Sukses

12 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta Kerontokan pada rambut serinkali terjadi, terutama ketika sedang menyisir rambut maupun mencuci rambut. Itulah mengapa, penting rasanya untuk memahami bagaimana cara mengatasi rambut rontok berlebihan agar tidak berlanjut pada masalah kebotakan.

Kerontokan rambut biasanya akan terjadi ketika tubuh sedang mengalami stres. Namun, rambut rontok bisa juga terjadi apabila kondisi kesehatan sedang bermasalah. Salah satunya gangguan tiroid, hormon, hamil, dan adanya penggunaan pil KB.

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami. Beberapa jenis bahan alami tersebut seperti lidah buaya, jeruk nipis, alpukat, minyak esensial, dan bumbu dapur. Penggunaan bahan alamii tersebut akan melancarkan aliran darah pada kulit kepala, serta memicu pertumbuhan rambut agar lebih maksimal.

Berikut ini, Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami yang tentunya efektif dan mudah dipraktikkan, Jumat (18/9/2020).

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan yang Pertama

1. Lidah Buaya

Penggunaan lidah buaya tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok berlebihan yang efektif. penggunaan lidah buaya akan menyeimbangkan tingkat pH rambut dan kulit kepala.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan meremas pulpa dari daun lidah buaya atau tangkai dan pijat perlahan kulit kepala selama 15 sampai 20 menit. Kemudian bilas rambut dengan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini dua kali seminggu.

 

2. Minyak Kemiri

Selain lidah buaya, penggunaan minyak kemiri juga mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Minyak kemiri akan membuat akar rambut menjadi lebih kuat. Selain itu, minyak kemiri bisa merangsang rambut untuk tumbuh.

Penggunaan minyak kemiri ini cukup mudah. Cukup oles rata minyak kemiri, kemudian diamkan selama 30 menit sebelum akhirnya dibilas bersih dengan sampo.

 

3. Neem

Neem atau dikenal juga dengan nimba, memiliki sifat anti bakteri yang menakjubkan. Neem bisa membantu untuk mengurangi kerontokan rambut dengan meningkatkan aliran darah ke kulit. Neem juga bisa membantu membunuh bakteri serta kutu yang ada di rambut.

Cara penggunaannya dengan merebus beberapa daun neem dalam air. Lalu gunakan sarinya untuk mencuci rambut. Gunakan neem seminggu sekali untuk mengatasi kerontokan rambut dan juga membantu menghilangkan ketombe. Neem juga akan membantu agar pori-pori terbuka dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Selanjutnya

4. Kentang

Kentang berguna untuk mengatasi kekurangan kalium penyebab kerontokan rambut. Cara menggunakannya mudah, yaitu dengan mengupas kentang, haluskan, lalu peras airnya. Kemudian tambahkan satu sendok makan madu ke dalam jus kentang dan oleskan ke rambut hingga rata. Diamkan 15 menit sebelum dibilas dengan sampo. Lakukan seminggu sekali agar semakin terlihat hasilnya.

 

5. Bawang

Bawang memiliki sulfur cukup tinggi. Sulfur tersebut cocok dijadikan cara mengatasi rambut rontok berlebihan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampur air perasan bawang dan satu sendok makan madu ke seluruh kulit. Kemudian diamkan dua jam sebelum dibilas. Gunakan cara ini secara ruitn agar rambut lebih kuat dan tidak rontok.

 

6. Teh Hijau

Teh hijau juga ampuh mengatasi kerontokan. Cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan teh hijau yaitu dengan merebus tiga kantong teh hijau lalu gunakan untuk membilas rambut. Cara ini akan membantu mengurangi kerontokan rambut. Praktikkan dua kali seminggu untuk hasil yang optimal.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami Lainnya

7. Alpukat

Selain nikmat untuk dikonsumsi, alpukat juga bisa mengatasi kerontokan rambut. Kandungan protein pada alpukat sangat efektif menguatkan rambut. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral lain dalam alpukat juga mampu menutrisi rambut.

Cara penggunannya sangat mudah, yaitu cukup dengan menghaluskan buah alpukat dan balurkan ke seluruh area rambut dan kulit kepala. Diamkan 20 menit kemudian bilas dengan sampo agar bersih.

 

8. Minyak Rosemary

Minyak ini ampuh meningkatkan metabolisme sel dan menstimulasi pertumbuhan pada rambut. Hal tersebut akan sangat berguna untuk membuat rambut menjadi lebih tebal. Cara aplikasinya yang pertama dengan menguji reaksi alergi minyak tersebut terlebih dahulu. Coba tes alergi dengan meneteskan sedikit minyak di lengan ataupun belakang telinga.

Apabila dalam 23 jam kulit tidak menunjukkan reaksi alergi seperti kemerahan dan gatal-gatal, maka lanjutkan dengan menggunakannya di kulit kepala.

 

9. Jambu Biji

Jambu biji mengandung vitamin B3, B5 dan B6. Berbagai kandunan tersebut mampu memperbaiki rambut rusak, membersihkan kulit kepala, dan mengurangi rambut rontok. Maka dari itu tidak heran jika menggunakan jambu biji adalah salah satu cara yang efektif.

Untuk menggunakan jambu biji dalam mengatasi kerontokan rambut, yaitu dengan hancurkan buah jambu biji menjadi bubur lembut dan tambahkan satu putih telur. Aduk rata dan aplikasikan ke rambut serta kulit kepala. Diamkan 40 menit kemudian pijat kulit kepala perlahan dan bilas bersih dengan sampo.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan yang Terakhir

10. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik bagi tubuh. Selain ampuh mengatasi ketombe, penggunaan jeruk nipis juga berguna untuk mengatasi rambut rontok yang berlebihan. Maka dari itu tidak ada salahnya mencoba menggunakan jeruk nipis agar rambut tetap sehat.

Cara aplikasinya dengan iris buah jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Usapkan ke kulit kepala hingga merata. Diamkan 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

 

11. Daun Ketumbar

Ketumbar merupakan salah satu bumbu dapur yang ternyata efektif mencegah kerontokan rambut. Caranya dengan membuat pasta kental dengan menggiling daun ketumbar segar, lalu saring dan simpan jusnya. Setelah itu, oles jus ke rambut dan kulit kepala, diamkan selama satu jam dan gunakan sampo untuk mencucinya.

 

12. Yogurt

Salah satu olahan susu ini bisa juga menjadi salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Cara menggunakannya sanga, yaitu dengan mengolesnya ke kulit kepala dan biarkan 10-15 menit. Gunakan 2-3 kali seminggu agar hasilnya semakin maksimal.