Sukses

8 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia, Jangan Sampai Salah

Liputan6.com, Jakarta Anggora dan persia merupakan jenis kucing yang banyak dipelihara. Kedua kucing ini punya bulu yang panjang dan termasuk kucing ras yang populer. Tak jarang, orang keliru membedakan kedua jenis kucing ini.

Anggora dan persia adalah ras kucing yang berbeda. Kedua kucing ini punya asal, bentuk, dan kepribadian yang berbeda pula. Kalau diperhatikan lagi, anggora dan persia memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Jika kamu ingin mengadopsi salah satu jenis kucing ini, penting mengetahui perbedaan dari keduanya. Perbedaan kucing anggora dan persia sangat memengaruhi cara perawatannya. Kedua kucing ini memiliki kebutuhan dan perawatan yang berbeda.

Berikut perbedaan kucing anggora dan persia yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (1/10/2020).

2 dari 9 halaman

Asal

Anggora

Kucing anggora berasal dari kota Anggora (sekarang Ankara) yang ada di Turki. Kucing anggora merupakan salah satu kucing ras tertua yang ada di dunia. Tidak ada yang tahu asal-usul pastinya, tetapi diyakini bahwa kucing anggora berasal dari kucing liar Afrika, dan bulunya yang panjang dan halus adalah hasil mutasi alami. Kucing ini mulai dibawa ke Eropa pada tahun 1600-an.

Persia

Sementara kucing persia berasal dari Persia atau yang kini dikenal sebagai Iran. Kucing persia sangat populer di kalangan bangsawan Eropa sejak tahun 1600-an. Sama seperti angora, bulu panjangnya adalah hasil mutasi alamiah.

3 dari 9 halaman

Bulu

Anggora

Meski sama-sama memiliki bulu panjang, kucing anggora dan persia punya sejumlah perbedaan pada bulu. Kucing anggora memiliki bulu lebat namun tidak selebat kucing persia. Bulu di bagian wajah anggora juga tidak terlalu panjang. Namun, bulu di bagian ekor bisa sangat lebat dan panjang seperti musang.

Persia

Berbeda dengan angora, kucing persia memiliki bulu yang sangat lebat dan padat. Seluruh bagian tubuhnya bisa terutup bulu yang tebal mulai dari wajah sampai ekor.

4 dari 9 halaman

Bentuk wajah

Anggora

Perbedaan paling jelas antara kedua ras ini ada pada wajahnya. Kucing Anggora memiliki kontur wajah segitiga dengan hidung sedikit runcing. Telinga mereka panjang dan bersudut lancip dengan bentuk seperti segitiga. Telinganya berdekatan, tegak dan berjumbai.

Mata anggora besar dan berbentuk almond agak miring ke atas. Tidak jarang Anggora memiliki dua warna mata yang berbeda.

Persia

Persia memiliki wajah datar dan hidung yang sangat pesek dengan kepala bulat. Mata Persia yang besar dan bulat terpisah jauh, dan telinganya rendah dan dekat dengan kepala.

5 dari 9 halaman

Bentuk tubuh

Anggora

Kucing Anggora memiliki bentuk tubuh yang lebih ideal. Anggora akan terlihat lebih tinggi dari pada kucing Persia. Tubuh angora lebih langsung dan sedikit berotot. Anggora ramping dan halus dengan bulu-bulu ekor yang panjang.

Persia

Sementara kucing persia terlihat lebih gemuk dari pada kucing angora. Kucing persia juga lebih pendek dan gempal. Kaki persia lebih pendek tapi terlihatkuat dan gemuk dengan cakar membulat. Tubuh persia cenderung terlihat bulat dengan kaki pendek dan ekor pendek tebal.

6 dari 9 halaman

Kepribadian

Anggora

Anggora ramah dan penuh kasih sayang, dan akan menyapa semua orang yang ia temui. Anggora termasuk kucing yang aktif dan gesit. Energi kucing ini cukup tinggi, cerdas, dan suka bermain. Kucing yang gesit ini menyukai tempat tinggi, karena ia suka melompat.

Mereka tertarik pada semua yang kamu lakukan dan mengharapkan kamu tertarik pada mereka. Kucing anggora cocok dengan anjing dan hewan peliharaan lainnya, tetapi kucing yang tegas ini sering kali menjadi bos. Ras yang sangat aktif ini adalah pilihan yang baik untuk keluarga dengan anak kecil.

Persia

Berbeda dengan angora, kucing persia lebih manis, lembut dan lebih menyukai ketenangan dan perlakuan yang lembut. Kucing ini sangat ceria tetapi tidak menuntut. Kucing persia berkomunikasi dengan suara lembut dan mata yang besar dan ekspresif. Bisa dibilang kucing persia adalah kucing yang cukup cuek.

Ras ini tidak menuntut perhatian penuh, tapi sangat menikmati perhatian ketika kamu memberikannya. Dibanding angora, kucing persia cenderung kurang aktif. Ia sering kali berbaring di kursi favorit atau berpose di ambang jendela, tetapi kemungkinan besar tidak akan ditemukan di tempat-tempat yang tinggi, karena ia bukan pelompat yang baik.

Ras ini adalah pembelajar yang lebih lambat dan tidak dianggap sebagai kucing yang sangat bisa dilatih.

7 dari 9 halaman

Masalah kesehatan

Anggora

Meskipun sebagian besar sehat, kucing ras dapat rentan terhadap masalah genetik tertentu. Dibanding persia, anggora cenderung memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Beberapa masalah kesehatan lain yang biasa dialami anggora seperti Ataksia atau gangguan neuromuskuler yang fatal yang memengaruhi anak kucing berusia dua hingga empat minggu.

Persia

Sementara daya tahan tubuh kucing persia tida sekuat angora. Banyak dari masalah ini secara langsung berkaitan dengan struktur wajah kucing persia. Meskipun mereka juga mungkin hadir dengan masalah kesehatan genetik yang tidak terkait dengan ciri fisik mereka.

Masalah kesehatan umum yang harus diperhatikan di antara kucing Persia meliputi penyakit ginjal polikistik, gangguan pernapasan, gangguan mata, batu kandung kemih, kelainan hati, dan sensitivitas pada panas.

Baik Angora dan Persia rentan mengalami insiden yang lebih tinggi dari kondisi jantung yang dikenal sebagai kardiomiopati hipertrofik. Kondisi ini menyebabkan penebalan otot jantung.

8 dari 9 halaman

Perawatan

Anggora

Terlepas dari bulunya yang panjang, perawatan angora relatif sederhana dibanding persia. Bulu anggora jauh lebih tidak mudah kusut. Cukup sikat bulu kucing sekali seminggu untuk menghilangkan kotoran, dan mandikan sesuai kebutuhan.

Karena anggora memiliki tingkat energi yang lebih tinggi, kamu harus mengajaknya bermain selama 15 hingga 30 menit setiap hari. Bermain dengan mainan kucing adalah cara yang menyenangkan dan mudah untuk membantu angora mengeluarkan energi.

Persia

Karena bulunya yang panjang dan lebat, tidak mengherankan jika kucing Persia membutuhkan perawatan yang teratur. Tanpa perawatan teratur, bulunya bisa cepat kusut dan menyakitkan. Dianjurkan agar bulu kucing Persia disikat sekali sehari dan dimandikan setiap bulan untuk membantu menjaga kilau dan kelembutan bulunya.

Mata juga harus dibersihkan setiap hari untuk mencegah noda dari air mata yang berlebihan. Kucing Persia bukanlah ras kucing yang paling energik atau suka bermain-main. Kucing persia lebih suka mencari tempat hangat yang nyaman untuk bersantai.

9 dari 9 halaman

Makanan

Anggora

Makanan kucing anggora sangat bergantung pada usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitasnya. Anggora termasuk jenis kucing yang tidak rewel soal makanan. Makan berlebihan dapat menyebabkan obesitas. Jadi penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.

Persia

Kucing Persia memang cenderung pilih-pilih pemakan, tetapi mereka akan makan dengan baik begitu menemukan makanan yang pas. Makanan persia harus tinggi protein dan serat serta rendah lemak.

Karena kucing Persia tidak terlalu energik, berhati-hatilah untuk tidak memberinya makan berlebihan karena ketidakaktifan mereka dapat menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas.

Karena wajah mereka yang datar, beberapa kucing persia mengalami kesulitan makan makanan dengan bentuk atau ukuran tertentu. Jadi pastikan memilih bentuk dan struktur makanan yang pas untuk kucing persia.