Sukses

Biografi Singkat Bill Gates, Dirikan Yayasan Amal dan Raih Banyak Penghargaan

Liputan6.com, Jakarta Bill Gates merupakan salah satu tokoh dunia yang terkenal karena kejeniusannya. Bill Gates adalah sosok pendiri perangkat Microsoft. Kisah hidupnya tergambar jelas dalam biografi singkat Bill Gates ini.

Biografi singkat Bill Gates tak hanya menceritakan kisahnya di bangku sekolah. Lalu mengenai keputusannya  meninggalkan bangku kuliah untuk membangun Microsoft bersama Paul Allen. 

Dalam biografi singkat Bill Gates ini pun dituturkan bagaimana ia menghadapi persaingan di industri perkembangan teknologi. Sampai timbul perasaan iri akan kejeniusan dan jiwa kepemimpinan pendiri Apple, Steve Jobs.

Selain berkaitan dengan perkembangan teknologi, biografi singkat Bill Gates juga membahas perannya sebagai filantropi. Tentang kisahnya membangun yayasan amal untuk membantu orang-orang di seluruh dunia hidup lebih sehat dan lebih produktif.

Berikut Liputan6.com ulas biografi singkat Bill Gates dari berbagai sumber, Selasa (6/10/2020).

2 dari 7 halaman

Biografi Singkat Bill Gates dari Profil

Nama Lengkap: William Henry Gates

Alias: Bill Gates

Tempat Lahir: Seattle, Washington

Tanggal Lahir: Jumat, 28 Oktober 1955

Zodiak: Scorpion

Warga Negara: Amerika Serikat

Ayah: William H. Gates, Sr.

Ibu: Mary Maxwell Gates

Istri: Melinda Gates

Anak: Jennifer Katharine Gates, Rory John Gates, Phoebe Adele Gates

Pendidikan: Harvard College (1973–1975), Lakeside School (1967–1973)

Jumlah Kekayaan: 85,6 miliar USD (2017) Forbes

3 dari 7 halaman

Biografi Singkat Bill Gates dari Bangku Sekolah

Sejak kecil Bill telah menampakkan ketertarikannya pada dunia komputer. Perkenalannya pada komputer adalah saat ia berusia 13 tahun di mana saat itu disekolahnya, Lakeside School membeli perangkat terminal Teletype Model 33 ASR dan beberapa komputer General Electric (GE) untuk para siswa. Program komputer pertama yang ia tulis saat itu menggunakan bahasa pemrogaman BASIC.

Bill kemudian mempelajari sistem lain seperti sistem minikomputer DEC PDP, khususnya PDP-10 yang dimiliki oleh Computer Center Corporation (CCC). Namun Penggunaan komputer PDP-10 ini dibatasi waktu sehingga Gates bersama beberapa temannya seperti Paul Allen, Ric Welland, dan Kent Evans, memutuskan untuk mengembangkan sebuah bug pada sistem operasi tersebut untuk memperoleh waktu tambahan dalam penggunaan komputer.

Namun mereka tertangkap tangan dan akhirnya dilarang oleh CCC untuk mengakses sistem itu selama musim panas. Karena kemampuan mereka dalam memahami bahasa pemrograman CCC akhirnya mempekerjakan mereka untuk menulis program pembayaran gaji dalam bahasa COBOL dengan tambahan imbalan hak akses ke komputer perusahaan.

Pada 1973 Bill lulus dari Lakeside School dengan nilai yang memuaskan. Ia diterima di Harvard College. Selama kuliah Bill selalu menghabiskan waktu dengan computer kampusnya. Saat MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan, Bill dan Paul Allen melihat ini sebagai kesempatan emas untuk memulai usaha perangkat lunak sendiri. Bill kemudian membicarakan niatnya untuk membangun usaha perangkat lunak ini kepada orang tuanya yang kemudian didukung sepenuhnya oleh kedua orang tuanya.

4 dari 7 halaman

Biografi Singkat Bill Gates dari Membangun Microsoft

Bill Gates memutuskan untuk meninggalkan bangku kuliahnya dan mulai memfokuskan dirinya untuk membangun Microsoft bersama sahabatnya Paul Allen. Awalnya Microsoft didirikan untuk mengembangkan dan menjual penerjemah BASIC untuk Altair 8800.

Perusahan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an, diikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows. Hingga saat ini Microsoft masih menjadi pelopor sistem operasi komputer di dunia. Microsoft juga telah melakukan akuisisi perusahaan. Kesuksesan Microsoft membuat Bill Gates meraup banyak keuntungan berupa materil.

Saat membangun Microsoft, Bill Gates sangat terobsesi dengan pekerjaan. Dia tidak menyukai hari libur sama sekali. Tak heran jika Bill Gates ini kerap bekerja di akhir pekan. Hal ini kemudian membuatnya dikenal sebagai sosok yang gila bekerja dan dianggap sebagai bos yang kejam.

Meski dianggap bos kejam, Bill Gates ingin etos kerjanya diikuti oleh karyawannya. Banyak yang mengganggapnya kerja, padahal sebenarnya dia juga tidak begitu memaksa dan menerapkannya dengan penuh kehati-hatian. Menurut Paul Allen yang mendirikan perangkat bersama Bill Gates, lingkungan kantor Microsoft sangat stres karena keberadaannya. Semua gerak-gerik karyawan dilihat dan dikritik oleh Bill Gates, ketika sampai di kantor dan hendak keluar kantor.

Selain itu, mayoritas karyawan mengatakan menjadi micromanager adalah sifat terburuk yang dapat dimiliki bos. Hal tersebut menurut survei Comparably baru-baru ini terhadap lebih dari 2.000 karyawan di perusahaan teknologi seperti Amazon, Apple, Google, Facebook, dan Uber. Ada pula beberapa karyawan yang merasa cukup tak nyaman dan tersinggung karena dorongan Bill Gates.

5 dari 7 halaman

Biografi Singkat Bill Gates dari Persaingan Industri Teknologi

Dalam dunia persaingan industri teknologi, jelas Bill Gates lebih menonjol dari yang lain. Bill Gates disebut-sebut sebagai orang terkaya kedua di dunia. Tak hanya kaya tetapi kejeniusannya sampai saat ini masih diharapkan oleh dunia.

Meski terbilang sebagai sosok yang tak tersaingi dan tak tertandingi, Bill Gates pun tetap memiliki perasaan iri. Rasa iri ini jatuh kepada Steve Jobs. Steve Jobs adalah teman Bill Gates yang juga termasuk pesaingnya di industri pengembangan Teknologi.

Bill Gates merasa iri bukan hanya dari segi kejeniusan Steve Jobs. Melainkan dari sisi kepemimpinan yang dimilikinya. Bill Gates ingin sekali memiliki sifat pemimpin yang bijaksana seperti Steve Jobs. Suami dari Melinda Gates ini mengaku sangat kagum melihat pengalaman karier Jobs.

Tentang Jobs yang mendirikan Apple pada 1976 tapi dipaksa keluar pada 1985 setelah perebutan kekuasaan dengan CEO John Sculley. Meski begitu, ia tetap berhasil kembali ke Apple pada 1997. Gates juga kagum dengan seorang Jobs yang menginspirasi perusahaan menjadi lebih baik.

Jobs pun mampu terus mengeluarkan produk-produk hebat seperti iMac, iPod, dan iPhone. Gates menyebut kembalinya Jobs ke Apple sebagai sikap yang sangat fenomenal. Meski akhirnya Jobs meninggal karena kanker pankreas pada 2011. Bill Gates tetap merasa Jobs sebagai sosok pesaing yang cukup tangguh dan membuatnya iri.

6 dari 7 halaman

Biografi Singkat Bill Gates dari Yayasan Amalnya

Pada tahun 2000 Bill dan Istrinya Melinda membangun sebuah yayasan amal bernama Bill and Bill, bersyukur yayasan dan banyak mitranya membantu orang-orang di seluruh dunia untuk hidup lebih sehat dan lebih produktif. Melalui yayasan tersebut Bill membantu 20.000 orang untuk melanjutkan kuliah.

Pada 2002 yayasan ini berhasil menyelesaikan upaya membantu memasang 47.000 komputer di 11.000 perpustakaan di 50 negara bagian. Sembilan puluh lima persen perpustakaan memiliki komputer dengan akses Internet, naik dari 27 persen pada tahun 1996. Tahun 2010 Bill dan Melinda menjanjikan $ 10 miliar selama 10 tahun ke depan untuk membantu meneliti, mengembangkan, dan memberikan vaksin negara-negara termiskin di dunia.

Pada 2013 Bill membantu 5,5 miliar dolar untuk memberantas polio pada tahun 2018. Saat ini India disertifikasi bebas polio oleh Organisasi Kesehatan Dunia, hanya menyisakan tiga negara yang tidak pernah bebas dari penyakit ini. Hingga saat ini Bill dan Melinda terus melakukan kegiatan-kegiatan amalnya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Kedermawanan Bill Gates juga banyak diapresiasi banyak pihak.

Pada November 2006, ia dan istrinya diberi penghargaan Order of the Aztec Eagle atas aktivitas filantropi mereka di seluruh dunia dalam bidang kesehatan dan pendidikan, terutama pada Oktober 2009, Gates meraih 2010 Bower Award for Business Leadership dari The Franklin Institute atas pencapaiannya dalam bisnis dan aktivitas filantropinya. Pada tahun 2010, ia memperoleh Silver Buffalo Award dari Boy Scouts of America, penghargaan tertinggi untuk orang dewasa, atas jasanya kepada para pemuda.

7 dari 7 halaman

Penghargaan Bill Gates

1. Predikat 400 Richest People in America, majalah Forbes (1987).

2. Masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh pada abad ke-20, Majalah Time.

3. Masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh tahun 2004, 2005, dan 2006 oleh Majalah Time.

4. Peringkat kedelapan dalam daftar Heroes of our time (2006).

5. Gelar CEO tahun 1994 oleh majalah Chief Executive Officers (1994). 

6. Peringkat pertama dalam daftar Top 50 Cyber Elite oleh majalah Time (1998).

7. Gelar Distinguished Fellow ke-20, British Computer Society (1994).

8. Gelar Doktor Kehormatan dari Nyenrode Business Universiteit, Breukelen, Belanda, (2000).

9. Anggota kehormatan Peking University (2007).

10. Gelar Kehormatan Knight Commander of the Order of the British Empire (KBE) oleh Ratu Elizabeth II (2005).

11. Penghargaan Order of the Aztec Eagle.

12. Penghargaan Bower Award for Business Leadership dari The Franklin Institute (2010).

13. Silver Buffalo Award dari Boy Scouts of America (2010).