Sukses

12 Manfaat Air Mawar bagi Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Liputan6.com, Jakarta Bunga mawar biasanya menjadi sebuah simbol rasa cinta, kasih sayang, ketulusan, serta kebahagiaan. Tapi bunga mawar ternyata memiliki manfaat lain yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut didapatkan dari air mawar yang dihasilkan dari proses penyulingan.

Untuk mendapatkan manfaat air mawar, diperlukan proses penyulingan pada bagian kelopak mawar dengan uap. Air mawar tersebut menimbulkan aroma yang sangat wangi. Bahkan, saking wanginya manfaat air mawar digunakan sebagai parfum alami yang tentunya aman bagi kulit tubuh karena tidak memiliki kandungan bahan kimia berbahaya.

Namun, manfaat air mawar selain sebagai wewangian, hasil sulingan kelopak bunga mawar tersebut juga memiliki berbagai manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan manfaat air mawar telah digunakan selama ribuan tahun, termasuk di abad pertengahan.

Manfaat air mawar tersebut diperkirakan sudah banyak digunakan oleh bangsa Iran. Sejak dahulu air mawar telah banyak digunakan secara tradisional sebagai produk kecantikan dan produk makanan serta minuman.

Berikut ini, Liputan6.com melansir dari Healthline.com mengenai apa saja manfaat air mawar yang bisa didapatkan tubuh, terutama dari kesehatan, Sabtu (22/8/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat Air Mawar untuk Kulit

1. Meredakan iritasi kulit

Dimulai dari manfaat air mawar yang pertama, yaitu mampu meredakan iritasi kulit. Manfaat air mawar ini mungkin menjadi salah satu manfaat terbesar yang bisa diberikan air mawar. Sebab, air mawar memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat kuat. Adanya kandungan anti-inflamasi tersebut yang dapat membantu dalam pengobatan berbagai penyakit, baik dalam maupun luar tubuh. Bahkan manfaat air mawar tersebut dapat membantu untuk meredakan iritasi eksim atau rosacea.

 

2. Mengurangi kemerahan pada kulit

Air mawar sudah digunakan sebagai produk kecantikan selama ribuan tahun. Itulah mengapa tidak heran rasanya apabila air mawar bermanfaat untuk menghilangkan bekas dan mengurangi kemerahan yang timbul di kulit. Sebenarnya manfaat air mawar tersebut tidak lepas dari sifat antibakteri dimilikinya. Selain itu, adanya sifat anti-inflamasi dalam air mawar juga dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit.

 

3 dari 6 halaman

Manfaat Air Mawar Selanjutnya

 

 3. Meredakan sakit tenggorokan

Biasanya dokter akan memberi resep antibiotic ketika Anda sedang mengalami peradangan yang menyebabkan sakit tenggorokan. Sebagai alternatif sebenarnya Anda bisa menggunakan air mawar. Sebab, air mawar sejak zaman dahulu secara tradisional sudah digunakan dalam pengobatan sakit tenggorokan. Sayangnya, belum terdapat penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektif tidaknya cara ini. Namun tidak ada salahnya manfaat air mawar ini dicoba, sebab risiko yang ditimbulkan hampir sama sekali tidak ada.

 

4. Mencegah dan mengobati infeksi

Selanjutnya, air mawar juga memiliki sifat antiseptik yang kuat. Sifat tersebut mampu mencegah dan mengobati infeksi. Itulah mengapa air mawar sering kali dimasukkan dalam berbagai perawatan alami dan pengobatan. Berdasarkan salah satu jurnal yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine menemukan ketika air mawar digunakan dalam obat tetes mata untuk mengobati kasus konjungtivitis, sifat antiseptik dan analgesik yang ada di air mawar dapat membantu dalam mengobati penyakit mata.

4 dari 6 halaman

Manfaat Air Mawar yang Tidak Kalah Penting

5. Mengandung antioksidan

Kelopak mawar dan minyak mawar ternyata juga mengandung sejumlah antioksidan kuat yang ampuh dalam melindungi sel dari kerusakan. Dalam jurnal yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine menemukan bahwa antioksidan dalam air mawar memiliki efek yang sangat potensial untuk menghambat peroksidasi lipid. Hal ini akan memberikan perlindungan pada sel sehingga lebih kuat.

 

6. Menyembuhkan luka, bekas luka, dan luka bakar

Selanjutnya, air mawar juga memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang berguna untuk membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Sifat tersebut juga dapat membantu membersihkan dan melawan infeksi luka serta luka bakar. Itulah mengapa tidak heran apabila air mawar mampi menyembuhkan luka, luka bakar, bahkan bekas luka agar sembuh lebih cepat.

5 dari 6 halaman

Manfaat Air Mawar Lainnya

7. Meningkatkan mood

Manfaat air mawar ini ternyata cukup unik. Sebab, air mawar mampu menjadi antidepresan dan anti kecemasan yang sangat ampuh. Pada sebuah studi di tahun 2011 menemukan bahwa ekstrak kelopak mawar dapat mengendurkan sistem saraf pusat pada tikus. Adanya kandungan tersebut mampu memberi efek antidepresan dan antianxiety bagi tubuh.

 

8. Meredakan sakit kepala

Air mawar dan minyak esensial mawar umumnya digunakan sebagai aromaterapi yang ampuh dalam meredakan sakit kepala. Hal ini memang tidak lepas dari manfaat air mawar dalam menghilangkan stres seperti yang disebutkan dalam poin sebelumnya. Cara penggunaan air mawar untuk meredakan sakit kepala cukup dengan mengoleskan kompres yang direndam dalam air mawar ke kepala selama 45 menit.

 

9. Meringankan masalah pencernaan

Manfaat air mawar ini juga sudah sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Air mawar mampu mengobati pencernaan dan meredakan gangguan pencernaan. Menurut sebuah penelitian di tahun 2008, membuktikan jika air mawar mampu menyehatkan pencernaan dan meredakan gangguan pencernaan. Air mawar juga bermanfaat untuk meningkatkan sekresi empedu, yang juga berguna dalam menyehatkan kondisi pencernaan.

6 dari 6 halaman

Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan

10. Memiliki sifat anti penuaan

Air mawar juga biasa ditemukan pada produk kecantikan yang mana tujuannya untuk mengurangi kerutan yang merupakan tanda penuaan. Sifat anti-aging yang terkandung dalam air mawar merupakan salah satu manfaat air mawar untuk kecantikan wajah yang umum digunakan.

11. Mempertahankan keseimbangan pH kulit

Manfaat air mawar mampu membantu menyeimbangkan atau menaikkan pH menjadi normal. Penggunaan sabun, pembersih wajah, dan produk kecantikan lainnya secara berlebihan dapat mengganggu keseimbangan pH pada kulit. Kulit bisa menurun menjadi 4,5 hingga 6,3 dan membuatnya menjadi asam. Untuk itu, kamu perlu sedikit menaikkan kadar pH pada kulit hingga 5,5 dengan menggunakan air mawar.

12. Menghidrasi kulit

Manfaat air mawar juga mampu menghidrasi kulit. Buat kamu yang memiliki kulit kering air mawar bisa digunakan sebagai toner. Air mawar akan bekerja untuk menyegarkan kulit dengan mengendapkan pori-pori dan menghidrasinya.