Sukses

Cara Membuat Email Baru di Gmail Lewat HP, Mudah dan Cepat

Membuat email baru di Gmail tidak sulit, bahkan bisa menggunakan HP.

Liputan6.com, Jakarta Membuat email menjadi salah satu keharusan di era digital ini. Tidak hanya untuk saling mengirim pesan dengan orang lain, email juga harus dimiliki ketika kamu ingin membuat akun media sosial. Bahkan kamu harus punya akun Gmail untuk bisa menggunakan ponsel berbasis Android. 

Ya, salah satu platform email yang ada di internet, dan yang paling banyak digunakan adalah Gmail. Menilik berbagai fungsnya, tidak heran mempunyai akun email sudah menjadi salah satu kewajiban untuk setiap orang di zaman sekarang ini, apalagi bagi orang-orang yang selalu bersentuhan dengan internet. 

Membuat email baru di Gmail tidak sulit, bahkan bisa menggunakan HP. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah pada panduan yang tertera. Memiliki alamat email membuat kamu lebih mudah untuk berselancar di dunia internet.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/8/2020) tentang membuat email.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Email Baru di Gmail Lewat HP

Cara membuat email baru Gmail lewat HP mudah saja dipraktikkan. Kamu hanya perlu mengisi berbagai biodata diri yang ditunjukkan pada layar HP kamu. Selain itu, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah cara membuat email baru yang sangat mudah.

Kamu bisa menerapkan cara membuat email baru dengan menggunakan platform gmail yang memang paling banyak digunakan. Berikut cara membuat email gmail baru di HP:

1. Cari menu setting atau pengaturan di HP.

2. Kemudian, cari menu account atau akun. Pilih add acoount atau tambah akun.

3. Cari ikon Google. Akan muncul pilihan 'sign in' dan 'create a new account', lalu pilih create a new account.

4. Isi nama depan dan nama belakang, lalu klik next. Isi tanggal lahir dan jenis kelamin, lalu klik next.

5. Pilih nama sebagai username kamu, lalu klik next.

6. Jika ternyata terdapat tulisan “That username is taken. Try another.” Itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka. Jika sudah, klik next.

7. Selanjutnya adalah menentukan password. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa! Samakan isian kolom atas dengan bawah. Jika sudah, klik next.

8. Kemudian, akan muncul kotak Privacy and Terms, lalu klik pada tombol 'I Agree'.

9. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password. Klik Next.

10. Aplikasi akan memproses. Setelah itu akan ada pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah memiliki akun Gmail baru.

Itulah cara membuat email baru di HP menggunakan platform gmail. Caranya memang sangat mudah, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah tersebut.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Email Baru di Gmail Lewat Komputer atau Laptop

Selain cara membuat email baru di HP, kamu juga bisa membuatnya di komputer atau laptop. Cara membuat email baru di komputer atau laptop ini bahkan lebih mudah lagi daripada menggunakan HP.

Cara membuat email baru di komputer ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara membuat email di HP. Berikut cara membuat email baru di Gmail lewat komputer atau laptop:

1. Masukkan alamat www.gmail.com pada web browser.

2. Kemudian, klik create an account, sebuah kotak akan terbuka.

3. Isi data diri dengan lengkap. Pada isian setelah nama, kamu bisa memilih nama untuk username.

4. Jika ternyata terdapat tulisan “That username is taken. Try another.” Itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka.

5. Lalu, isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.

6. Setelah itu, klik “Next Step”, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan, klik pada “I Agree”.

7. Kamu telah memiliki akun Gmail sekarang.

Cara membuat email baru di Gmail memang tidaklah susah. Apalagi, kamu hanya perlu mengikuti panduan untuk menyelesaikannya tanpa perlu repor-repot secara langsung saat sudah akan mendaftar. Dengan memiliki akun email, kamu tentunya sudah bisa menikmati berbagai fungsi dari email tersebut.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Email Yahoo

Selain Gmail, kamu juga bisa membuat email di Yahoo. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka browser lalu masuk ke “login.yahoo.com/account/create“. Bisa juga dengan Unduh aplikasi Yahoo Mail di Play Store atau AppStore. Lalu, buka aplikasi, pilih Sign Up.

2. Masukkan data seperti tanggal lahir, jenis kelamin, nomor HP, kata sandi, dan alamat email yang ingin dibuat.

3. Pilih continue. Setelah itu Anda akan diminta untuk memverifikasi nomor HP. Pastikan nomor HP yang dimasukkan benar. Lalu plih “Text me a verification code”.

4. Setelah itu, Anda akan mendapatkan SMS berisi kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi tersebut ke kolom yang tersedia.

5. Pilih verify. Setelah itu Anda akan mendapat notifikasi bahwa akun Yahoo sudah berhasil dibuat. Klik continue untuk menikmati akses dari email Yahoo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini