Sukses

7 Jenis-Jenis Sudut dalam Geometri, Lengkap dengan Gambarnya

Sudut merupakan bagian dari pelajaran geometri.

Liputan6.com, Jakarta Jenis-jenis sudut merupakan bagian dari pelajaran geometri. Geometri adalah cabang matematika yang bersangkutan dengan pertanyaan bentuk, ukuran, posisi relatif gambar, dan sifat ruang. Mengetahui jenis-jenis sudut bisa membantu mengetahui karakteristik suatu benda. 

Sudut merupakan bentuk yang dihasilkan oleh dua garis lurus yang saling berpotongan. Ada sejumlah jenis-jenis sudut yang perlu diketahui. Jenis-jenis sudut ini dibagi berdasarkan besar derajatnya. Sudut juga digunakan untuk menunjukkan ukuran sudut atau rotasi. Ukuran ini adalah perbandingan panjang busur lingkaran dengan jari-jarinya.

Dalam jenis-jenis sudut bagian dari pelajaran geometri, besar minimal sudut adalah 0 derajat dan maksimal 360 derajat. Jenis-jenis sudut ini memiliki nama sendiri seperti sudut siku-siku, tumpul, lancip, lurus, dan banyak lagi.

Berikut jenis-jenis sudut dalam geometri, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(4/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Mengenal sudut

Sudut adalah bentuk yang dihasilkan dari adanya dua garis dengan arah yang menyebar dari satu titik yang disebut dengan titik vertex. Dalam bangun dua dimensi yang beraturan, sudut dapat diartikan sebagai ruang antara dua buah ruas garis lurus yang saling berpotongan.

Dua kurva yang berpotongan juga menentukan sudut. Ini merupakan sudut garis singgung pada titik perpotongan. Besar sudut maksimal adalah 360 derajat dan minimal 0 derajat. Sudut dapat diukur dengan bantuan busur derajat.

3 dari 9 halaman

Jenis-jenis sudut: Nol Derajat (0°)

Jenis-jenis sudut yang pertama adalah sudut nol derajat. Dalam bahasa Inggris sudut ini disebut dengan "zero degree". Sudut ini memiliki 0° di mana kedua garis pada sudut saling berimpit dan sama sekali tidak membentuk daerah sudut.

Sudut tersebut hanya terlihat seperti sebuah garis lurus, padahal sebenarnya merupakan 2 garis yang saling berimpit. Sudut ini mungkin sulit untuk dibayangkan.

Jika ini sulit untuk dibayangkan, bayangkan dua garis yang membentuk beberapa sudut lebih besar dari nol derajat. Kemudian bayangkan salah satu garis berputar ke arah garis lainnya sampai keduanya terletak pada garis yang sama. Sudut yang mereka buat telah menyusut dari ukuran aslinya menjadi nol derajat. Sudut yang sekarang terbentuk memiliki ukuran nol derajat.

4 dari 9 halaman

Jenis-jenis sudut: lancip (0° < x < 90°)

Sudut lancip merupakan jenis sudat yang memiliki besar sudut antara 0° hingga kurang dari 90°. notasi matematika dari sudut ini adalah 0° < x < 90°. x merupakan besar sudut yang diukur. Sudut ini lebih kecil dari sudut siku-siku.

Dalam bahasa Inggris sudut lancip disebut dengan "acute angle". Segitiga yang dibentuk oleh semua sudut berukuran kurang dari 90˚ juga dikenal sebagai segitiga lancip. Poligon seperti segitiga, jajaran genjang, trapesium terdiri dari setidaknya satu sudut lancip di dalamnya.

5 dari 9 halaman

Jenis-jenis sudut: siku-siku (90°)

Jenis-jenis sudut selanjutnya adalah sudut siku-siku. Sudut siku-siku adalah sudut yang memiliki besar sudut tepat 90°. Jika dua garis lurus saling berpotongan pada sudut 90˚ atau saling tegak lurus di persimpangan, keduanya membentuk sudut siku-siku.

Sudut siku-siku diwakili oleh simbol ∟. Sudut siku-siku, di dalam bahasa Inggris juga umum disebut dengan "right angle". Contoh sudut siku-siku ada di kehidupan sehari-hari. Kamu bisa melihat sudut siku-siku di sudut-sudut ruangan, buku, kubus, jendela dan di beberapa tempat lainnya.

6 dari 9 halaman

Jenis-jenis sudut: Tumpul (90° < x < 180°)

Sudut tumpul merupakan salah satu jenis sudut yang mempunyai besar sudut antara 90° hingga kurang dari 180°. Jika diterjemahkan ke dalam notasi matematika, sudut tumpul dituliskan dengan 90° < x < 180°, di mana x adalah besar sudut yang diukur.

Dalam bahasa Inggris sudut tumpul disebut juga sebagai "obtuse angle". Sudut tumpul sebuah segitiga adalah segitiga yang salah satu sudutnya lebih besar dari 90 derajat. Segitiga tumpul bisa berupa segitiga sama kaki atau tak sama panjang.

7 dari 9 halaman

Jenis-jenis sudut: Lurus (180°)

Sudut dengan ukuran 180 derajat disebut sudut lurus. Itu terlihat seperti garis. Tapi sudut lurus berbeda dengan sudut 0 derajat. Bayangkan dua garis yang membentuk beberapa sudut lebih besar dari nol derajat. Kemudian bayangkan salah satu garis berputar berlawanan arah garis lainnya sampai keduanya terletak pada garis yang sama. Inilah yang disebut dengan sudut lurus.

Dalam bahasa Inggris, sudut lurus disebut "straight angle". Sudut lurus terlihat seperti garis lurus, tetapi memiliki dua lengan. Di sisi lain, garis lurus hanya memiliki satu lengan yang menunjuk ke satu arah.

8 dari 9 halaman

Jenis-jenis sudut: Refleks (180° < x < 360°)

Jenis sudut ini memiliki besar sudut antara 180° hingga kurang dari 360°, atau jika ditulis dalam notasi matematika 0° < x < 90°, dengan x merupakan besar sudut yang diukur.

Sudut refleks memiliki julukan "reflex angle" dalam bahasa Inggris. Sudut ini lebih dari satu sudut lurus, tetapi kurang dari satu rotasi penuh. Ukuran sudut refleks ditambahkan ke sudut lancip atau tumpul untuk membuat lingkaran 360 derajat penuh.

9 dari 9 halaman

Jenis-jenis sudut: Penuh (360°)

Sudut penuh merupakan jenis sudut yang mempunyai besar 360°. Sudut penuh cenderung membentuk daerah lingkaran penuh. Sudut penuh di dalam bahasa Inggris umum disebut dengan “complete angle”.

Pada sudut ini garis lurus membentuk sudut 360 derajat untuk mencapai posisi awalnya sepenuhnya dengan rotasi. Sudut lengkap direpresentasikan sama dengan sudut nol perbedaanya adalah arah dan jumlah rotasinya.

Jika sudut nol salah satu garis berputar ke arah garis lainnya sampai keduanya terletak pada garis yang sama. Makan sudut penuh didefinisikan sebagai salah satu garis berputar berlawanan arah garis lainnya sampai garis terebut mencapai garis yang satunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini