Sukses

5 Perbedaan Body Wash dan Shower Gel, Pilih Sesuai Kebutuhan

Liputan6.com, Jakarta Dari semua rutinitas harian, mandi mungkin adalah hal yang dinantikan saat bangun di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Mandi bisa membuat tubuh terasa bugar, hilang dari stres dan kelelahan.

Jika kamu telah bekerja sepanjang hari di lingkungan yang penuh stres, melakukan petualangan luar ruangan sepanjang hari, atau bersiap-siap acara besar, tidak ada yang membuatmu lebih baik daripada mandi. Saat mandi, sabun adalah benda yang sangat penting kehadirannya. 

Sabun cair merupakan jenis sabun yang banyak digunakan saat ini. Shower gel dan body wash menjadi dua jenis sabun mandi cair yang kerap digunakan. Dibandingkan dengan sabun batangan, sabun cair punya sejumlah keunggulan.

Meski sama-sama merupakan sabun cair, shower gel dan body wash nyatanya punya beberapa perbedaan. Memahami perbedaan keduanya adalah penting karena kamu akan tahu produk yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Berikut perbedaan shower gel dan body wash, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(14/8/2020).

2 dari 8 halaman

Bahan

Baik shower gel dan body wash dibuat dengan air sebagai dasarnya. Tapi bahan lain pembentuk keduanya berbeda. Misalnya, body wash kebanyakan memiliki bahan yang berfungsi untuk melempabkan kulit. Body wash sempurna untuk mereka yang tinggal di iklim dingin dan kering. Ini karena body wash menjaga kulit terhidrasi dan tampak lebih muda.

Sebaliknya, sabun mandi dibuat untuk memberi kenyamanan dan kesan mewah. Shower gel sering memiliki nilai pH yang lebih rendah daripada sabun. Oleh karena itu, bahan-bahannya sering kali mengandung aroma yang lebih kuat yang terkadang bisa membuat kulit kering. Shower gel lebih cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak.

3 dari 8 halaman

Tekstur

Body wash memiliki konsistensi yang lebih encer. Di sisi lain, shower gel, karena memiliki pengemulsi yang berfungsi sebagai zat pengental, jauh lebih kental. Shower gel terkadang juga sering mengandung bahan eksfoliasi seperti oatmeal, kopi, dan garam laut.

Kamu bisa mengetes tekstur kedua sabun ini di tangan. Teteskan body wash dan shower gel seukuran kacang polong ke telapak tangan. Secara perlahan coba rasakan perbedaan teksturnya.

4 dari 8 halaman

Aroma

Jika kamu menempelkan hidung ke botol body wash dan shower gel, kamu akan bisa mengetahui perbedaannya. Aroma body wash cenderung lebih lembut dan tidak terlalu kuat.

Sementara shower gel yang mengandung konsentrasi aroma lebih tinggi akan terasa sangat tercium aromanya. Shower gel memiliki wangi yang lebih kuat daripada body wash.

Jika kamu adalah orang yang suka menikmati aroma lavender, citrus, vanilla, brown sugar, dan sebagainya, maka shower gel adalah produk yang tepat untukmu. Aroma dari shower gel bahkan bisa menempel di kulit sepanjang hari.

5 dari 8 halaman

Efek melembapkan

Body wash memiliki lebih banyak sifat melembabkan dan menghidrasi dibandingkan dengan shower gel. ni karena mereka kaya akan kelempapan dan agen oklusif seperti mineral oil dan petroleum.

Semua fitur di body wash ini ini bekerja sama untuk memungkinkan tubuh menyegel kelembapan ke dalam kulit saat mandi. Ini membuat kulit akan terus terhidrasi dengan baik setelah mandi.

Shower gel di sisi lain, memiliki efek pelembab yang lebih sedikit. Shower gel terkadang bahkan bisa membuat kulit menjadi sangat kering.

6 dari 8 halaman

Jenis kulit yang cocok

Karena body wash mengandung lebih banyak pelembap, jenis sabun ini cocok untuk kulit kering. Mereka yang memiliki kulit kering sebaiknya menggunakan body wash sebagai sabun mandinya. Body wash cocok untuk mereka yang tinggal di iklim dingin dan kering. Shower gel sebaliknya tidak terlalu cocok untuk kulit kering.

Namun, bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, shower gel bisa jadi pilihan tepat. Jika kamu tinggal di iklim yang lebih hangat, shower gel lebih baik untukmu. Selain itu, beberapa shower gel cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat karena kebanyakan memiliki formulasi pendingin yang menenangkan kulit.

7 dari 8 halaman

Memilih produk terbaik

Shower gel dan body wash Sabun mandi dan gel mandi memiliki fungsi serupa untuk membersihkan tubuh. Namun, manfaat yang mereka tawarkan cenderung berbeda, dan itulah mengapa kamu perlu memilih mana yang cocok untuk kulitmu.

8 dari 8 halaman

Kelebihan dan kekurangan sabun cair

Berbeda dengan sabun batang, sabun cair memiliki kandungan pelembap yang lebih tinggi sehingga tidak menyebabkan kulit menjadi kering.

Kelebihan lainnya, sabun cair memiliki kemasan yang dapat tertutup rapat dan tidak mudah terkontaminasi bakteri. Selain itu, bagi kamu yang tidak memiliki alergi terhadap wangi-wangian, sabun cair dapat menjadi pilihan tepat. Apalagi sabun cair juga menghasilkan busa lebih banyak dari sabun batang.

Namun, kekurangan sabun cair adalah pengunaanya yang terkadang boros. Biasanya karena mudah dikeluarkan, sabun cair banyak digunakan dalam volume yang terlalu banyak.

Selain itu, kemasan sabun cair juga tidak begitu mudah terurai dibandingkan dengan sabun batang. Hal ini karena botol yang biasa digunakan untuk kemasan sabun cair biasanya menggunakan bahan plastik, jadi lebih sulit terurai dan tidak baik untuk lingkungan.