Sukses

18 Arti Mimpi yang Paling Umum dan Sering Terjadi, Ambil Hikmahnya

Liputan6.com, Jakarta Arti mimpi sering kali membuat banyak orang penasaran. Pasalnya, mimpi yang terjadi pada setiap orang ini sering kali digambarkan dengan keadaan atau kondisi yang unik. Bahkan, terkadang mimpi tidak selalu diartikan sebagai bunga tidur yang tidak memiliki makna. 

Meskipun belum ada ilmu pasti mengenai yang dapat membuktikan mimpi secara ilmiah, namun mengetahui beberapa arti mimpi dapat membawa perasaan lega tersendiri. Hal ini tentunya bisa dijadikan pelajaran untuk kehidupan nyata.

Arti mimpi bisa jadi memberikan pesan tertentu terhadap kehidupan seseorang. Walaupun hal ini kerap kali tidak disadari. Apalagi jika mimpi yang dialami jauh dari keseharian yang dilakukan oleh seseorang.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengetahui arti mimpi yang paling umum dan sering terjadi untuk mengambil pelajaran untuk kehidupan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/10/2020) tentang arti mimpi.

2 dari 7 halaman

Arti Mimpi yang Paling Umum dan Sering Terjadi

Mimpi Kebelet Buang Air

Arti mimpi kebelet buang air bisa berarti kamu sedang dalam keadaan putus asa dan butuh melepaskan beban yang tersimpan dalam perasaan. Bisa pula jadi tanda bahwa kamu perlu rehat sebentar dari aktivitas sehari-sehari yang membawa beban.

Mimpi Dikejar

Arti mimpi dikejar mungkin juga membuat banyak orang penasaran, karena sering kali terjadi. Menurut psikoterapis Richard Nicoletti pada Huffington Post, penting untuk mengetahui apa atau siapa yang sedang mengejar kamu. Hal ini berarti bahwa ada sesuatu yang ingin dihindari dalam kehidupan nyata.

Mimpi Kematian

Kematian, walaupun hanya dalam mimpi tentu saja tetap terasa menakutkan. Namun, arti mimpi kematian ini mungkin adalah suatu hal akan berakhir dari hidup kamu, bukan nyawa tentunya. Bisa jadi ini merupakan salah satu cara yang tepat untuk melihat kembali, perasaan, emosi, atau bagian dalam hidup kamu yang harus siap untuk dilepaskan.

Mimpi Telanjang di Tempat Umum

Mimpi telanjang di tempat umum tentunya membuat kamu sangat malu, walaupun hanya di dalam mimpi. Beberapa ilmuwan sepakat mengartikan mimpi ini sebagai gambaran rasa gugup yang sedang kamu alami. Hasil penelitian Ian Wallace, seorang ahli psikologi dan pengamat mimpi, menunjukkan bahwa rata-rata orang yang mengalami mimpi ini baru saja memperoleh pekerjaan, naik jabatan, atau akan berhadapan dengan banyak orang yang bikin mereka gugup.

 

3 dari 7 halaman

Arti Mimpi yang Paling Umum dan Sering Terjadi

Mimpi Terjatuh

Masih menurut Wallace, arti mimpi terjatuh menandakan bahwa kamu sedang terlalu serius dan menaruh terlalu banyak perhatian terhadap suatu hal. Jadi, disarankan supaya kamu bisa lebih rileks dan santai. Sementara menurut ahli lain seperti Lauri Loewenberg, mimpi terjatuh umumnya dialami oleh mereka yang sedang dalam tekanan atau masalah sehingga secara tidak langsung memengaruhi alam bawah sadar untuk terus waspada.

Mimpi Terbang

Bergerak ke atas, berarti kebebasan. Arti mimpi ini adalah kamu mungkin baru saja menyelesaikan permasalahan yang sulit dalam hidup atau menuntaskan sebuah proyek. Ini biasanya berkaitan dengan sesuatu yang baik dan memuaskan.

Mimpi Dimakan Ikan

Mimpi dimakan ikan merupakan salah satu mimpi yang cukup sering terjadi. Arti mimpi ini bisa jadi sepertinya ada seseorang sedang berusaha untuk menyakitimu. Oleh karena itu, sebisa mungkin jauhi orang-orang yang berpotensi merugikan dirimu. Carilah teman yang tulus, yang tidak bertindak sebagai parasit di kehidupanmu.

Mimpi Bertemu Selebriti

Terapis perilaku, Shelley Smith mengatakan pada Huffington Post, artis atau selebriti biasanya menggambarkan tentang pencapaian. Jika kamu memimpikan seorang selebriti, itu berarti ada usaha untuk mempertahankan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Siapa selebriti tersebut, serta apa yang mereka rasakan, bisa memberitahu arti dari mimpi tersebut lebih jauh.

4 dari 7 halaman

Arti Mimpi yang Paling Umum dan Sering Terjadi

Mimpi Kehilangan Gigi

Penny Peirce, penulis Dream Dictionary for Dummies, mengemukakan bahwa bermimpi tentang kehilangan gigi dapat memiliki banyak makna. Arti mimpi ini mungkin saja kamu sedang khawatir tentang daya tarik atau penampilan. Mungkin juga menunjukkan bahwa kamu khawatir tentang kemampuan untuk berkomunikasi, atau khawatir bahwa kamu mungkin mengatakan sesuatu yang memalukan.

Mimpi Terlambat

Pakar mimpi Michael R Olsen mengatakan, mimpi ini berarti Anda mendambakan perubahan dalam hidup. Perasaan terkejar-kejar waktu adalah wujud ketakutan Anda melewatkan kesempatan.

Mimpi Ujian

Arti mimpi ujian berarti kamu sedang khawatir karena melupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan nyata. Selain itu, mungkin ada penundaan yang dampaknya berakibat bagi kehidupan kamu.

Mimpi Menaiki Kendaraan yang Sulit Dikendalikan

Salah satu mimpi yang juga cukup sering dialami adalah mimpi menaiki kendaraan yang sulit dikendalikan. Saat mimpi, kamu akan mengalami kendaraan tersebut sangat sulit untuk dihentikan dan membuatmu menjadi panik. Dilansir dari Business Insider, mimpi ini diartikan Wallace sebagai sebuah kesulitan dalam menjaga konsistensi atau memegang kendali terhadap sesuatu. Apabila kamu mengalaminya, disarankan untuk kamu supaya lebih tenang dan mengikuti instingmu dalam meraih sesuatu.

5 dari 7 halaman

Arti Mimpi yang Paling Umum dan Sering Terjadi

Mimpi Tenggelam

Salah satu mimpi tenggelam yang sering dialami ialah tenggelam di lautan luas. Situs Knoji menulis jika seseorang mimpi tersapu ombak hingga tenggelam bisa menandakan orang tersebut baru saja mengalami situasi tidak menyenangkan yang datang mendadak dalam hidupnya.

Mimpi tenggelam di lautan juga bisa jadi tanda bahwa seseorang mengalami situasi tak menyenangkan dan sulit menghadapinya secara emosional. Berbeda halnya dengan mimpi tenggelam karena gelombang raksasa seperti tsunami. Kemungkinan seseorang yang mengalami mimpi ini memiliki fobia atau trauma yang belum bisa diatasi sampai sekarang.

Mimpi Terjebak

Ketika kamu terjebak, ada sebuah situasi yang tidak diketahui cara mengendalikannya. Seperti mengalami konflik dengan seseorang, namun tidak tahu resolusi yang tepat. Jika orang lain yang terjebak dalam mimpi kamu, mungkin ada pemikiran bahwa mereka kehilangan kendali atas dirinya atau orang tersebut membuat keputusan yang salah.

Mimpi Makan Ikan

Arti mimpi berikutnya adalah mimpi makan ikan, terutama setelah kamu melihat prosesnya saat dibersihkan dan digoreng, bisa diartikan bahwa itu adalah sebuah tanda kesehatan tubuh yang baik. Namun, ada interpretasi mimpi lain yang menyebutkan bahwa mimpi makan ikan berarti identik dengan keyakinan dan filsafat yang kamu anut. Kamu mungkin akan segera mendapat pandangan baru yang berhubungan dengan identitas diri.

6 dari 7 halaman

Arti Mimpi yang Paling Umum dan Sering Terjadi

Mimpi Hamil

Arti mimpi hamil juga banyak membuat penasaran. Terkadang, meski kamu sedang tidak berusaha untuk memiliki anak mimpi ini tetap datang. Arti mimpi ini adalah ada sesuatu yang sedang tumbuh dan berkembang dalam diri kamu. Hal ini bisa berupa munculnya ide-ide baru atau pekerjaan yang akan mengarahkan kamu untuk mendapat promosi jabatan.

Mimpi Pasangan Selingkuh

Arti mimpi ini sebaiknya jangan buru-buru membuat kamu mencurigai pasanganmu, karena hal ini bukan berarti menandakan pasanganmu sedang selingkuh. Menurut Loewenberg dan Lawrence, jika kamu mengalami mimpi semacam ini, bisa saja karena kamu dan pasanganmu kurang menghabiskan banyak waktu bersama. Bisa juga karena hubungan kalian tidak memiliki rasa percaya yang kuat terhadap satu sama lain.

Mimpi Laba-Laba

Jika kamu terperangkap dalam jaring laba-laba, itu berarti ada situasi sulit dalam hidup yang dirasakan yang harusnya segera ditangani. Namun, jika mimpi laba-laba ada di rumah, mungkin ini pertanda suatu keberuntungan akan segera berpihak padamu.

Itulah beberapa arti mimpi yang paling umum dan sering terjadi pada banyak orang. Tentunya setiap mimpi harus disikapi dengan bijak, agar kamu mendapatkan dampak positifnya.

 

7 dari 7 halaman

Arti Mimpi Menurut Islam

Dalam Agama Islam, mimpi bisa saja memiliki arti. Contohnya adalah cerita Nabi Ibrahim AS yang diberikan perintah oleh Allah SWT untuk menyembelih anaknya, Ismail, melalui mimpi. Pada zaman kenabian, kebanyakan mimpi memiliki arti yang berupa perintah, wahyu, atau petunjuk yang diberikan oleh Allah SWT kepada beberapa nabi di dalam tidurnya.

Dalam ajaran Islam, mimpi dikelompokkan menjadi tiga bagian dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad SAW berkata:

"Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah." (HR. Bukhari)

Pertama, mimpi adalah kabar gembira dari Allah SWT. Mimpi ini jelas memberikan berupa kabar baik yang telah terbukti pada zaman kenabian. Kedua, mimpi berupa bisikan hati. Maksudnya, mimpi yang terjadi karena angan-angan sendiri atau memikirkan sesuatu atau seseorang terlalu lama. Lalu, yang ketiga adalah mimpi yang berasal dari setan. Ini merupakan mimpi buruk. Dalam tidur pun, setan masih bisa menggoda manusia sehingga sering terjadi mimpi buruk.