Sukses

15 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan, Kontrol Gula Darah

Manfaat mentimun untuk kesehatan berasal dari kandungan air, vitamin, mineral, dan antioksidannya.

Liputan6.com, Jakarta Mentimun memiliki rasa yang manis, menyegarkan, dan nagih bagi sebagian orang. Tak heran jika banyak yang menjadikannya hidangan pencuci mulut alias lalapan. Menariknya lagi, ada segudang manfaat mentimun untuk kesehatan yang jarang diketahui.

Manfaat mentimun untuk kesehatan ini berasal dari kandungan air di dalamnya. Kemudian kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Hingga banyak yang mengandalkan mentimun sebagai pengontrol gula darah dan jaga sistem pencernaan.

Selain kesehatan organ dalam, manfaat mentimun untuk kesehatan juga cocok untuk kulit dan rambut. Manfaat ini berasal dari sifat mentimun yang mendinginkan hingga bisa atasi ruam. Begitu juga nutrisinya yang bisa bikin rambut lebih berkilau dan kuat.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat mentimun untuk kesehatan dari berbagai sumber, Rabu (2/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Berat Badan dan Kanker

Berat Badan

Manfaat mentimun untuk kesehatan bisa membantu menurunkan berat badan. Terutama air mentimunnya. Air mentimun atau air detox mentimun memiliki kandungan rendah kalori dan tinggi serat.

Mentimun juga sangat rendah lemak tetapi mengenyangkan. Jadi, memang tak salah jika menjadikan mentimun sebagai salah satu menu diet wajib. Tak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga mengontrol keseimbangan berat badan.

Kanker

Pertumbuhan sel kanker di tubuh bisa ditekan dengan konsumsi air mentimun. Manfaat mentimun untuk kesehatan ini berasal dari cucurbitacins dan sekelompok nutrisi yang disebut lignin. Kedua kandungan ini diketahui memainkan peran utama dalam mencegah kanker.

Sebuah fisetin flavonoid diet yang ditemukan dalam mentimun juga bisa membantu memperlambat perkembangan kanker prostat. Beberapa sel kanker yang bisa dilawan antara lain adalah kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahum dan kanker prostat. 

3 dari 7 halaman

Menghidrasi, Jantung, dan Kontrol Tekanan Darah

Menghidrasi

Mentimun terkenal kaya kandungan air. Tak heran jika manfaat mentimun untuk kesehatan bisa menghidrasi tubuh pengonsumsinya. Alih-alih bosan dengan air putih, cobalah konsumsi mentimun lebih rutin.

Mentimun akan memberikan rasa ekstra, mendorong untuk minum lebih banyak agar tubuh terhidrasi. Mengonsumsi air mentimun tidak hanya akan menambah rasa pada air, tapi juga melembabkan kulit dan tubuhmu.

Jantung

Mentimun mengandung kalium sekitar 152mg per cangkir, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian tentang asupan kalium menunjukkan bahwa asupan yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat stroke yang lebih rendah.

Manfaat mentimun untuk kesehatan ini dipercaya dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Ada kurang dari 2 persen orang dewasa Amerika Serikat yang direkomendasikan per harinya mengonsumsi 4.700 mg kalium.

Kontrol Tekanan Darah

Salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah terlalu banyak garam (natrium) dan terlalu sedikit kalium dalam makanan. Garam yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh menahan cairan, yang meningkatkan tekanan darah.

Kalium adalah elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium yang ditahan oleh ginjal. Untungnya lagi, manfaat mentimun untuk kesehatan ini bisa membantu mengontrolnya.

Mentimun adalah sumber potasium yang baik. Mengonsumsi air mentimun membantu tubuh mendapatkan lebih banyak potassium yang berpotensi membantu menurunkan tekanan darah.

4 dari 7 halaman

Tulang, Menetralisir Racun, dan Pencernaan

Tulang

Mentimun adalah sumber vitamin K yang baik. Faktanya, satu cangkir mentimun yang diiris memiliki sekitar 19% dari nilai harian yang direkomendasikan. Jadi, memang manfaat mentimun untuk kesehatan ini bisa diandalkan untuk tulang.

Vitamin K diperlukan untuk membantu membentuk protein yang dibutuhkan untuk membuat tulang dan jarring yang sehat, serta untuk membantu pembekuan darahmu dengan baik.

Menetralisir Racun

Tubuh yang dipenuhi dengan racun, bukanlah kabar baik. Untungnya manfaat mentimun untuk kesehatan bisa membantu menetralisirnya. Air mentimun yang dikonsumsi rutin pagi hari bisa bermanfaat untuk menetralisir racun dalam tubuh. Ini juga bisa bermanfaat melunturkan segala zat berbahaya penyebab batu ginjal.

Sistem Pencernaan

Mentimun tak hanya kaya air, tetapi juga kaya serat yang baik untuk sistem pencernaan. Manfaat mentimun untuk kesehatan pencernaan ini bisa atasi sembelit. Buat kamu yang ingin punya sistem pencernaan sehat, usahakan untuk konsumsi buah mentimun secara rutin setiap hari. Hal ini karena kandungan serat yang melimpah pada mentimun. Mentimun kaya akan nutrisi yang sehat buat sistem pencernaan terutama usus halus dan usus besar. 

5 dari 7 halaman

Mencerahkan dan Ruam Kulit

Mencerahkan Kulit

Manfaat mentimun untuk kesehatan kulit bisa meringankan kulit terbakar akibat sengatan matahari dan kulit yang berminyak. Mentimun dapat membantu beberapa masalah kulit tersebut dan menjadikannya lebih muda.

Untuk merasakan keuntungan mentimun tersebut, kamu bisa menggunakannya sebagai astringent dan toner alami. Keuntungan ini didapat karena mentimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sehingga mampu membuat kulit tetap utuh, lembap, hingga bercahaya.

Ruam Kulit

Manfaat mentimun untuk kesehatan kulit selanjutnya mampu meringankan kondisi ruam pada kulit. Mentimun dapat mengembalikan kondisi kulit kembali normal dan terbebas dari bekas luka. Hal ini disebabkan karena sifat mendinginkan dan menenangkan mentimun.

Untuk mendapatkan manfaat mentimun ini, kamu bisa mengoleskan masker mentimun dengan campuran lemon. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air dingin. Ulangi cara tersebut selama beberapa minggu dan kamu akan merasakan perbedaannya.

6 dari 7 halaman

Penuaan, Rambut Kuat, dan Berkilau

Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, tak dipungkiri kulit cenderung menjadi longgar dan menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Coba andalkan manfaat mentimun untuk kesehatan kulit untuk menghindari kondisi penuaan dini.

Mentimun dapat membantu mengatasi masalah tersebut dengan menjaga kulit agar tetap kencang. Manfaat mentimun untuk kecantikan ini didapat berkat adanya kandungan mangan dan kalium di dalamnya.

Gunakan mentimun sebagai masker wajah. Campurkan mentimun halus dengan putih telur dan lakukan proses masker seperti biasa.

Rambut Lebih Kuat

Memiliki rambut lebih kuat dan tak mudah rontok merupakan idaman pria dan wanita. Untuk merawat gunakan mendapatkannya, kamu bisa menutrisi rambut dengan menggunakan mentimun.

Manfaat mentimun untuk kesehatan rambut dapat membantu menguatkannya. Untuk mendapatkan manfaat mentimun untuk kecantikan ini, kamu bisa minum jus mentimun atau menambahkannya ke dalam air ketika mandi.

Rambut Bekilau

Selain rambut kuat, menjadikannya lebih berkilau juga perlu dilakukan untuk menambah keanggunan dan kemacoan. Untuk merasakan manfaat mentimun untuk kesehatan rambut ini, kamu bisa menjadikan mentimun sebagai masker rambut.

Gunakan mentimun, minyak zaitun, dan telur. Jadikan bahan-bahan tersebut sebagai campuran masker. Oleskan pada rambut dan diamkan selama 10 menit. Lalu, bersihkan masker tersebut. Cara ini dapat membantu kamu mendapatkan rambut berkilau.

7 dari 7 halaman

Otak dan Kontrol Gula Darah

Otak

Zat anti-inflamasi yang disebut fisetin terdapat dalam mentimun, serta strawberry dan anggur. Kini pun banyak yang merekomendasikan fisetin untuk jaga kesehatan otak. Manfaat mentimun untuk kesehatan otak ini dipengaruhi fisetin.

Fisetin memiliki kemampuan mengurangi dampak penyakit neurologis terkait usia fungsi otak. Begitu juga membantu mempertahankan fungsi kognitif pada orang dengan penyakit Alzheimer.

Gula Darah

Beberapa penelitian pada hewan percobaan menemukan bahwa manfaat mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes. Tak heran jika kadar gula darah juga bisa terkontrol dengan manfaat mentimun untuk kesehatan ini.

Salah satu penelitian pada hewan meneliti efek berbagai tanaman terhadap gula darah. Mentimun terbukti secara efektif mengurangi dan mengontrol kadar gula darah.

Penelitian pada hewan lain menginduksi diabetes pada tikus dan kemudian menambahkannya dengan ekstrak kulit mentimun. Kulit mentimun mengurangi sebagian besar perubahan terkait diabetes dan menyebabkan penurunan gula darah.

Namun, bukti saat ini terbatas pada penelitian hewan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana mentimun dapat mempengaruhi gula darah pada manusia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini