Sukses

6 Cara Mencuci Peralatan Makan yang Benar, Perhatikan Urutan

Cara mencuci peralatan makan yang benar membuatnya bersih sempurna.

Liputan6.com, Jakarta Cara mencuci peralatan makan mungkin memang hanyalah suatu hal yang sederhana. Namun, masih banyak yang salah dalam melakukannya, sehingga menyebabkan tersebarnya kuman atau bakteri dari satu benda yang banyak bakteri ke yang sedikit bakteri.

Mencuci piring dan peralatan makan lainnya memang kerap dianggap sepele. Padahal, penggunaannya sangat penting, karena menjadi asupan untuk keberlangsungan hidup kamu. Tentunya kamu tidak ingin terkena penyakit hanya karena peralatan makan tidak dicuci dengan benar.

Cara mencuci peralatan makan yang benar membuatnya bersih sempurna. Dengan begitu, segala noda seperti sisa lemak dan minyak yang masih menempel, bau amis yang masih tercium, hingga sisa deterjen yang menempel pada peralatan makan akan terangkan secara sempurna.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/8/2020) tentang cara mencuci peralatan makan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buang Sisa Makanan, Dahulukan Cuci Sendok dan Gelas

Buang Sisa Makanan

Cara mencuci peralatan makan yang benar pertama adalah dengan membuang sisa makanan. Terkadang masih ada sisa makanan di atas piring atau peralatan makanan lainnya yang belum bersih.

Buanglah sisa makan tersebut terlebih dahulu agar kamu lebih mudah dalam mencucinya. Hal ini juga mencegah kotoran pada piring menempel pada spons pencuci peralatan makan.

Selain itu, menyingkirkan semua kotoran atau sisa makanan dari piring atau gelas dapat mencegah lubang wastafel tersumbat, dan air tetap bersih bila kamu mencucinya dengan ember besar.

Dahulukan Cuci Sendok dan Gelas

Mendahulukan cuci sendok dan gelas merupakan salah satu cara mencuci peralatan makan yang benar. Mencuci sendok dan gelas lebih mudah daripada mencuci peralatan yang lain karena bentuknya yang lebih kecil.

Pertama mulailah dengan mencuci gelas, mug, cangkir, dan botol-botol minuman. Cara dan urutan ini perlu dilakukan untuk mencegah menyebarnya kuman atau bakteri dari satu benda yang banyak bakteri ke yang sedikit bakteri. Karena umumnya peralatan minum lebih bersih dan lebih sedikit bakteri, sudah seharusnya dicuci lebih dulu.

Kemudian beralihlah ke peralatan makan seperti sendok, garpu dan piring. Setelah itu, baru kamu bisa mencuci peralatan dapur seperti panci, spatula, wajan dan lainnya yang penuh minyak dan rawan gosong.

3 dari 4 halaman

Cuci Peralatan Masak dan Gunakan Perasan Lemon

Cuci Peralatan Masak Setelah Mencuci Peralatan Makan

Cara mencuci peralatan makan yang benar harus menerapkan cara ini. Hal ini karena peralatan masak selalu meninggalkan noda dan sisa makanan yang sulit dibersihkan. Kamu bisa menggunakan spons dengan bagian permukaan yang kasar untuk membersihkannya. Sabut atau spons metal bisa digunakan untuk membersihkan wadah hidangan makanan dari kaca. Kamu juga bisa menggunakannya untuk wadah makanan yang terbuat dari metal.

Gunakan Perasan Lemon

Menggunakan perasan lemon berfungsi untuk menghilangkan bau amis pada peralatan makan. Kamu juga bisa menggunakan sabun pencuci piring beraroma lemon untuk menghilangkan bau pada peralatan makan. Bau amis akan segera hilang, dan aroma peralatan makan kamu akan menjadi lebih segar.

 

4 dari 4 halaman

Bilas di Bawah Air Mengalir dan Bersihkan Tempat Cuci Piring

Bilas di Bawah Air Mengalir

Cara mencuci peralatan makan yang benar selanjutnya adalah membilas di bawah air mengalir. Hal ini karena membilas peralatan makan atau minum akan lebih bersih dan terbebas dari aroma tak sedap bila di bawah air mengalir.

Membersihkan Tempat Cuci Piring

Setelah semua peralatam kanan bersih dan sudah dikeringkan, kamu harus segera menempatkannya di rak atau lemari penyimpanan. Jika terlalu lama dibiarkan dekat tempat cuci piring, maka peralatan makan tersebut dapat kembali ditempeli oleh kuman.

Kemudian, bersihkan tempat cuci pring dan keringkan permukaannya dengan lap bersih. Kamu juga bisa menggunakan cairan desinfektan secara berkala pada lubang wastafel, untuk mencegah minyak dan lemak yang menumpuk di bawah lubang wastafel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini