Sukses

7 Manfaat Belajar Kelompok dalam Meningkatkan Prestasi Siswa

Liputan6.com, Jakarta Manfaat belajar kelompok tentunya sangat banyak untuk kepentingan siswa. Kamu tentunya dapat menanyakan pelajaran yang tidak kamu mengerti kepada teman. Belajar kelompok adalah salah satu cara supaya kamu bisa saling berdiskusi dengan teman-temanmu. 

Belajar bersama teman-teman tentunya sangat seru dan menyenangkan. Apalagi, saat belajar kelompok kamu tidak melulu harus belajar, kamu tetap bisa bermain sambil belajar bersama-sama. Tentunya tujuan utamanya tetap harus belajar, bukan malah banyak mainnya.

Manfaat belajar kelompok sangat bagus untuk perkembangan siswa. Hal ini tidak terbatas hanya dalam nilai atau aspek akademik, namun juga dalam kehidupan atau bersosialisasi. Belajar kelompok dapat membangun sifat gotong royong atau kerja sama dalam menyelesaikan suatu masalah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (5/9/2020) tentang manfaat belajar kelompok.

2 dari 4 halaman

Manfaat Belajar Kelompok bagi Siswa

Meningkatkan Semangat Belajar 

Manfaat belajar kelompok yang pertama adalah meningkatkan semangat belajar siswa. Belajar kelompok dapat menjadi penyegaran bagi siswa, daripada melakukan cara belajar yang begitu-begitu saja. Belajar bersama teman-teman tentunya dapat membangkitkan semangat para siswa untuk memahami pelajaran yang diberikan.

Manfaat belajar kelompok ini tentunya bisa kamu dapatkan jika tetap serius dalam melaksanakannya. Jangan sampai saat belajar kelompok malah banyak bercanda dan bermain-main daripada belajar tentang pelajaran itu sendiri.

Melatih Kebiasaan Bertanya dan Berdiskusi

Manfaat belajar kelompok selanjutnya adalah untuk melatih kebiasaan bertanya dan berdiskusi antar siswa. Kadang, tidak semua siswa dapat menerima pelajaran dengan baik saat di dalam kelas. Ada kalanya seseorang tidak mengerti dengan pelajaran yang diterangkan oleh guru di depan kelas, namun sungkan untuk bertanya.

Belajar kelompok dapat menjadi wadah bagi siswa untuk menanyakan pelajaran yang belum ia mengerti saat di dalam kelas. Bertanya pada teman tentunya lebih mudah dan tidak perlu sungkan. Bahkan, kamu bisa saling berdiskusi dan saling berbagi ilmu sesuai dengan apa yang kamu mengerti. Manfaat belajar kelompok dapat membuat siswa lebih leluasa bertanya dan berdiskusi kepada teman sekelompok.

3 dari 4 halaman

Manfaat Belajar Kelompok bagi Siswa

Menumbuhkan Rasa Sosial Antar Sesama Siswa

Manfaat belajar kelompok tidak melulu soal pelajaran atau akademik. Hal ini juga dapat menumbuhkan rasa sosial antar sesama siswa, dengan begitu kamu akan lebih bisa bersosialisasi di lingkungan masyarakat.

Saling mendengarkan dan memahami merupakan kata kunci yang penting dalam belajar kelompok. Apalagi, setiap manusia pasti butuh orang lain untuk bercakap atau bertukar pikiran. Belajar kelompok mampu menjadi wadah bersosialisasi bagi siswa.

Saat belajar secara berkelompok, kamu dapat melatih diri untuk berbicara dan menyampaikan pendapat dengan baik di depan teman-teman. Kamu juga akan belajar mengenali sifat teman-teman sekelompok yang mungkin tidak sama dengan sifatmu. Kamu belajar untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar kelompok.

Hal ini tentunya tidak akan terjadi jika kamu belajar sendirian di rumah. Tidak aka nada tukar pikiran atau diskusi, dan tidak ada sosialisasi. Saat kamu tidak mengerti tentang suatu pelajaran, maka kamu akan pusing sendiri jika memutuskan belajar sendiri tanpa berkelompok dengan teman-teman lainnya, tidak tahu tempat bertanya.

Belajar Tanggung Jawab  

Melatih rasa bertanggung jawab juga menjadi salah satu manfaat belajar kelompok. Hal ini berkaitan dengan pembagian tugas yang biasanya dilakukan saat belajar kelompok. Walaupun belajar bersama-sama, tentunya kamu tidak boleh bermalas-malasan tanpa adanya kontribusi. Partisipasi kamu sangat dibutuhkan dalam mengerjakan tugas bersama. 

Pembagian tugas harus diselesaikan setiap orangnya, sehingga semuanya selesai dengan lancar. Jika kamu egois dan tidak peduli dengan tanggung jawab terhadap bagian tugasmu, maka manfaat belajar kelompok tidak akan bisa didapatkan. Tugas kelompok pun tidak akan selesai. Belajar kelompok tidak akan berguna bila kamu tidak mengerjakan bagian tanggung jawabmu, atau temanmu tidak mengerjakan tugasnya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Belajar Kelompok bagi Siswa

Tugas Terasa Lebih Ringan

Manfaat belajar kelompok selanjutnya adalah membuat tugas jadi terasa lebih ringan. Beratnya tugas yang diberikan guru ini bisa kita ringankan dengan cara belajar bersama. Apalagi dengan adanya teman yang selalu mendukung dan setia menemani tanpa memberi tekanan, kamu bisa menikmati proses belajarmu yang cukup sulit tersebut.

Mendapat Banyak Ilmu

Mendapat banyak ilmu merupakan salah satu manfaat belajar kelompok. Hal ini karena kamu berkumpul bersama banyak orang, maka ada banyak pula kepribadian yang pada dasarnya memiliki keunggulannya masing-masing.

Jadinya kamu bisa belajar kedisiplinan dari teman A karena dia selalu tepat waktu saat janjian bertemu. Kemudian belajar untuk tekun dari si B yang pantang menyerah mencari jawaban saat menemukan soal sulit.

Punya Pemikiran yang Kritis

Manfaat belajar kelompok selanjutnya adalah membuat kamu memiliki pemikiran kritis.  Keterampilan berpikir kritis sangat penting untuk dimiliki generasi masa kini dan masa depan. Dengan aktivitas belajar kelompok, kamu akan terlatih untuk menerima perspektif orang lain dan menanggapinya sesuai pemahamanmu sendiri.

Selain itu, karena kamu biasa bersama teman-teman saat belajar maka akan terbentuk kebiasaan berpikir secara fleksibel. Saling bertukar pendapat, beradu argumen dan diskusi ringan merupakan contoh dari bentuk latihan dari pemikiran yang kritis.