terkoneksi dengan internet, kamu masih bisa mengecilkan file PDF.

5 dari 6 halaman

Menggunakan PDF Compressor

Cara mengecilkan ukuran file PDF selanjutnya yaitu menggunakan website PDFCompressor. Kamu dapat masuk ke situs pdfcompressor.com, kemudian klik Unggah File dan pilih dokumen yang akan kamu kompres, atau drag and drop dokumen yang dipilih langsung ke browser seperti penerapan di situs lainnya.

Setelah itu, kamu cukup menunggu beberapa saat sampai proses kompres selesai. Terakhir, tinggal unduh file yang sudah dikompres ke laptop atau smartphone. Pada cara mengecilkan ukuran file PDF dengan PDF Compressor, hasilnya dapat langsung kamu share ke jaringan sosial atau dikirimkan melalui email. 

6 dari 6 halaman

Menggunakan Microsoft Word

Selain cara mengecilkan ukuran file PDF secara online, kamu juga bisa menerapaknnya secara offline. Bahkan, kamu hanya perlu menggunakan Microsoft Word 2013. Cara ini tentunya akan sangat memudahkan, karena hampir semua laptop atau PC memiliki Microsoft Word.

Cara mengecilkan ukuran file PDF di Microsoft Word 2013 pun tidak sulit, pertama buka MS Word, kemudian Pilih File-Open dan cari file PDF yang ingin kmau kompres. Ketika kamu membuka file PDF di Office, maka secara otomatis akan dijadikan format dokumen word terlebih dahulu. Jika ada pop up pemberitahuan, klik Ok untuk melanjutkannya.

Setelah dokumen terbuka, Save As file tersebut kembali menjadi PDF, dengan cara pilih File-Save As atau CTRL+S. Selanjutnya pilih Save as type: PDF dan Optimize for: Minimum size (publishing online), kemudian klik Save untuk menyimpan.

Itulah beberapa cara mengecilkan ukuran file PDF yang bisa kamu terapkan baik secara online maupun offline.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini