Sukses

11 Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar, Perhatikan Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Makanan ikan nila supaya cepat besar perlu diberikan secara rutin. Ikan air tawar yang banyak dikonsumsi ini selain memiliki rasa yang enak dan bergizi, juga memiliki harga yang cukup terjangkau, sehingga banyak diminati.

Selain itu, budi daya ikan nila juga tidak begitu sulit. Selain masa panennya yang cukup cepat, yaitu hanya 4-6 bulan dari masa pendederan, makanannya juga tidak ribet. Bahkan, kamu bisa memberikan tumbuhan yang sering ditemui seperti singkong atau daun talas.

Makanan ikan nila supaya cepat besar cukup mudah disiapkan. Hal ini tentunya perlu diperhatikan karena faktor pakan sangat dalam menyangkut perbesaran ukuran daging dan kelangsungan hidup ikan. Pemberian pakan perlu memperhatikan kandungan nutrisi yang tepat, baik dari pakan ikan alami maupun pakan ikan buatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/10/2020) tentang makanan ikan nila supaya cepat besar.

2 dari 4 halaman

Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Tumbuhan Azolla

Makanan ikan nila supaya cepat besar yang pertama adalah tumbuhan Azolla. Azolla merupakan salah satu tumbuhan paku air yang banyak tumbuh dan tersebar di sawah. Tumbuhan ini tumbuh dari suku Azzollaceae yang hidup mengapung di atas air. Azolla mengandung nutrisi dan protein yang cukup baik hingga 33%. Sehingga sangat menjanjikan untuk membantu pertumbuhan ikan nila. Kamu bisa memberi makan ikan nila dengan azolla yang terlebih dahulu dipotong kecil-kecil atau langsung saja menempatkan azolla dalam kolam. Selain membuat ikan nila cepat besar, azolla juga memiliki harga yang murah.

Daun Talas

Daun talas merupakan salah satu makanan ikan nila supaya cepat besar selanjutnya. Penggunaan daun talas tidak hanya membuat ikan tumbuh lebih besar, namun juga dapat menghemat pengeluaran. Bahkan, makanan ikan nila satu ini juga berguna agar ikan nila tidak ketergantungan dengan pakan buatan seperti pelet.

Kangkung

Kangkung juga bisa dijadikan makanan ikan nila supaya cepat besar layaknya daun talas. Kangkung juga tak kalah berkualitas untuk ikan nila. Kamu bisa memberikan ikan nila makan kangkung dengan cara dipotong kecil terlebih dahulu. Banyak juga pembudi daya yang membiarkan kangkung tumbuh sendiri di kolam agar ikan nila bisa memakanya kapan saja.

3 dari 4 halaman

Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Cacing Sutera

Cacing sutera memiliki kadar protein tinggi hingga 40-57%, lemak 10-13% dan serat 2.04%, sehingga menjadi salah satu makanan ikan nila supaya cepat besar. Cacing sutra juga sering menjadi pakan andalan bagi para peternak ikan, entah ikan konsumsi maupun ikan hias seperti guppy dan cupang.

Hal ini karena cacing sutra memang diyakini dapat mempercepat pertumbuhan ikan. Kamu bisa mendapatkannya dengan mencarinya sendiri di parit atau membelinya pada penjual.

Lumut

Lumut merupakan salah satu makanan ikan nila supaya cepat besar karena mengandung banyak protein. Selain dijadikan makanan alami, lumut juga banyak digunakan oleh para pemancing untuk mendapatkan ikan nila. Lumut biasanya sudah banyak tumbuh di kolam. Tetapi jika sudah habis, kamu bisa mencari lumut di sungai dan sawah untuk tambahan makanan ikan nila.

Kutu Air

Ukuran kutu air yang kecil sangat cocok untuk makanan ikan nila supaya cepat besar. Kuta air bisa kamu temukan di para penjual ikan hias maupun bisa dicari sendiri di sungai dan selokan. Kutu air sangat disarankan untuk makanan ikan nila kecil karena bisa membantu mempercepat pertumbuhan ikan.

Artemia

Artemia merupakan salah satu jenis hewah air berukuran kecil yang sangat baik untuk makanan ikan nila supaya cepat besar. Artemia mengandung lemak dan protein yang banyak dibutihkan untuk pertumbuhan ikan nila. Ukuran artemia yang sangat kecil seperti kutu air ini sangat baik untuk benih ikan nila yang baru menetas.

4 dari 4 halaman

Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Dedak

Dedak juga bisa menjadi makanan ikan nila supaya cepat besar. Apalagi ukuran dedak yang kecil sangat sesuai dengan ukuran mulut ikan nila kecil. Dedak banyak dipilih sebagai makanan ikan nila alternatif karena banyak mengandung karbohidrat yang baik untuk pertumbuhan ikan nila. Selain itu, harga jenis makanan ikan nila kecil ini juga murah dan mudah didapatkan.

Sisa Nasi

Jika kamu mau yang lebih mudah lagi, kamu bisa memberikan ikan nila makanan sisa nasi. Makanan ikan nila supaya cepat besar ini mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila. Kamu juga bisa mencampurkan nasi dengan dedak atau langsung saja memberikannya untuk pakan ikan nila.

Ampas Kelapa

Ampas kelapa juga bisa digunakan menjadi makanan ikan nila supaya cepat besar. Harga ampas kelapa yang murah dan mudah didapatkan menjadi salah satu makanan alternatif agar ikan nila bisa cepat besar. Ampas kelapa banyak mengandung karbohidrat dan protein yang baik untuk pertumbuhan ikan nila.

Pelet

Selain berbagai makanan ikan nila supaya cepat besar yang alami, kamu juga bisa memberikan makanan buatan seperti pelet. Ada banyak jenis pelet ikan nila, mulai dari pelet ikan nila anakan hingga pelet ikan nila indukan. Untuk setiap merek dan ukuran pelet tentu membuat harganya berbeda-beda. Semakin baik kualitanya, maka akan membuat harganya semakin mahal.