Sukses

Viral, Toilet Umum Transparan di Jepang Ini Unik Banget

Liputan6.com, Jakarta Jepang memang cukup dikenal luas sebagai negara yang memiliki teknologi mumpuni. Tak heran pula jika cukup banyak mesin-mesin ataupun robot yang diproduksi oleh negeri Sakura ini.

Bukan hanya dikenal memiliki teknologi yang mampu membuat banyak orang tercengang. Akan tetapi tingkat kebersihan terutama toilet umum di Jepang patut diacungi jempol.

Bahkan, baru-baru ini sebuah toilet umum di distrik Shibuya, Tokyo, Jepang menjadi perbincangan netizen. Pasalnya, dilansir Liputan6.com dari New York Times, Kamis (20/8/2020) sebuah toilet umum berwarna-warni namun transparan terlihat di sebuah taman kota.

Tentu saja penampakan toilet umum transparan tersebut langsung mencuri perhatian netizen. Bahkan, tak sedikit pula yang mengaku khawatir dengan penggunaan toilet umum transparan ini.

2 dari 3 halaman

Arsitektur miliki dua alasan utama

Dilansir Liputan6.com dari tokyotoilet.jp, Kamis (20/8/2020) sang arsitek, Shigeru Ban memberikan penjelasan mengenai kekhawatiran masyarakat. Shigeru Ban mejelaskan jika ia memilih membuat toilet umum transparan agar masyarakat yang tengah berada di taman dan butuh ke toilet umum bisa melihat kebersihannya dari luar.

Selain itu, toilet umum transparan tersebut juga dibuat memiliki cahaya warna-warni. Hal ini agar memudahkan masyarakat saat berada di taman pada malam hari tidak ketakutan.

3 dari 3 halaman

Penghalangi pandangan luar

Bukan hanya memiliki lampu warna-warni saja. Toilet umum transparan ini bisa berubah warna menjadi buram. Hal ini dimaksudkan agar kaca tersebut mampu menghalangi penglihatan dari luar.

Sistem kerjanya pun cukup simpel, jika seseorang memasuki toilet ini dan menguncinya. Maka kaca yang mengelilingi toilet tersebut secara otomatis berubah menjadi buram.