Sukses

5 Cara Membersihkan Alat Pembuat Kopi, Mudah Dilakukan

Cara membersihkan alat pembuat kopi yang salah bisa menyebabkan rasa kopi berubah.

Liputan6.com, Jakarta Meski terlihat gampang, namun cara membersihkan alat pembuat kopi tidak semudah membersihkan alat dapur lainnya. Kesalahan dalam cara membersihkan alat pembuat kopi justru berpotensi merubah rasa dari kopi yang disajikan. Maka dari itu ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Selain membuat rasa dari kopi yang disajikan bisa berubah, cara membersihkan alat pembuat kopi akan menimbulkan risiko alat pembuat kopi justru rusak lebih cepat. Hal ini hendaknya dihindari agar tidak perlu merogoh kocek terlalu sering untuk membeli alat pembuat kopi.

Biasanya ketika noda kopi sudah mulai terlihat, cara membersihkan alat pembuat kopi yang paling umum dilakukan adalah dengan menggosoknya menggunakan sabun atau bahan kimia lainnya. Padahal bahan kimia dan sabun tersebut bisa tertinggal di alat pembuat kopi dan membuat rasa dari kopi berubah.

Selain itu, ada juga yang tidak melakukan cara membersihkan alat pembuat kopi paling mudah namun penting, yaitu melakukan pengeringan dengan menggunakan kain bersih. Bahkan ada yang setelah mencuci alat pembuat kopi, begitu saja diletakkan di rak simpan dalam keadaan masih basah. Hal tersebut bisa membuat bau tidak sedap dan bakteri masih bersarang di dalamnya.

Nah, memangnya bagaimana cara membersihkan alat pembuat kopi yang benar? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber bagaimana cara membersihkan alat pembuat kopi yang pastinya mudah untuk dipraktikkan di rumah, Selasa (25/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Buang sisa kopi setelah alat digunakan

Cara membersihkan alat pembuat kopi yang pertama yaitu membuang sisa dari kopi yang masih menempel. Pada beberapa jenis alat kopi seperti french press, moka pot, vietnam drip, serta beberapa alat lainnya, umumnya akan tersisa ampas kopi pada alat tersebut. Supaya noda dari kopi tersebut tidak meninggalkan bekas, maka akan lebih baik untuk membuang langsung ampas kopi tersebut sesudah selesai minum kopi. Jika ampas kopi sudah dibuang, maka diamkan terlebih dahulu alat tersebut sebelum lanjut untuk dibersihkan dengan air.

3 dari 6 halaman

2. Hindari penggunaan pembersih dengan kandungan deterjen

Cara membersihkan alat pembuat kopi yang berikutnya ini sangat penting dipahami. Sebab masih banyak yang beranggapan apabila cara membersihkan alat pembuat kopi khususnya alat seduh manual, server, serta cangkir sama halnya ketika saja membersihkan piring, gelas, dan berbagai jenis alat makan lainnya. Padahal, adanya kandungan deterjen atau bahan kimia yang biasanya digunakan untuk mencuci alat dapur tersebut tidak boleh digunakan untuk alat pembuat kopi.

Hal ini karena kopi sangat sensitif terhadap rasa. Bahkan adanya penggunaan bahan mengandung deterjen masih berpotensi untuk mengendap pada alat kopi meskipun sudah dibilas bersih. Jika sudah begitu maka akan membuat rasa kopi justru berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Parahnya, cara membersihkan alat pembuat kopi dengan menggunakan deterjen atau bahan kimia lainnya bisa menyebabkan aroma sisa dari deterjen dan bahan kimia tersebut tercium di kopi seduhan yang Anda buat.

Lalu apa solusi paling baik? Sebenarnya, cara terbaik yang sangat mungkin untuk Anda lakukan ketika membersihkan alat pembuat kopi adalah menggunakan air biasa saja. Sedangkan untuk mengangkat sisa kopi yang masih sangat sulit dihilangkan, Anda bisa menggunakan bantuan dari bahan dapur seperti cuka atau baking soda. Selain itu, bisa juga menggunakan bantuan dari air perasan lemon atau jeruk nipis yang merupakan bahan alami dan tentunya jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan penggunaan deterjen dan bahan kimia lainnya.

4 dari 6 halaman

3. Jangan mencuci alat pembuat kopi saat panas

Kebiasaan melakukan berbagai kegiatan dengan terburu buru seringkali menyebabkan Anda melakukan pembersihan alat pembuat kopi langsung sesudah digunakan. Padahal alat pembuat kopi tersebut masih terasa hangat atau bahkan panas.

Hal tersebut sangat tidak direkomendasikan, sebab mencuci alat pembuat kopi yang terbuat dari porcelain, kaca, dan juga keramik dalam keadaan panas, bisa mengurangi umur dari alat pembuat kopi tersebut. Maka dari itu, ada baiknya untuk diamkan terlebih dahulu hingga alat pembuat kopi menjadi dingin sebelum dilakukan pencucian.

Cara membersihkan alat pembuat kopi ini juga untuk menghindari kerusakan pada bebrapa jenis kaca yang digunakan dalam alat kopi dengan kualitas rendah. Sebab, perubahan suhu yang terlalu cepat pada kaca yang digunakan bisa menyebabkan keretakan pada kaca yang digunakan.

5 dari 6 halaman

4. Jangan gunakan alat sikat yang kasar

Selanjutnya, penggunaan alat sikat yang kasar sangat dilarang dalam membersihkan alat pembuat kopi. Jenis sikat yang berasal dari bahan kawat besi atau plastik sangat berisiko menyebabkan alat pembuat kopi menjadi tergores dan berbekas. Maka dari itu, usahakan untuk membersihakn alat pembuat kopi menggunakan sponge atau benda lainnya yang memiliki tekstur halus.

6 dari 6 halaman

5. Jangan lupa keringkan dengan lap bersih

Cara membersihkan alat pembuat kopi yang terakhir dan sering dianggap tidak penting, yaitu memasatikan jika alat pembuat kopi sudah kering dengan baik. Hal ini penting dilakukan sebab beberapa bagian dari alat pembuat kopi ada yang terbuat dari kayu serta bahan lain dan biasanya rentang apabila terlalu lama terkena air. Selain itu, air juga bisa membuat bakteri menempel lebih lama karena alat menjadi lembap. Maka dari itu, segera keringkan alat pembuat kopi menggunakan lap lembut dan bersih lalu simpan di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik serta tidak lembap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.