Sukses

Punya Suhu Ekstrem, Ini 7 Tempat Paling Dingin di Dunia

Beberapa tempat di dunia ini mempunyai suhu dingin yang ekstrem.

Liputan6.com, Jakarta Bagi yang tinggal di daerah tropis, tentunya pernah terpikirkan untuk tinggal atau berkunjung ke tempat paling dingin atau negara yang memiliki musim dingin. Antartika merupakan salah satu tempat yang cukup sering disebut sebagai tempat paling dingin dan mempunyai suhu ekstrem.

Ada beberapa tempat paling dingin di dunia lainnya yang menarik untuk dikulik. Selain menambah wawasan, beberapa tempat paling dingin di dunia ini juga menarik untuk dikunjungi bagi yang penasaran dengan situasi dan suasana di musim dingin.

Tak semua masyarakat dunia dapat merasakan musim dingin. Pasalnya, ada beberapa negara yang hanya memiliki dua musim yakni musim hujan dan musim panas seperti Indonesia. Musim dingin atau musim salju ialah saat paling dingin di bumi. Musim dingin merupakan salah satu dari 4 musim di negeri-negeri yang beriklim subtropis dan sedang.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang tempat paling dingin di dunia yang memiliki suhu ekstrem, Minggu (25/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Snag, Yukon, Kanada

Snag, Yukon, Kanada merupakan tempat paling dingin pertama yang akan diulas. Yukon adalah sebuah teritori Kanada yang memiliki luas wilayah 482.443 km² dan populasi 31.227 jiwa (2005). Ibu kotanya ialah Whitehorse. Suhu terendah yang dikonfirmasi yang tercatat di sini adalah -63 ° C (-145 ° F). Saat berkunjung ke Yukon, Canada  kamu tentunya harus mempersiapkan jaket dan alat penghangat lainnya.

Yukon jarang penduduknya penuh dengan salju mencair danau dan pegunungan yang tertutup salju abadi. Meskipun iklim yang Arktik dan subarctic dan sangat kering, dengan panjang, musim dingin, jam sinar matahari yang panjang di musim panas pendek memungkinkan tanaman hardy dan sayuran, bunga dan buah untuk tumbuh.

3 dari 8 halaman

2. North Ice, Greenland

Tempat paling dingin selanjutnya yang menarik untuk dikulik yakni North Ice, Greenland. Greenland merupakan negara otonom Kerajaan Denmark yang terletak di antara Samudra Arktik dan Atlantik, sebelah timur Kepulauan Arktik Kanada.

Terletak di antara Samudra Arktik dan Atlantik tak heran jika Greenland merupakan salah satu tempat yang memiliki suhu paling dingin di dunia. North Ice, Greenland memegang rekor suhu terendah di Amerika Utara sejak tahun 1954. Suhu yang tercatat saat itu adalah -66,1 ° C (-151 ° F).

Greenland adalah pulau terbesar di dunia (Australia dan Antarktika, sama-sama lebih besar daripada Greenland, umumnya dianggap sebagai benua. Tiga per empat Greenland ditutupi oleh satu-satunya lempeng es abadi selain Antarktika. Greenland adalah wilayah berpenduduk terjarang di dunia.

4 dari 8 halaman

3. Oymyakon, Rusia

Oymyakon merupakan tempat terdingin di dunia selanjutnya yang menarik untuk diulas. Pasalnya, Oymyakon merupakan kota terdingin di bumi pada tanggal 26 Januari 1926 dengan suhu -71.2 °C. Oymyakon adalah sebuah kota di Republik Sakha, Rusia. Kota ini terletak di bagian timur negara itu. Bermuara di Sungai Indigirka. 

Oymyakon memegang rekor sebagai tempat berpenduduk permanen paling dingin di dunia. Desa yang berada 350 mil (350 km) di bawah Lingkaran Arktik, adalah rumah bagi lebih dari 210.000 orang, meskipun tanahnya berada dalam kondisi permafrost (tanah yang berada di titik beku pada suhu nol derajat Celcius) yang konstan.

5 dari 8 halaman

4. Verkhoyansk, Rusia

Verkhoyansk merupakan sebuah kota di Republik Sakha bermuara di Sungai Yana, terletak di Lingkaran Arktik. Letaknya 875 km dari kota Yakutsk. Kota ini dikenal adanya sungai, bandara, maupun pelabuhan. Pada musim dingin tiba, suhu udara di kota ini mencapai -50 °C (-59 °F).

Tempat ini cukup dingin dengan rekor suhu -67,6 ° C (-154 ° F), tetapi juga memiliki catatan lain yakni Suhu terendah dan tertinggi yang tercatat di Verkhoyansk adalah 105 ° C (221 ° F).  Selain menjadi tempat terdingin ketiga di dunia, Verkhoyansk pun adalah kota terkecil ketiga di Rusia. Sementara Verkhoyansk memiliki beberapa musim dingin paling dingin di dunia, kota ini juga punya kisaran suhu yang sangat luas di antara musim-musim.

6 dari 8 halaman

5. Stasiun Vostok, Antartika

Stasiun Vostok  adalah stasiun penelitian Rusia yang terletak di Kutub Selatan. suhu terendah yang pernah tercatat di sini adalah -89,2 ° C (192,56 ° F). Stasiun Vostok juga merupakan salah satu tempat di Bumi dengan sinar matahari paling banyak.

7 dari 8 halaman

6. Denali, Alaska

Denali merupakan tempat terdingin selanjutnya yang mempunyai suhu ekstrem. Puncak gunung ini memiliki pencatatan suhu -73 ° C (163,4 ° F). Angin dingin bisa naik (atau turun) hingga -83,4 ° C (182 ° F). Terletak di Pegunungan Alaska di pedalaman negara bagian Alaska, Denali merupakan tengara di Denali National Park and Preserve.

Denali atau Gunung McKinley adalah gunung tertinggi di Amerika Utara yang puncaknya berada di ketinggian 20.237 kaki (6.168 m) di atas permukaan laut. Dengan tinggi dasar-ke-puncak sebesar 18.000 kaki (5.500 m), Denali merupakan gunung daratan tertinggi di dunia.

 

8 dari 8 halaman

7. Dome Argus, Dataran Tinggi Antartika

Dome A atau Dome Argus adalah kubah es tertinggi di Dataran Tinggi Antartika, yang terletak 1.200 kilometer (750 mil) ke pedalaman. Dome Argus dianggap sebagai tempat terdingin di bumi secara alami dengan suhu diyakini mencapai −90 ° C (−130 ° F) hingga −98 ° C (−144 ° F). Dome Argus terletak di Lapisan Es Antartika Timur yang masif, dan merupakan fitur es tertinggi di Antartika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini