Sukses

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Melepuh, Pakai Bahan Alami

Kembalikan kecantikan kulit dengan cara menghilangkan bekas luka melepuh.

Liputan6.com, Jakarta Luka melepuh sebenarnya timbul sebagai bentuk perlindungan alami tubuh pada kulit yang rusak. Lepuhan ini berisi cairan yang pada akhirnya akan diserap kembali ketika kulit baru tumbuh. Maka dari itu, membiarkan luka melepuh sembuh sendiri lebih dianjurkan. Meski bisa sembuh sendiri, bekas luka melepuh tak bisa hilang begitu saja. Masih diperlukan cara menghilangkan bekas luka melepuh untuk mengatasi.

Bekas luka melepuh biasanya akan menjadi seperti tompel, berwarna hitam dan besarnya sesuai lepuhan. Bekas luka ini sudah pasti mengganggu penampilan. Apalagi jika bekas luka melepuh ini berada di area wajah dan area yang tak bisa tertutup kain. Untuk itu, penting mengetahui cara menghilangkan bekas luka melepuh. Tujuannya agar pigmentasi bekas lepuhan yang menghitam kembali normal.

Tak perlu khawatir dengan iritasi yang akan terjadi. Cara menghilangkan bekas luka melepuh ini gunakan bahan alami. Tentu saja tanpa campuran bahan kimia sama sekali. Seperti madu, lidah buaya, kentang, kunyit, susu, dan masih banyak lagi. Bahan-bahan ini bisa diandalkan untuk menghilangkan bekas luka melepuh karena sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antiseptik yang dimilikinya.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan bekas luka melepuh dari berbagai sumber, Senin (14/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Madu dan Lidah Buaya

Madu

Madu merupakan bahan makanan yang dihasilkan oleh lebah. Madu murni ini dipercaya kaya khasiat untuk kesehatan kulit. Salah satunya bisa diandalkan sebagai cara menghilangkan bekas luka melepuh.

Madu dapat membantu dalam mengobati infeksi yang disebabkan oleh luka bakar, bahkan membantu memudarkan bekas luka bakar hingga delapan puluh persen karena madu mempunyai sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Caranya, cukup dengan mencampurkan madu dengan sedikit kunyit yang telah dihaluskan. Setelahnya oleskan pada bekas luka bakar atau melepuh. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal sebagai tanaman yang mempunyai sifat anti-inflamasi.  Lidah buaya juga memiliki sifat mendinginkan bekas luka. Sehingga lidah buaya cocok untuk meringankan dan menenangkan kulit.

Utamanya untuk bekas luka yang terkena iritasi akibat luka bakar atau melepuh. Hanya perlu memanfaatkan lendir lidah buayanya saja.

Cara menghilangkan bekas luka melepuh ini di mulai dari mengupas kulit lidah buaya. Kemudian oleskan secara langsung pada bagian kulit yang terluka.

3 dari 6 halaman

Kentang dan Tomat

Kentang

Kentang memang banyak dikenal sebagai bahan alami yang mampu memudarkan bekas luka melepuh. Kentang juga mampu mengeluarkan panas dari dalam tubuh sehingga pas dan sangat baik digunakan untuk mengatasi luka bakar.

Cara menghilangkan bekas luka melepuh ini dengan merebus 1 buah kentang, kupas kulitnya hingga bersih. Kemudian potong menjadi dua bagian, lalu gosokkan kentang pada bagian luka atau bekas luka. Lalu berikan pijatan lembut selama 5-10 menit lalu bersihkan dengan air.

Tomat

Tomat yang memiliki rasa asam, memiliki khasiat untuk menyejukkan kulit. Tomat banyak mengandung vitamin A, C, E dan K yang sangat berguna untuk proses penyembuhan luka. Selain itu, tomat dapat membantu mencerahkan warna kulit di area yang mengalami luka bakar atau melepuh.

Cara menghilangkan bekas luka melepuh dengan mencampur 1 sdm tomat, 1 sdm yoghurt, dan 1 sdm putih telur. Aduk semua bahan sampai menjadi pasta halus.

Oleskan pada area bekas luka bakar, kemudian pijat dengan lembut menggunakan jari-jari. Biarkan selama 15 menit. Setelah itu cuci dengan air dingin. Ulangi perawatan ini dua kali sehari untuk hasil yang signifikan.

4 dari 6 halaman

Yoghurt dan Minyak Wijen

Yoghurt

Yoghurt adalah hasil fermentasi susu murni. Jika tak mendapat susu murni, yoghurt bisa dijadikan gantinya. Yoghurt ini bisa diandalkan sebagai cara menghilangkan bekas luka melepuh.

Manfaat yoghurt akan lebih maksimal apabila dicampurkan dengan tomat dan putih telur. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan tomat yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok makan putih telur dan yoghurt ke dalam mangkuk.

Minyak Wijen

Minyak wijen bisa dipakai sebagai cara menghilangkan bekas luka melepuh. Hal ini dipengaruhi oleh sifatnya yang dapat melembapkan kulit. Termasuk dapat menyerap rasa panas pada kulit akibat luka bakar.

Bukan hanya itu, minyak wijen juga dapat mencegah timbulnya bekas noda kehitaman setelah luka bakar atau lepuhan sembuh. Caranya tetes dan oleskan minyak wijen langsung pada bagian luka.

5 dari 6 halaman

Minyak Lavender dan Kunyit

Minyak Lavender

Minyak esensial seperti minyak lavender pun bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas luka melepuh. Manfaat ini berasal dari sifat antiseptik yang dimilikinya.

Minyak lavender dapat mengurangi rasa sakit pada luka bakar. Begitu juga dapat meminimalisir jaringan parut yang terbentuk pada kulit. Terutama bagi kulit yang melepuh.

Caranya, campurkan minyak lavender dengan minyak lain seperti minyak zaitun atau baby oil. Kemudian oleskan campuran minyak tersebut pada bekas luka bakar.

Kunyit

Kunyit dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang efektif untuk membantu mengobati bekas luka melepuh. Cara menghilangkan bekas luka melepuh bisa dengan memadukan bubuk kunyit dengan madu. Kemudian dioleskan pada bekas luka bakar.

Bisa juga menggunakan campuran susu yang memiliki sifat menenangkan kulit. Terutama yang teriritasi dan ampuh hilangkan bekasnya. Campur 2 sdm susu murni dan 1 sendok the perasan kunyit, aduk hingga rata.

Ambil kapas atau korek kuping, kemudian celupkan ke dalam campuran kunyit dan susu. Oleskan pada bagian yang mengalami luka bakar. Pijat dengan lembut selama beberapa menit dan biarkan selama 5 menit lagi. Cuci bersih dengan air atau bersihkan dengan handuk basah. Ulangi perawatan ini dua kali sehari untuk hasil yang diinginkan.

6 dari 6 halaman

Susu dan Bawang Merah

Susu

Susu murni juga bisa dipakai sebagai cara menghilangkan bekas luka melepuh. Hal ini dipengaruhi oleh sifat alaminya yang menenangkan kulit. Sifat ini bisa sekaligus menenangkan kulit dan menghilangkan bekas luka melepuh.

Caranya, kamu dapat menyampurkan 2 sendok makan susu murni. Kemudian  tambahkan 1 sendok teh air perasan kunyit. Oleskan pada bagian yang mengalami luka bakar. Pijat dengan lembut selama beberapa menit dan biarkan selama 5 menit.

Bawang Merah

Bawang merah dikenal memiliki kandungan sulfur dan quercetin. Keduanya dipercaya dapat membantu menghilangkan bekas luka bakar atau melepuh. Caranya, kupas bawang merah yang di haluskan kemudian campur dengan 1 sdt minyak lavender.

Campuran ini memadukan kandungan sulfur, quercetin, dan sifat antiseptik. Ketiga kandungan ini berasal dari perpaduan bawang merah dan minyak lavender. Tak heran jika cara menghilangkan bekas luka melepuh ini cukup ampuh dan patut diandalkan.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini