Sukses

15 Usaha Kuliner Unik dan Praktis yang Menjanjikan, Modal Kecil

Liputan6.com, Jakarta Usaha kuliner unik akan selalu berkembang seiring waktu. Saat ini mungkin sudah hampir ribuan jenis usaha kuliner unik yang sudah banyak dibuat dan bisa ditemukan di sekitar. Beragamnya usaha kuliner unik ini sebenarnya tidak lepas dari rasa ingin tahu manusia terhadap hal baru.

Mencari sesuatu yang baru seakan menjadi candu, inilah yang mungkin menjadi dasar mengapa usaha kuliner unik selalu laku keras di pasaran. Meskipun usaha kuliner unik bisa langsung booming, namun bukan berarti usaha kuliner unik ini dapat selalu bertahan hingga tahunan.

Bahkan tidak jarang, ada usaha kuliner unik yang hanya bertahan selama beberapa bulan saja setelah kemunculan pertamanya di publik. Banyak faktor yang mungkin bisa membuat usaha kuliner unik tersebut tidak berhasil atau kurang diterima di pasaran. Salah satunya karena rasa dan kualitas produk yang dijual kurang baik.

Nah, sebagai inspirasi jika ingin membuat usaha kuliner unik, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, aneka usaha kuliner unik yang sangat mungkin untuk dijalankan, Kamis (24/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Usaha Kuliner Unik yang Lezat

1. Katering makanan sehat

Salah satu usaha kuliner unik yang sedang cukup booming yaitu catering makanan sehat. Tampaknya dewasa ini tidak sedikit kaum milenial yang mulai melek dengan kesehatan. Salah satu jenis menu di dalamnya bisa seperti nasi campur bali namun menggunakan nasi merah, atau spaghetti gandum dengan saus Bolognese rendah kalori.

 

2. Martabak topping samyang

Umumnya martabak hanya memiliki isi berupa daging dengan campuran sayuran. Tapi Anda bisa mencoba mengkreasikan martabak dengan topping seperti samyang. Tentu Anda bisa membayangkan rasa martabak telur gurih yang bercampur dengan rasa samyang pedas khas Korea, sangat menggugah selera.

 

3. Puding regal

Rasa biskuit regal yang gurih sangat cocok jika dipadukan dengan puding, yang pada bagian atasnya di siram dengan saus fla yang creamy dan menggoyang lidah. Anda juga bisa menjualnya dengan berbagai varian rasa puding, seperti tiramisu, cokelat, taro, hingga green tea.

3 dari 6 halaman

Usaha Kuliner Unik dan Kreatif

4. Pancake boba

Selain digunakan dalam minuman, ternyata boba juga sangat nikmat dipadukan dengan pancake dengan. Tekstur pancake yang lembut dan rasanya yang gurih, kemudian di siram dengan topping boba yang manis akan sangat disukai anak kecil hingga orangtua.

 

5. Es krim cheetos

Ternyata, es kirm vanilla yang diberi taburan Cheetos bisa memberi rasa unik dan bikin ketagihan. Selain mudah dalam membuatnya, bahan baku yang digunakan juga relatif tahan lebih lama dibanding jenis makanan lainnya.

 

6. Tahu kribo

Dari segi nama sudah sangat menjual bukan? Selain unik, rasa dari tahu kribo juga sangat menggugah selera dan membuat ketagihan. Yang membuat tahu kribo berbeda dengan jajanan tahu lainnya ada pada proses pembuatannya.

Sebelum memasak tahu kribo, tahu yang menjadi bahan baku akan dihancurkan terlebih dahulu. kemudian tahu dicampur dengan tepung beras, tepung kanji, serta bahan-bahan lain yang dibutuhkan. Lalu pada tahap akhir tahu akan digoreng hingga krispi.

4 dari 6 halaman

Usaha Kuliner Unik yang Menggugah Selera

7. Asinan rambutan

Ternyata, buah rambutan juga tidak kalah nikmat dikonsumsi menjadi bentuk asinan. Cara membuatnya juga bisa dibilang mudah. Selain itu, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.  Sayangnya, karena rambutan merupakan buah musiman, Anda perlu memikirkan cara mencari buah rambutan yang digunakan sebagai stok.

 

8. Sate telur mi

Tidak perlu diragukan lagi, rasa dari usaha kuliner unik ini sudah pasti nikmat dan banyak digemari berbagai kalangan. Bahan baku sudah jelas mudah dan murah ditemukan.

 

9. Semangka goreng

Percaya atau tidak, ternyata semangka bisa digoreng, lho. Sebenarnya, proses pembuatan semangka goreng hampir mirip dengan proses pembuatan pisang goreng. Selain itu, biaya yang digunakan sebagai modal terbilang cukup kecil dan cocok untuk Anda yang baru mencoba bisnis kuliner.

5 dari 6 halaman

Usaha Kuliner Unik yang Patut Diperhitungkan

10. Es krim goreng

Selain semangka yang digoreng, es krim juga bisa digoreng. Namun untuk bisa membuat es krim goreng perlu belajar resep dan cara membuatnya. Sebab cara membuatnya dibutuhkan kemampuan khusus yang membuat es krim tidak lumar keluar dari adonan kulitnya.

 

11. Burger ramen

Sebenarnya, bentuk dari burger ramen sama dengan burger mi yang sedang booming di pasaran. Yang memberdakan ada pada jenis mi. Sebab pada burger ramen menggunakan jenis mi ramen ala jepang yang memiliki rasa khas.

 

12. Salted egg chicken

Sebenarnya jenis usaha kuliner unik ini sudah cukup lama beredar di pasaran. Namun bukan berarti jenis kuliner ini ketinggalan zaman. Bahkan masih banyak penggemar kuliner dengan bahan baku telur asin ini. Sebab, kuliner ini memiliki rasa yang gurih dan membuat ketagihan.

6 dari 6 halaman

Usaha Kuliner Unik yang Terakhir

13. Tahu walik

Kuliner ini merupakan makanan khas Banyuwangi. Tahu walik dikenal dengan rasanya yang gurih serta terdapat isian berupa tepung kanji yang menambah rasa kenyal dan nikmat dari makanan ini. Harga jualnya yang murah membuat tahu walik menjadi camilan kegemaran banyak kalangan.

 

14. Bakso konro

Kuliner bakso selalu menjadi menu yang memiliki banyak penikmat. Bahkan bakso merupakan jenis makanan yang paling banayak digemari di Indonesia. Dengan memadukan bakso bersama makanan konro khas Makassar tentu bisa memberi cita rasa yang sangat unik.

 

15. Nasi goreng merah

Sebenarnya kuliner ini hampir sama dengan nasi goreng pada umumnya. Namun yang membedakan usaha kuliner unik ini ada pada bagian bahan baku berupa nasi yang digunakan. Jenis nasi yang digunakan merupakan nasi merah. Sehingga selain nikmat, nasi goreng merah bisa menjadi pilihan tepat bagi para penderita diabetes dan yang sedang diet. Tentunya usahakan jangan menggunakan margarin atau minyak goreng biasa. Anda bisa menggunakan minyak canola sebagai penggantinya, meski pada akhirnya harga jual dari nasi goreng ini akan sedikit mahal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini