Sukses

8 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic, Ketahui Sebelum Membeli

Liputan6.com, Jakarta Semakin berkembangnya teknologi di bidang transportasi, membuat banyak perubahan di kehidupan manusia. Salah satu yang paling terasa adalah kemunculan transmisi otomatis yang disematkan pada kendaraan roda empat. Tentu dengan kehadiran transmisi tersebut memberi kemudahan dari segala sisi ketika berkendara. 

Di masyarakan, transmisi mobil otomatis lebih sering disebut sebagai mobil matic. Mobil matic biasa dijual dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis transmisi manual. Hal tersebut dipengaruhi penggunaan suku cadang yang lebih rumit, serta berbagai perangkat tambahan yang mendukung kinerja dari mobil matic.

Meski begitu, masih terdapat berbagai kelebihan dan kekurangan mobil matic yang perlu diperhatikan. Sebagai contoh, salah satu kelebihan mobil matic adalah cara pengoperasiannya yang mudah. Selain itu, mobil matic juga relatif lebih nyaman saat digunakan pada jalanan macet, sebab tidak membuat pegal kaki karena cara operasionalnya yang mudah.

Apabila Anda hendak membeli salah satu jenis mobil dengan transmisi matic, maka ada baiknya untuk memahami tiap kelebihan dan kekurangan mobil matic yang umum terdapat di jenis transmisi tersebut. Hal ini untuk mencegah adanya hal yang tidak diinginkan dan membuat Anda kecewa setelah membeli mobil dengan transmisi matic.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai kelebihan dan kekurangan mobil matic tersebut dari berbagai sumber. Selain itu, ada baiknya berbagai kelebihan dan kekurangan mobil matic dipahami dan diperhatikan dengan seksama sebelum membeli mobil baru, Minggu (6/9/2020).

2 dari 3 halaman

Kelebihan Mobil Matic

Jika dibandingkan dengan jenis manual, meman ada beberapa kelebihan dan kekurangan mobil matic yang cukup kentara. Dari sisi kelebihan, pada mobil jenis matic terdapat beberapa kelebihan yang tidak bisa didapatkan pada mobil jenis manual, beberapa di antaranya:

1. Penggunaan lebih mudah

Salah satu kelebihan dari mobil matic yaitu adanya dukungan komponen transmisi matic yang mampu memudahkan pengendara ketika akan mengemudikannya. Inilah alasan mobil matic menjadi populer dan saat ini banyak dipilih konsumen roda empat sebagai kendaraan sehari-hari.

2. Tidak membuat kaki pegal

Salah satu dampak dari penggunaan mobil matic yang mudah, yaitu dari segi kenyamanan yang juga meningkat. Tidak seperti penggunaan mobil manual yang perlu melakukan perpindahan gigi, di mobil matic pengendara cukup menggunakan satu kaki untuk gas dan rem.

3. Lebih aman untuk jalanan menanjak

Salah satu kelebihan dari mobil matic terlihat saat dihadapkan dengan jalanan menanjak. Sebab mobil matic tidak rawan mundur layaknya mobil manual. Bahkan saat kondisi jalan macet di tanjakan, maka mobil matic tidak membahayakan pengemudi.

4. Cocok menghadapi kemacetan

Biasanya para pengguna mobil manual akan kerepotan saat dihadapkan dengan jalanan macet. Hal ini karena kondisi jalan macet mengharuskan pengendara melakukan oper gigi lebih rutin. Inilah mengapa kaki justru mudah pegal dan tidak nyaman.

3 dari 3 halaman

Kekurangan Mobil Matic

Selain dari segi kelebihan, mobil matic juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipahami jika ingin membeli mobil ini. Bahkan satu di antara kekurangan mobil matic ini cukup membuat calon konsumen berpikir dua kai sebelum akhirnya memilih mobil matic. Berikut ini beberapa kelemahan mobil matic yang penting diketahui:

1. Boros bahan bakar

Mungkin kelemahan mobil matic ini sangat penting diperhatikan. Sebab jika Anda mengingkan mobil yang murah dan hemat, maka mobil matic mungkin bukan jawaban yang tepat. Hal ini dikarenakan oleh putaran mesin yang lebih sering dan tidak bisa di atur ketika berkendara.

Hal tersebut juga dipengaruhi oleh spesifikasi transmisi yang dimiliki mobil matic. Dengan adanya Torque Conventer pada mobil matic, menjadi penyebab tingginya tingkat RPM mobil matic dibandingkan dengan mobil manual. Itulah mengapa bahan bakar yang dibutuhkan menjadi lebih banyak.

2. Biaya perawatan mahal

Lalu, kelemahan mobil matic yang juga penting untuk dipertimbangkan adalah dari segi biaya perawatan. Salah satu penyebabnya karena pemilik mobil matic harus mengganti oli sesuai jadwal yang ditentukan dan dengan intensitas yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan putaran mesin mobil matic lebih sering, sehingga daya tahan oli tidak bertahan lama.

Selain dari sisi perawatan yang cukup mahal, harga suku cadang dari mobil matic umumnya lebih mahal apabila mengalami kerusakan dan harus diganti. Dari sisi teknisi juga tidak semua teknisi mampu memperbaiki kerusakan pada mobil matic.

3. Tidak bisa melakukan engine brake

Selain itu, kelemahan mobil matic selanjutnya berkaitan dengan sistem pengereman. Pada mobil matic, pengendara tidak bisa melakukan engine brake disebabkan tidak memiliki gigi persneling. Itulah mengapa ketika melewati jalan menurun, maka hanya bisa mengoperasikan rem saja.

4. Harga beli mahal tapi harga jual rendah

Tingginya harga beli dari mobil matic tidak lepas dari kenyamanan yang ditawarkan kepada konsumen. Beda halnya dengan harga jual yang rendah, karena biaya servis mahal dan banyak yang menganggap bahwa mobil matic bekas banyak yang sudah mengalami beberapa masalah.

Maka dari itu, penting tentunya untuk memahami apa saja kelebihan dan kekurangan mobil matic. Sebab, kelebihan dan kekurangan mobil matic mungkin tidak banyak diketahui calon konsumen mobil matic, dan akhirnya menyesal sehingga memutuskan untuk mencari mobil lainnya.