Sukses

7 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube, Mudah

Liputan6.com, Jakarta Cara mendapatkan uang dari YouTube cukup banyak membuat penasaran banyak orang. Sebab saat ini menjadi YouTuber seakan sudah menjadi profesi yang menjanjikan. Benar saja, saat ini banyak sekali YouTuber yang bisa mendulang Rupiah hingga angka yang cukup fantastis melalui akun akun YouTube mereka.

Hal ini yang mungkin semakin membuat banyak kalangan menjadi penasaran, bagaimana sebenarnya cara mendapatkan uang dari YouTube. Pada dasarnya, cara mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan monetisasi. Maksudnya pemilik akun memberikan izin kepada pihak YouTube untuk memasang iklan pada video yang diunggah.

Akan tetapi, cara mendapatkan uang dari YouTube tersebut mungkin tidak bisa sepenuhnya menjadi sumber penghasilan utama. Ada beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube lainnya yang bisa dilakukan agar pundai-pundi Rupiah semakin banyak. Bahkan cara mendapatkan uang dari YouTube ini sudah cukup umum dilakukan dan juga direkomendasikan dari pihak Google selaku pemilik YouTube.

Nah, untuk membahas lebih lanjut bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube tersebut, di bawah ini Liputan6.com telah melansir dari berbagai sumber bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube yang efektif, Selasa (1/9/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

1. YouTube Partner Program

YouTube Partner Program atau yang biasa disingkat YPP akan memudahkan para kreator konten di YouTube untuk melakukan monetisasi konten YouTube mereka. Akan tetapi, sangat disayangan tidak semua channel dapat bergabung di dalam YPP.

Sebab untuk dapat bergabung dengan YPP, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Antara lain seperti konten yang harus ditonton selama 4.000 jam dalam 12 bulan terakhir. Syarat selanjutnya yaitu channel YouTube sudah mendapatkan sekitar 1.000 subscriber.

Lalu, pastikan juga jika akun Google AdSense yang dimiliki hanya satu. Akun Google AdSense tersebut jangan lupa untuk didaftarkan ketika akan bergabung dengan YPP.

3 dari 8 halaman

2. Dapat Uang dari Iklan

Apabila akun YouTube yang sudah terdaftar di YPP, maka pemilik akun bisa mendapatkan lebih banyak tool yang bermanfaat untuk digunakan. Selain itu, pemilik akun YouTube sudah bisa memasang iklan dan bisa mendapatkan uang dari YouTube.

Namun sekali lagi, YouTube memiliki kriteria khusus agar video yang diunggah bisa dipasang iklan. Salah satunya isi dari konten yang memang ramah pengiklan. Sebab, apabila isi dari konten YouTube yang diunggah ternyata mengandung topik yang kelewat sensitif, maka ada baiknya untuk mematikan sistem monetisasi pada video yang diunggah tersebut agar tidak mendapatkan cekalan dari pihak YPP.

4 dari 8 halaman

3. Kerjasama Endorse

Cara ini mungkin cukup sering dilakukan oleh para pemilik akun YouTube yang sudah mendapatkan penonton cukup banyak. Sebagai pemilik akun tersebut, maka coba untuk memanfaatkan popularitas yang dimiliki dengan melakukan kerjasama dengan brand ternama atau seseorang yang memiliki produk tertentu.

Melalui konten berupa video yang diunggah, maka pemilik akun bisa melakukan promosi secara tidak langsung, atau bahkan memang mereview produk-produk yang diajak kerja sama. Jika sudah dipercaya untuk melakukan kerjasama endorse, biasanya tarif yang ditawarkan bisa beragam, tergantung dari kesepakatan bersama.

5 dari 8 halaman

4. Langganan Channel

YouTube juga memiliki fitur berupa langganan untuk channel yang penonton minati. Para fans dari channel tersebut, bisa berlangganan dengan membayar biaya keanggotaan bulanan. Lalu keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pelanggang tersebut yaitu berupa konten khusus yang tidak dibagikan untuk umum.

YouTube sendiri memiliki syarat khusus perihal langganan channel ini. Agar dapat mengaktifkan fitur ini pemilik channel harus berusia 18 tahun dan telah memiliki lebih dari 30.000 subscriber.

6 dari 8 halaman

5. Penjualan Merchandise

Apabila channel YouTube yang dimiliki telah memiliki subscriber hingga ratusan ribu atau bahkan jutaan, maka bukan tidak mungkin para fans tersebut mengingkan merchandise resmi dari pemilik channel. Terutama jika pemilik channel YouTube merupakan sosok publik figure yang digilai oleh banyak kalangan.

Maka dari itu, pemilik channel bisa memanfaatkannya dengan menjual baik merchandise seperti kaos, jaket, aksesoris, hingga berbagai hal yang mungkin berpotensi untuk dibeli oleh para fans.

7 dari 8 halaman

6. YouTube Premium

Selanjutnya, cara mendapatkan uang dari YouTube lainnya dengan mendapatkan YouTube Premium Revenue. YouTube sendiri saat ini telah meluncurkan opsi untuk berlangganan yang disebut Premium.

Jadi, apabila seorang pengguna YouTube Premium menonton video yang ada diunggah, maka pemilik channel akan akan mendapatkan bagian dari biaya langganan YouTube Premium yang telah dibayarkan oleh pengguna tersebut, atau dengan kata lain semacam bagi hasil.

8 dari 8 halaman

7. Super Chat dan Super Stickers

Super Chat dan Super Stickers merupakan cara mendapatkan uang dari YouTube yang dilakukan dengan adanya interaksi. Interaksi yang dimaksud yaitu interaksi pemilik channel dengan subscriber dan penggemar melalui fitur live chat.

Cukup mudah bukan sebenarnya cara mendapatkan uang dari YouTube tersebut. Namun, yang paling penting dari segala hal di atas, adalah membuat konten yang bagus dan berkualitas. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.