Sukses

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Berbagai Perangkat, Anti Lemot

Liputan6.com, Jakarta Saat ini internet sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup manusia. Semamkin majunya zaman, internet dengan mudah bisa diakses oleh semua manusia di seluruh dunia.

Dengan menggunakan internet, tidak ada lagi pemisah jarak dan waktu yang menghambat tersampaikannya sebuah informasi baru. Bahkan, apa yang sedang terjadi di negara lain dapat dengan mudah diketahui hingga Indonesia, begitupun sebaliknya.

Sayang, dengan kebutuhan internet yang tinggi, sinyal internet terkadang justru tidak bisa diandalkan. Bayangkan saja ketika sedang streaming YouTube tiba-tiba mengalami buffer. Tentu hal tersebut membuat pengalaman menonton menjadi tidak menyenangkan. Itulah mengapa penting untuk mengetahui bagaimana cara mempercepat koneksi internet tersebut.

Bisa saja masalah koneksi tersebut karena jaringan yang lagi eror atau bisa dikarenakan kesalahan dalam pengaturan PC atau laptop. Namun sebenarnya cara mempercepat koneksi internet bisa dilakukan dengan mudah. Tidak perlu repot-repot memanggil teknisi khusus agar koneksi internet tidak lemot.

Agar lebih jelas bagaimana cara mempercepat koneksi internet baik di PC atau smarthone Anda, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai hal tersebut, Rabu (23/9/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Paling Dasar

1. Periksa kecepatan internet

Cara mempercepat koneksi internet yang pertama dengan mengetahui kondisi dari kecepatan internet Anda terlebih dahulu. Sebab, dengan mengetahui kecepatan internet tersebut, Anda bisa mengetahui apakah kecepatan yang tertera pada data termasuk optimal untuk paket internet langganan dari ISP (Internet Service Provider) Anda atau tidak.

 

2. Matikan program yang tidak dibutuhkan

Pada sistem operasi Windows biasanya ada beberapa program yang berjalan di latar belakang. Program tersebut bisa saja tetap beroperasi meski tidak Anda buka sebelumnya. Berbagai program yang beroperasi tersebut masih bisa terhubung ke internet dan akan mengurangi kecepatan internet Anda.

Cara untuk mematikan program yang berjalan di latar belakang tersebut, yaitu dengan Task Manager atau bisa gunakan shortcut CTRL + Shift + Esc. Kemudian buka tab Startup dan pilih program yang Anda ingin matikan (klik > disable).

 

3. Bersihkan berkas sampah

Kemudian cara mempercepat koneksi internet yang juga efektif yatu dengan menghapus “Berkas sampah” atau biasa disebut junk dan cache. Keberadaan berkas tersebut dapat membuat penuh ruang memori internal perangkat yang digunakan. Selain itu, membersihkan berkas junk tersebut bisa meningkatkan responsivitas browser saat melakukan akses internet.

3 dari 4 halaman

Cara Mempercepat Koneksi Internet Selanjutnya

4. Blokir iklan

Mungkin cara mempercepat koneksi internet bisa dibilang berlaku ke semua perangkat, baik itu Windows, MacOS, bahkan Android sekalipun. Pada perangkat Windows atau MacOS, Anda dapat menggunakan ekstensi browser pada Google Chrome seperti uBlock Origin yang berfungsi memblokir iklan. Sedangkan pada perangkat Android Anda bisa menggunakan aplikasi seperti AdGuard.

Memanfaatkan pemblokir iklan sangat ampuh untuk menaikkan kecepatan internet. Hal ini karena browser yang digunakan akan mendeteksi IP address penyedia iklan, kemudian langsung memuat laman situs web yang ingin Anda tuju. Selain itu, cara ini juga berguna untuk menurunkan konsumsi kuota internet.

 

5. Cek perangkat yang tersambung

Hal ini penting dilakukan terutama bagi Anda yang menggunakan Wi-Fi di rumah. Sebab jika tidak diawasi, bisa saja orang asing “mencuri” koneksi Wi-Fi tersebut. Apabila sudah terlalu banyak yang menyambung, maka bukan tidak mungkin koneksi Anda akan menjadi lemot.

Untuk mengetahui jumlah perangkat yang tersambung ke jaringan internet Anda, dengan menggunakan software tambahan atau membuka IP address yang digunakan router Anda di browser. Kemudian login dengan detail akun yang diberikan oleh pihak ISP.

Atau Anda bisa juga menggunakan beberapa aplikasi gratis yang tersedia secara online untuk mengecek jumlah perangkat yang terhubung.

 

6. Restart router

Router internet butuh di-restart agar sistem yang terdapat di dalamnya bisa kembali “bersih” dari berbagai kode pemrosesan hasil koneksi yang terhubung ke puluhan hingga ratusan situs web. Cara untuk restart router tersebut sangat mudah, yaitu dengan menekan tombol power dua kali pada router.

4 dari 4 halaman

Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Terakhir

7. Periksa kabel ethernet

Apabil menggunakan sambungan ethernet konvensional atau biasa disebut kabel LAN, baik ke laptop atau komputer, maka ketika sinyal lemot bisa jadi karena kabel ethernet mengalami gangguan atau mungkin saja rusak.

 

8. Aktifkan data saver

Cara mempercepat koneksi internet selanjutnya dengan mengaktifkan fitur data saver. Biasanya fitur ini ada di browser Google Chrome. Fitur ini pada esensinya berfungsi menghemat kuota data internet. Tapi, fitur ini juga bisa meningkatkan kecepatan internet di smartphone. Data saver dapat mengurangi muatan sebuah situs agar ukurannya lebih kecil.

 

9. Cek letak router

Cara mempercepat koneksi internet yang terakhir dengan memperhatikan letak dari router yang digunakan. Sebab, letak router memengaruhi kecepatan koneksi. Apabila meletakkan router di belakang barang yang berserakan maka berpotensi memperburuk sinyal Wi-Fi.

Hal tersebut juga berlaku jika diletakkan di ruangan yang tertutup beton, cor, atau metal. Sebab, material kuat tersebut dapat menghalau gelombang Wi-Fi. Selain itu, semakin jauh Anda dari sumber Wi-Fi, akan membuat sinyal semakin lemah.