Sukses

10 Cara Membuat Kondisioner Alami untuk Rambut, Lebih Hemat

Bahan alami bisa dimanfaatkan sebagai kondisioner.

Liputan6.com, Jakarta Kondisioner sangat penting untuk mengatasi rambut kering. Kondisioner membantu meregenarasi rambut dengan memperbaiki rambut yang rusak, kering, dan terpapar bahan kimia. Saat diaplikasikan ke batang rambut, kondisioner bekerja menjaga rambut tetap kuat dan utuh.

Kondisioner membantu menghaluskan batang rambut dan menjaganya tetap terhidrasi, dan mencegah kusut. Ada banyak jenis kondisioner yang tersedia di pasaran. Kamu juga bisa membuat kondisioner alami sendiri di rumah.

Membuat kondisioner alami sendiri tentunya akan lebih hemat dan tanpa bahan kimia. Kondisioner alami ini juga efektif mencegah rambut kering. Bahan-bahan alaminya mampu menutrisi rambut dan menyehatkannya. Berikut 10 cara membuat kondisioner alami yang dirangkum liputan6.com dari Stylecraze, Senin (26/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Kondisioner Alami

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang membantu menyehatkan dan menutrisi rambut dari dalam. Panaskan 3 sendok makan minyak kelapa selama beberapa detik hingga agak hangat. Mulailah memijat minyak ini ke kulit kepala sampai ke ujung rambut.

Setelah rambut dan kulit kepala tertutup sepenuhnya, bungkus rambut dengan handuk hangat dan tunggu selama 45 menit. Lanjutkan untuk mencuci rambut dengan air dingin dan sampo bebas sulfat. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung squalene, yang berfungsi sebagai pelembap atau emolien. Mengoleskan minyak zaitun ke rambut dapat mengisi kembali helai rambut dengan kelembapan, mencegah kerusakan, dan meningkatkan kilau.

Hangatkan 2-3 sendok makan minyak zaitun dan pijatkan ke kulit kepala dan rambut. Setelah semua rambut terlapisi minyak, bungkus dengan handuk hangat dan tunggu selama 30 menit. Bilas dengan air dan sampo. Lakukan ini 3 kali seminggu.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Kondisioner Alami

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki efek mendinginkan dan menyejukkan saat dioleskan pada rambut. Lidah buaya menembus folikel rambut dengan mudah dan mengkondisikan rambut kering dan rusak.

Campur 1 buah air lemon, 4 sendok makan gel lidah buaya, dan 5 tetes minyak esensial peppermint. Cuci rambut dengan sampo dan oleskan kondisioner ini pada rambut basah. Tunggu 5 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Pisang

Pisang merupakan sumber silika yang sangat baik. Silika membantu mengurangi rambut rontok dan membuat rambut lebih cerah. Pisang juga membantu mengondisikan rambut dan mengisi kembali ujung rambut yang rusak, membuat rambut lembut dan kuat.

Dalam mangkuk, haluskan satu buah pisang hingga benar-benar bebas dari gumpalan. Tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke rambut sampai seluruhnya tertutup. Tutup rambut dengan handuk atau shower cap, diamkan selama 30 menit. Bilas rambut dengan air dingin dan sampo.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Kondisioner Alami

Yogurt

Yogurt tidak hanya mengkondisikan rambut tetapi juga mencegah kerusakan rambut. Campurkan 3 sendok makan yogurt, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan cuka sari apel, 1 sendok makan minyak kelapa, dan 5 tetes minyak esensial peppermint.

Cuci rambut dengan sampo dan air hangat. Peras air dari rambut dan mulai gunakan kondisioner. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini 3 kali seminggu.

Santan

Santan dan ekstraknya merupakan pelembap yang bagus untuk rambut. Ini kaya vitamin B, C, dan E yang membantu menjaga kesehatan rambut.

Campur 1 1/2 sendok makan santan dan 1 sendok makan sampo. Gunakan campuran ini untuk keramas seperti biasa. Setelah bilasan sampo, mbil 1/2 sendok makan santan di telapak tangan dan oleskan ke rambut. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Kondisioner Alami

Madu dan minyak zaitun

Baik minyak zaitun dan madu adalah kondisioner alami yang membantu melembabkan dan menutrisi rambut. Madu juga membantu mencegah ketombe yang disebabkan oleh dermatitis seboroik.

Campurkan 2 sendok makan madu dan 4 sendok makan minyak zaitun. Bagi rambut menjadi empat bagian dan mulailah mengoleskan campuran tersebut. Setelah rambut sepenuhnya tertutup campuran ini, tutupi dengan shower cap. Biarkan selama selama sekitar 30 menit dan kemudian lanjutkan dengan mencuci rambut.

Madu dan minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung lemak esensial yang dapat membantu mengurangi kerusakan rambut. Madu adalah emolien dan memiliki efek kondisioner rambut. Madu menyegel kelembapan di rambut dan membuatnya tetap lembut dan berkilau.

Campurkan 1 sendok makan minyak kelapa murni, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan jus lemon, dan 1 sendok makan air mawar. Aplikasikan pada rambut yang baru dicuci. Biarkan selama sekitar 10-15 menit dan bilas dengan air.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Kondisioner Alami

Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung nutrisi asam asetat dan alkali. Nutrisi ini membantu menyeimbangkan pH rambut. Rambut kering cenderung memiliki pH yang lebih tinggi. Cuka sari apel apat membantu menurunkan pH dan memperbaiki tekstur rambut seiring waktu.

Campur 2 sendok makan cuka sari apel dengan 1 gelas air. Keramas dengan samp boasa dan tuangkan larutan cuka sari apel ke rambut basah. Pijatkan ke kulit kepala dan pastikan tersebar merata ke seluruh rambut. Bilas dengan air dingin.

Telur

Kuning telur kaya akan vitamin A, B, dan E. Vitamin ini berkontribusi pada rambut yang sehat, kuat, dan lembut. Kocok 2 kuning telur dan sisihkan. Oleskan telur ke rambut dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin dan sampo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini