Sukses

Kekurangan Xiaomi Mi 9 dan Mi 10 dan Kelebihannya, Ketahui Sebelum Membeli

Ulasan lengkap mengenai kekurangan Xiaomi Mi 9 dan Mi 10.

Liputan6.com, Jakarta Kekurangan Xiaomi penting untuk diketahui sebelum membeli dan dijadikan bahan pertimbangan. Pentingnya mengetahui kekurangan Xiaomi dan kelebihannya agar tidak kecewa setelah membeli. Setiap HP yang dijual di pasaran tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan, salah satunya kekurangan Xiaomi.

Xiaomi merupakan sebuah brand smartphone ternama asal negeri Tiongkok. Brand satu ini menjadi sangat populer dan kerap menjadi pilihan masyarakat. Xiaomi menjadi salah satu smartphone yang kerap dipilih karena harganya cocok untuk kantong masyarakat. Salah satunya Xiaomi Mi 9 dan Mi 10. 

Fitur-fitur yang ditawarkan Xiaomi, khususnya Xiaomi Mi 9 dan Mi 10 sukses menarik perhatian masyarakat, disamping kekurangannya itu sendiri. Oleh sebab itu, pemilihan smartphone bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Kekurangan Xiaomi pun tak jarang dikeluhkan para penggunanya.

Namun, di balik kekurangan Xiaomi, ada juga kelebihan yang bisa dijadikan pertimbangan. Mengetahui kelemahan Xiaomi Mi 9 dan Mi 10 dan kelebihannya bisa membuatmu lebih yakin memilih smartphone dari brand ini.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang kekurangan Xiaomi Mi 9 dan Mi 10 dan kelebihannya yang penting untuk diketahui, Kamis (8/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kekurangan Xiaomi Mi 9

Secara umum, xiaomi memiliki beberapa kekurangan yakni seperti mudah pasan atau overheat. kekurangan xiaomi lainnya yakni permasalahan hardware dan softwarenya yang kerap dikeluhkan oleh pengguna. Namun, kali ini akan diulas mengenai kekurangan xiaomi Mi 9 dan Mi 10. Ulasan ini penting buat kamu yang rencana membeli xiaomi Mi 9 dan Mi 10.

Kekurangan Xiaomi Mi 9 :

1. Tidak Ada Audio Jack 3,5 mm

Kekurangan xiaomi Mi 9 yang pertama yakni tidak ada audio jack 3,5 mm. Absennya audio jack berukuran 3.5 mm yang biasa digunakan untuk memasang earphone. Jadi, kamu harus menggunakan konektor USB tipe-c to 3.5 mm audio jack jika ingin memasang earphone. Hal ini dinilai cukup merepotkan bagi sebagian orang dan kerap dikeluhkan oleh pengguna smartphone.

2. Tidak Ada Slot Micro SD

Tidak ada slot micro SD merupakan kekurangan xiaomi Mi 9 selanjutnya yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Selain tak dilengkapi audio jack 3.5 mm, HP ini juga ternyata tidak dibekali slot khusus untuk micro SD. Slot yang dimiliki oleh HP ini hanya dikhususkan untuk ditempati oleh dua buah SIM Card saja. Jadi, Anda harus mengandalkan memori internal dari HP ini.

3. Tidak Tahan Debu dan Air

Kekurangan xiaomi Mi 9 yang satu ini tentunya merepotkan dan tak jarang menjadi keluhan. Tidak tahan debu dan air merupakan salah satu kekurangan yang sangat disayangkan. Xiaomi Mi 9 ini sama sekali belum mengantongi sertifikat IP67 ataupun IP68. Artinya, HP ini tidak memiliki resistensi terhadap air maupun debu. Padahal, HP ini merupakan HP flagship dari Xiaomi. Buat kamu yang menginginkan HP Xiaomi terbaru yang tahan air dan debu, Xiaomi Mi 9 ini bukanlah pilihan tepat.

4. Tidak Dilengkapi Sistem Stabilisasi Foto

Satu kekurangan lagi yang dimiliki oleh Xiaomi Mi 9 ini adalah, tidak adanya sistem stabilisasi foto atau optical image stabilization pada kamera yang dimiliki HP Xiaomi Mi 9, sehingga, jika kamu ingin mengambil foto yang bagus, kamu harus benar-benar berhati-hati saat mengambil foto, agar tidak ada efek buram yang tercipta karena goncangan.

 

 

3 dari 5 halaman

Kelebihan Xiaomi Mi 9

Kelebihan Xiaomi Mi 9 :

Setelah mengetahui kekurangan Xiaomi Mi 9, selanjutnya penting juga untuk mengetahui kelebihannya agar menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli.

1. Desain Mewah

Xiaomi Mi 9 hadir dengan desain mewah dan kekinian ala HP flagship. Bagian belakang Xiaomi Mi 9 dilapisi kaca dan frame-nya sudah menggunakan aluminum berkualitas. Frame-nya terbuat dari kaca, yang dimana harus ada proteksi tambahan bagi cover bagian belakang dari HP Xiaomi Mi 9 ini.

Kelebihan lainnya dari bodi Xiaomi Mi 9 yakni bodi belakang dari Xiaomi Mi 9 ini sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5. HP Xiaomi Mi 9 ini tersedia dalam pilihan warna yang cantik, yakni Lavender Violet, Ocean Blue dan Piano Black.

2. Performa Kencang

Kelebihan Xiaomi Mi 9 selanjutnya adalah performa yang kencang. HP Xiaomi Mi 9 ini diotaki dengan chipset tergahar dari Qualcomm, yakni Snapdragon 855. Chipset ini memiliki banyak kelebihan tersendiri, baik dari segi konektivitas, (chipset ini  sudah mendukung jaringan 5G) kecerdasan buatan atau AI hingga performa kerja chipset itu sendiri.

HP Xiaomi Mi 9 ini tentunya sangat cocok untuk digunakan bermain game. K2Gadgets bahkan menyampaikan, HP ini mampu melahap game PUBG dengan pengaturan grafis tertinggi. 

3. Tampilan Layar Jernih

Xiaomi Mi 9 dibekali dengan layar berukuran 6.39 inci dengan panel Super AMOLED, sehingga tampilan layarnya lebih jernih, reproduksi warnanya bagus dan tentunya lebih nyaman saat digunakan di bawah terik sinar matahari, karena layarnya tetap enak dilihat dari sudut pandang manapun.

Layar Xiaomi Mi 9 memiliki rasio 19:5:9 dan resolusinya sudah Full HD+ 1080 x 2340 piksel. HP ini memiliki rasio layar ke bodi sebesar 85.2 %, sehingga  layarnya lebih luas dan bezelnya lebih tipis. Kehadiran notch alias poni berbentuk tetesan air di bagian atasnya juga menambah kesan modern bagi HP yang satu ini.

4. Kamera Mumpuni

Kelebihan satu ini tentunya menguntungkan penggunaa Xiaomi Mi 9. Kelebihan satu ini bisa dijadikan pertimbangan positif sebelum kamu membeli. Xiaomi membekali HP ini dengan tiga lensa kamera di bagian belakang bodinya. Masing-masing lensa tersebut terdiri dari satu lensa utama beresolusi 48 MP yang merupakan lensa lebar dengan jangkauan foto lebih luas. Lensa primernya ini menggunakan sensor dari Sony, yakni Sony IMX586 yang menggunakan teknologi Quad Bayer. 

Selain lensa 48 MP, ada pula lensa telefoto 12 MP untuk memotret gambar dengan jarak dekat tanpa merusak kualitas gambar. Selain itu, ada juga satu lensa ultra wide 16 MP untuk memotret foto dengan jangkauan yang lebih luas lagi ketimbang lensa wide. Kamera belakangnya ini juga sudah didukung dengan dual LED Flash, fitur HDR dan panorama. 

5. Daya Tahan Baterai Bagus

Xiaomi Mi 9 dibekali dengan baterai berkapasitas 3300 mAh yang memang tergolong kecil untuk HP flagship. Namun, baterai dari HP ini tidak bisa dianggap remeh karena meski kapasitasnya kecil, namun punya daya tahan yang baik. Xiaomi Mi 9 ini sudah didukung dengan teknologi fast charging 27 W (Quick Charge 4+). 

6. Dilengkapi Wireless Charging

Kelebihan Xiaomi Mi 9 selanjutnya adalah HP tersebut dilengkapi dengan wireless charging. Xiaomi Mi 9 sudah mengantongi teknologi fast wireless charging 20 W. Dengan memakai charger tanpa kabel ini, Anda dapat mengisi baterai ponsel dari 0% hingga 30% dalam waktu yang cukup lama, yakni 30 menit.

4 dari 5 halaman

Kekurangan Xiaomi Mi 10

Kekurangan Xiaomi Mi 10 :

1. Kualitas Kamera Depan Biasa

Kekurangan Xiaomi Mi 10 yang pertama adalah kualitas kamera depannya biasa saja. Xiaomi Mi 10 dibekali dengan kamera depan 20 MP. Meskipun resolusinya tinggi, kualitas kamera selfie ponsel ini tergolong biasa di kelasnya.

2. Tidak Ada Kamera Telefoto

Xiaomi Mi 10 terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera ultrawide 13 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera efek kedalaman 2 MP. Tidak ada kamera telefoto di ponsel ini sehingga membuat keseluruhan kameranya terasa kurang.

3. Tidak Dibekali Sertifikasi Anti Air

Xiaomi Mi 10 tidak dibekali dengan sertifikasi anti air. Sebagai gantinya, Xiaomi menyematkan kemampuan tahan cipratan air yang sebenarnya kemampuan biasa yang banyak ditemukan di ponsel menengah.

4. Singel SIM

Kekurangan Xiaomi Mi 10 selanjutnya adalah singel SIM. Xiaomi Mi 10 tidak mendukung penggunaan dual SIM. Xiaomi Mi 10 hanya mendukung singel SIM saja. Bagi kamu yang biasa dengan HP dual SIM, Xiaomi Mi 10 tidak cocok untuk kamu.

 

 

5 dari 5 halaman

Kelebihan Xiaomi Mi 10

Kelebihan Xiaomi Mi 10 :

1. Layar OLED Bagus

Layar ponsel ini hadir dengan panel Super AMOLED 6,67 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Layar Xiaomi Mi 10 ini sudah dilindungi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5 dan diklaim Xiaomi memiliki tingkat kecerahan layar 500 nit. HP ini juga didukung dengan layar 90 Hz.

2. Daya Tahan Bagus dan Wireless Fast Charging

Kapasitas baterai Xiaomi Mi 10 ini tidak mencapai 5.000 mAh, hanya 4.780 mAh. Tetapi kapasitas ini tergolong besar, malah lebih besar jika dibandingkan Xiaomi Mi 10 yang hanya 4.500 mAh. Xiaomi Mi 10 juga punya mode untuk mengubah refresh rate. 

Xiaomi Mi 10 juga menawarkan kemampuan pengisian super cepat. Xiaomi Mi 10 memiliki dengan dukungan pengisian cepat 30W.

3. Desain Elegan

Xiaomi Mi 10 tentu saja harus menawarkan desain yang premium. Bodi bagian belakang ponsel ini adalah kaca dan lapisan matte yang membuat ponsel ini semakin terasa premium. Bodi yang bagus tersebut dikombinasikan dengan lengkungan di bagian tepi layar atau edge screen. Layar ponsel ini yang mengusung konsep punch-hole display, membuat desain bodi keseluruhan dari ponsel ini sangat bagus dan premium.

4. Performa Kencang

Xiaomi Mi 10 dibekali dengan chipset kencang. Chipset yang digunakan di ponsel adalah Snapdragon 865.

Penggunaan chipset Snapdragon 865 jelas membuat performa HP ini tidak perlu diragukan lagi dalam menjalankan berbagai gim maupun berbagai tugas. HP ini juga sudah didukung RAM 8 GB dan memori internal 256 GB denga tipe UFS 3.0.

5. Kualits Suara Baik

Xiaomi Mi 10 ini ternyata memiliki kualitas suara yang baik berkat dukungan speaker stereo. Berdasarkan tes suara yang dilakukan GSMArena, Xiaomi Mi 10 ternyata menghasilkan suara yang identik dari kedua speaker. Situs Gadgets-China juga memuji kualitas suara ponsel ini. Menurutnya, kualitas suara yang dihasilkan kedua speaker ponsel ini menghasilkan bass yang relatif dalam pada frekuensi rendah, suaranya sangat spasial, dan juga keras.

6. Sensor Sidik Jari Baik

Xiaomi Mi 10 hadir dengan sensor sidik jari di layar. Menariknya, kemampuan sensor sidik jari di layar yang ada di ponsel ini tergolong responsif dan akurasinya sangat baik. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini