Sukses

9 Komplikasi Asam Urat Tinggi, Perhatikan Penyebab dan Pengobatannya

Liputan6.com, Jakarta Komplikasi asam urat tinggi sangat penting diketahui. Tak sekadar untuk informasi, tetapi pencegahan dan antisipasi. Masalahnya, komplikasi asam urat tinggi tak hanya menyerang persendian, tetapi organ ginjal, jantung, sampai mental.

Jika diamati dari faktor risiko, komplikasi asam urat tinggi berisiko terjadi pada lansia yang berjenis kelamin pria. Gejala awal asam urat adalah penumpukan kristal monosodium urat. Penumpukan inilah yang nantinya akan menyebabkan peradangan sampai gangguan organ.

Untuk itu mulai perhatikan kadar asam urat dan jangan sampai terlambat. Solusi yang bisa dilakukan untuk menghindari komplikasi asam urat tinggi adalah penurunan kadar asam urat dalam darah. Lakukan pemeriksaan secara rutin dan terapkan kebiasaan sehat sebagai penunjangnya.

Berikut Liputan6.com ulas komplikasi asam urat tinggi dari berbagai sumber, Selasa (3/11/2020).

2 dari 7 halaman

Komplikasi Asam Urat Tinggi

Tophi

Asam urat yang sudah lama mengendap dan tinggi bisa membentuk benjolan. Benjolan ini disebut tophi dan termasuk komplikasi asam urat tinggi. Lokasi pembentukan kristal-kristal asam urat tinggi menjadi benjolan ada pada persendiran.

Meski berada di persendian, kebanyakan kasus tidak menyebabkan nyeri pada daerah persendian. Paling sering muncul pada daerah jari tangan, ujung siku, dan ibu jari. Selain persendian, benjolan juga bisa muncul di daun telinga, pergelangan kaki, dan pita suara.

Memang tidak menyakitkan, tetapi jika terus dibiarkan dan menjadi bengkak atau meradang bisa sakit. Bukan tak ada dampak, thopi bisa mengikis kulit dan jaringan sekitar sendi. Hal ini yang akan memicu kerusakan dan kehancuran daerah persendian.

Deformitas Sendi

Asam urat memang tidak bisa sembuh secara total, tetapi membiarkan saja juga bukan solusi tepatnya. Kemungkinan serangan asam urat yang akut akan sering terjadi dan mengganggu penderitanya. Kondisi ini disebut deformitas sendi yang termasuk komplikasi asam urat tinggi, pemicunya kerusakan jaringan sendi.

Akibat deformitas sendi adalah kerusakan sendi permanen, kelainan bentuk, dan kekakuan sendi. Erosi tulang juga bisa terjadi, lebih tepatnya ketika sendi keluar dari jalurnya. Lalu tulang rawan akan hilang dan sendi rusak total. Akhirnya penderita akan kesulitan bergerak karenanya.

3 dari 7 halaman

Komplikasi Asam Urat Tinggi

Batu Ginjal

Batu ginjal adalah komplikasi asam urat tinggi yang harus diwaspadai. Kristal asam urat tak hanya berdampak pada persendian dan bikin nyeri. Kristal ini juga bisa membantuk batu di organ saluran kemih. Jika terus dibiarkan sudah pasti akan berakibat fatal.

Kristal asam urat akan menumpuk dan menjadi batu ginjal menyakitkan. Apabila konsentrasinya sangat tinggi, maka penyakit ginjal bisa berisiko terjadi.

Gejala yang dialami penderita tidak biasa. Akan terasa nyeri di bagian samping, belakang, dan bawah tulang rusuk. Lalu urin penderita akan muncul bercak darah, dan gejala batu ginjal lainnya.

Penyakit Ginjal

Komplikasi asam urat tinggi biasanya akan diawali dengan batu ginjal sebelum benar-benar menjadi penyakit ginjal. Tepatnya ketika limbah dalam darah yang seharusnya disaring justru mengendam dan menjadi kristal batu terus menerus.

Tak cukup menjadi penyakit ginjal biasa. Penderita asam urat tinggi yang terus memburuk bisa berdampak mengalami gagal ginjal. Jika penderita asam urat tinggi berisiko sakit ginjal, penderita ginjal juga berisiko memiliki asam urat tinggi.

Diabetes

Menurut sebuah penelitian, kadar asam urat tinggi di dalam darah dapat meningkatkan risiko diabetes hingga 20 persen. Komplikasi asam urat tinggi ini sangat membahayakan dan mengancam nyawa penderitanya.

Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan.

Diabetes juga dapat menyebabkan terjadinya fluktuasi kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan (hipoglikemia) atau peningkatan kadar gula darah (hiperglikemia) secara tiba-tiba.

4 dari 7 halaman

Komplikasi Asam Urat Tinggi

Penyakit Jantung

Asam urat yang terus tinggi bisa membahayakan nyawa penderitanya. Hal ini disebabkan karena komplikasi asam urat tinggi berdampak juga bagi kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian, penurunan kadar asam urat sama dengan menghilangkan risiko penyakit jantung koroner.

Ketika sudah mengalami komplikasi asam urat tinggi ini, pastikan mulai semangat menurunkan kadarnya. Lalu lakukan kegiatan penunjang kesehatannya seperti penurunan berat badan, tekanan darah, kolesterol, dan gula darah. Konsultasikan dengan dokter dan minimalkan konsumsi jamu yang bisa membahayakan pencernaan.

Gout Artritis

Gout artritis adalah komplikasi asam urat tinggi yang menyerang sendi. Berbeda dengan komplikasi thopi atau benjolan pada sendi. Gout menyebabkan rasa nyeri luar biasa yang terjadi terus menerus pada daerah persendian.

Nyeri yang dialami biasanya menyerang jempol kaki, pergelangan kaki, seluruh bagian kaki, tangan, lutut, dan pergelangan tangan. Jika sudah sangat parah, biasanya pembengkakan, muncul kemerahan, dan ketidaknyamanan akan menghinggapi penderitanya.

Selain harus membatasi gerak, penderita akan mengalami beberapa gejala. Demam dan nyeri hebat pada sendi akan terjadi sangat lama. Bisa bertahan berjam-jam sampai seharian. Lama kelamaan, serangan gout akan timbul lebih sering dan lebih lama.

5 dari 7 halaman

Komplikasi Asam Urat Tinggi

Parkinson

Parkinson adalah penyakit degenerative saraf. Penyakit ini termasuk komplikasi asam urat tinggi yang patut diwaspadai. Penderitanya biasanya akan mengalami tremor, kekakuan otot, dan sulit bergerak.

Asam urat yang tinggi bisa memicu penyakit ini selain tekanan darah dan penuaan sel. Der Vera M dkk (2011) menemukan faktor risiko Parkinson adalah hiperurisemia atau kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi.

Gangguan Mental

Banyak penderita asam urat tinggi sulit beristirahat atau tidur. Dampaknya lebih parah dari masalah insomnia, yakni gangguan mental. Komplikasi asam urat tinggi memang tak terlihat kasat mata, tetapi terbilang cukup berbahaya.

Penderita asam urat kebanyakan akan terus mengalami nyeri luar biasa hebat. Kesulitan berjalan, bekerja, bahkan bepergian. Komplikasi asam urat tinggi ini mirip dengan kondisi stroke. Bedanya, perasaan cemas, Depresi, dan stres masih bisa menghinggapi penderita asam urat tinggi.

6 dari 7 halaman

Penyebab Asam Urat Tinggi

Makanan dan minuman

Mengonsumsi makanan yang memiliki kadar purin tinggi seperti jeroan (ginjal, hati, ampela), makanan laut (kepiting, kerang, ikan teri) dan daging merah. Selain jenis makanan tersebut, minuman manis dan alkohol juga dapat menyebabkan peningkatan asam urat.

Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan dapat menyebabkan peningkatan asam urat, misalnya obat diuretik atau aspirin.

Kelebihan berat badan

Berat badan yang berlebihan membuat tubuh memproduksi lebih banyak asam urat, sehingga kadarnya dapat melonjak di dalam tubuh. Kondisi ini akan membuat ginjal kesulitan untuk  membuang asam urat dari tubuh.

Riwayat keluarga

Jika ada salah satu atau beberapa anggota keluarga memiliki masalah asam urat, maka risiko Anda mengalami masalah yang sama pun dapat meningkat.

7 dari 7 halaman

Pengobatan Asam Urat Tinggi

Asam urat/gout tidak dapat disembuhkan. Meski demikian, kondisi ini dapat dikontrol lewat pengobatan. Keluhan yang dirasakan penderita asam urat biasanya akan hilang dalam waktu 24 jam setelah pengobatan asam urat dimulai.

Pengobatan Asam urat secara umum dilakukan dengan obat antiinflamasi golongan NSAIDs –seperti ibuprofen atau naproxen. Obat asam urat ini secara umum diberikan untuk mengobati serangan berat dan mendadak untuk menurunkan peradangan dan nyeri.

Untuk penderita asam urat/ gout yang tidak dapat menggunakan NSAIDs akan diberikan kortikosteroid, steroid yang bekerja menurunkan peradangan.

Steroid dapat disuntik (injeksi) langsung pada sendi yang terkena atau diminum dalam bentuk pil. Obat ini tidak digunakan pada waktu serangan akut namun digunakan untuk mengontrol kadar dari asam urat.