Sukses

6 Cara Membersihkan Peralatan Masak Antilengket dan Merawatnya Agar Awet

Liputan6.com, Jakarta Peralatan antilengket jadi andalan banyak orang untuk memasak. Mulai dari panci, wajan, hingga teflon, perabot antilengket ini dapat membuat memasak jadi lebih mudah. Namun, merawat perabot antilengket ini juga tak boleh sembarangan.

Peralatan masak antilengket umumnya sangat terjangkau, ringan, mudah dicuci, dan menghasilkan masakan yang sempurna. Dengan jenis peralatan ini, lebih sedikit minyak yang dibutuhkan selama memasak.

Peralatan antilengket adalah peralatan masak yang sempurna untuk orang-orang yang memperhatikan berat badan atau kadar kolesterol. Dapat dikatakan bahwa wajan antilengket lebih ramah pengguna daripada beberapa jenis peralatan masak lainnya.

Meski Anda membeli set peralatan masak berkualitas tinggi, perawatan yang tidak tepat dapat membuatnya tidak bertahan lama. Pembersihan yang tidak tepat dapat mengubah atau merusak peralatan masak antilengket. Ada beberapa aturan pembersihan umum yang akan membuat peralatan masa antilengket Anda tetap awet dan berfungsi maksimal.

Berikut cara mencuci dan merawat peralatan masak antilengket yang dirangkum Liputan6.com dari The Spruce, Selasa (29/9/2020).

2 dari 7 halaman

Sebelum menggunakan peralatan antilengket

Sebelum menggunakan peralatan masak baru untuk pertama kali, cuci dengan air sabun panas, bilas bersih, dan keringkan dengan handuk lembut atau handuk linen. Ini penting untuk menghilangkan residu, minyak, dan kotoran dari pembuatan dan pengiriman.

Untuk memastikan performa antilengket sejak awal, cobalah untuk melapisi permukaannya sedikit dengan minyak goreng, memanaskannya dan menyekanya hingga bersih.

3 dari 7 halaman

Seberapa sering peralatan masak antilengket dibersihkan?

Bersihkan peralatan masak antilengket setelah digunakan. Menjaga kebersihan peralatan masak antilengket akan memberikan kinerja yang lebih konsisten dan berkualitas. Sisa makanan atau minyak sisa akan matang ke permukaan dan berkarbonisasi, menyebabkan makanan menempel.

Residu yang sudah matang sulit dilihat dan bahkan lebih sulit dihilangkan, jadi cuci dengan hati-hati dan menyeluruh setiap saat.

4 dari 7 halaman

Cara membersihkan peralatan masak antilengket

Panci antilengket biasanya dicuci dengan cepat mudah, dan hanya perlu sedikit digosok. Pastikan untuk menghilangkan semua sisa makanan yang nantinya bisa menempel dalam wajan dan merusak lapisannya. Berikut cara membersihkan peralatan masak antilengket agar tetap awet:

1. Biarkan peralatan masak antilengket benar-benar dingin sebelum dicuci. Jangan langsung merendam atau menyiramnya dengan air. Merendam wajan atau panci antilengket panas dalam air yang lebih dingin dapat melengkungkan dan merusaknya secara permanen.

2. Jangan pernah mencuci peralatan masak antilengket dengan mesin pencuci piring. Selalu cuci peralatan masak antilengket dengan tangan menggunakan air sabun pencuci piring atau sabun pencuci tangan. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan bahan pembersih yang keras seperti pemutih, pembersih abrasif, atau bahan kimia lainnya pada permukaan antilengket.

3. Gosok peralatan dengan lembut. Anda dapat membersihkan kotoran yang membandel dengan minyak siku dan waslap, spons, scrubber nilon, atau spons yang dibungkus jaring nilon. Pastikan untuk mencuci peralatan antilengket dua kali untuk memastikan bahwa sisa makanan dan minyak benar-benar hilang.

Jangan pernah menggunakan bahan abrasif seperti sabut baja atau sikat kaku. Bahan yang keras ini akan menggores permukaan dan merusak peralatan masak.

4. Bilas bersih, pastikan semua sisa sabun telah dibilas dan dihilangkan.

5. Keringkan setiap bagian sepenuhnya. Gunakan serbet atau kain lap bersih.

5 dari 7 halaman

Cara menyimpan peralatan masak antilengket

Penyimpanan yang cermat penting untuk masa pakai dan kinerja peralatan masak antilengket. Sebagian besar produsen merekomendasikan untuk menyimpan peralatan masak di rak gantung dengan banyak ruang di antara item.

Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki rak gantung. Anda dapat menyimpan peralatan masak dengan aman di dalam lemari dengan melapisi kain lembut, di antara setiap panci dan wajan untuk melindungi permukaan antilengket agar tidak bersentuhan dengan logam polos, yang dapat menggores atau merusak Itu.

6 dari 7 halaman

Cara menggunakan peralatan masak antilengket agar tetap awet

Peralatan masak antilengket bekerja lebih baik pada suhu yang sedikit lebih rendah daripada peralatan masak standar. Panaskan wajan dengan api sedang-tinggi, dan ketika pinggirannya terasa panas saat disentuh, tambahkan sedikit mentega atau minyak.

Jika menggelembung, panasnya tepat. Jika cepat berubah kecokelatan dan gosong, bersihkan wajan dan coba lagi dengan pengaturan panas yang lebih rendah. Jangan gunakan panci antilengket pada suhu lebih tinggi dari 232 celcius.

Jangan pernah menggunakan peralatan logam pada permukaan antilengket. Pilih bahan seperti kayu, nilon, plastik, karet, atau silikon, atau gunakan peralatan berlapis khusus yang dirancang untuk permukaan antilengket. Jangan pernah memotong makanan yang Anda masak dengan pisau.

7 dari 7 halaman

Jangan Simpan Makanan dalam Peralatan Antilengket

Panci atau wajan antilengket bukanlah wadah penyimpan makanan. Luangkan waktu untuk memindahkan makanan dengan benar ke wadah penyimpanan setelah memasak. Makanan yang bersifat asam juga dapat merusak lapisan jika dibiarkan dalam wajan dalam waktu yang lama.

Biarkan peralatan masak antilengket atau panci peralatan masak benar-benar dingin sebelum direndam dalam air. Perubahan suhu yang drastis dapat menyebabkan wajan melengkung, yang nantinya akan mempengaruhi kinerja memasak dan juga dapat merusak lapisan antilengket.