Sukses

8 Cara Mengobati Mata Ikan, Perhatikan Penyebabnya

Cara mengobati mata ikan bisa menggunakan bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Apabila muncul mata ikan pada kaki, maka ada baiknya segera diobati. Sebab jika terlanjur parah, cara mengobati mata ikan harus melalui jalan operasi. Tentu biaya yang dibutuhkan untuk operasi juga tidak murah.

Selain sering muncul di kaki, mata ikan juga biasanya bisa muncul di jari. Selain dapat mengganggu aktivitas, juga berpotensi membuat area yang terkena mata ikan jadi tidak enak dipandang. Maka dari itu, penting untuk memahami bagaimana cara mengobati mata ikan.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, berbagai cara mengobati mata ikan baik dengan bahan alami maupun dengan obat khusus. Simak penjelasannya berikut ini, Selasa (29/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mengobati Mata Ikan yang Paling Mudah

1. Rendam dengan air hangat

Cara mengobati mata ikan yang pertama dengan merendam kaki dalam air hangat selama 20-30 menit. Setelah direndam, keringkan kaki dengan handuk bersih dan lembut. Ketika proses pengeringan, coba perhatikan apakah ada sel kulit mati yang terangkat.

2. Lemon

Air lemon atau minyak lemon bisa menjadi obat mata ikan. Caranya dengan mengolesnya tiga kali dalam sehari. Selama dilakukan dengan rutin, maka akan membantu melembutkan mata ikan agar mudah untuk digosok.

3 dari 6 halaman

Cara Mengobati Mata Ikan Selanjutnya

3. Bawang putih

Penggunaan bawang putih merupakan salah satu cara mengobati mata ikan yang dikenal sejak dahulu. Menggunakan bawang putih bisa dibilang merupakan salah satu cara terbaik.

Cara menggunakannya dengan potong bawang putih segar kemudian gosok pada mata ikan. Selain digosok, bisa juga dengan menggunakan perban diisi bawang putih yang sudah dihaluskan.

4. Cuka sari apel

Menggunakan cuka sari apel cukup ampuh untuk melembutkan serta menyingkirkan mata ikan di kaki. Caranya dengan merendam daerah yang terkena mata ikan ke dalam larutan cuka sari apel selama 30 menit. Setelah itu gosok dengan batu apung, kemudian bungkus dengan perban yang sudah dibasahi dengan cuka sari apel. Lakukan rutin selama seminggu agar hasilnya efektif.

4 dari 6 halaman

Cara Mengobati Mata Ikan yang Ampuh

5. Pepaya

Menggunakan pepaya ternyata ampuh untuk mengobati mata ikan. Cukup dengan satu sendok teh jus pepaya mentah dan oles ke mata ikan dengan bantuan bola kapas. Lakukan dengan rutin agar hasilnya efektif.

6. Aspirin

Campuran aspirin, air lemon, serta air dapat menyingkirkan masalah mata ikan pada kaki. Caranya dengan menghaluskan enam tablet aspirin, dan beri sedikit air serta air lemon. Kemudian oles ramuan tersebut pada mata ikan dan bungkus kaki dengan kantong plastik serta handuk hangat di sekitarnya.

Selanjutnya, diamkan terlebih dahulu selama 15 menit. Setelah itu, gosok mata ikan dengan bantuan batu apung. Cara mengobati mata ikan ini akan lebih efektif hasilnya jika dilakukan selama tujuh hari berturut-turut.

5 dari 6 halaman

Cara Mengobati Mata Ikan yang Terakhir

7. Garam epsom

Selain menggunakan berbagai bahan di atas, merendam mata ikan dengan larutan garam epsom juga membantu melunakkan sel kulit mati pada mata ikan. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampur 2-3 sendok makan garam epsom ke air hangat. Kemudian rendam sekitar 20 menit, lalu keringkan dan dengan perlahan kelupas sel kulit mati pada mata ikan.

8. Krim asam salisilat

Penggunaan krim asam salisilat dapat menghilangkan tumpukan protein keratin yang ada di sekitar tumpukan sel kulit mati. Tapi, penting untuk diingat jika obat mata ikan dengan krim asam salisilat belum tentu cocok bagi semua orang. Apabila menderita diabetes, gangguan sirkulasi darah, atau penipisan kulit, ada baiknya tidak menggunakan jenis obat ini.

6 dari 6 halaman

Penyebab Timbulnya Mata Ikan

1. Ukuran sepatu yang tidak tepat

Sepatu yang sempit akan menimbulkan tekanan dan gesekan pada kaki. Jika terjadi terus menerus dalam jangka panjang, maka akan menyebabkan mata ikan.

Selain sepatu sempit, sepatu yang terlalu longgar juga menjadi salah satu penyebab mata ikan. Sebab beberapa bagian kaki akan bergesekan secara berulang dengan sepatu. Itulah mengapa pastikan ukuran sepatu tepat dengan kaki.

2. Tidak mengenakan kaus kaki

Tidak mengenakan kaus kaki dapat menyebabkan gesekan antara kaki dengan sepatu secara langsung. Namun, jika sudah mengenakan kaus kaki juga masih berpotensi timbul mata ikan, terutama jika kaus kaki yang dipakai ukurannya tidak tepat dan bahannya kurang nyaman.

3. Jalan atau lari terlalu lama

Walaupun jalan atau lari dapat memberi manfaat sehat bagi tubuh, namun aktivitas fisik ini bisa menjadi salah satu penyebab mata ikan. Terutama jika frekuensinya terlalu berlebihan, maka dapat memicu mata ikan karena tekanan terus-menerus yang diberikan.

4. Kondisi medis tertentu

Ada beberapa sebab timbulnya mata ikan karena kondisi medis tertentu, seperti:

- Tulang yang menonjol dan terbentuk pada sendi bagian bawah ibu jari kaki. Hal ini bisa membuat ibu jari kaki terdorong ke arah jari-jari kaki yang lain (bunion).

- Rusaknya kelenjar keringat.

- Ada kutil di kaki.

- Terdapat luka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini