Sukses

7 Cara Mencegah Kabel Digigit Tikus, Penting Dipahami

Selain jadi sumber penyakit, keberadaan tikus bisa merusak barang-barang di dalam terutama kabel.

Liputan6.com, Jakarta Cara mencegah kabel digigit tikus wajib untuk Anda ketahui. Mengingat terdapat bahaya yang bisa muncul akibat kabel rusak atau putus karena gigitan tikus, salah satunya korsleting, jika memang yang terkena gigitan adalah kabel dengan arus listrik. Bahkan beberapa perangkat elektronik yang kabelnya terputus, benar-benar tidak bisa diperbaiki dan harus beli baru. 

Meski dengan terpaksa harus membeli yang baru, tapi jika tidak memahami bagaimana cara mencegah kabel digigit tikus tersebut, kejadian barang rusak akan berulang. Tentunya Anda tidak mau bukan?

Nah, sebenarnya cara mencegah kabel digigit tikus cukup mudah dilakukan. Bahkan, cara mencegah kabel digigit tikus yang efektif tidak selalu dengan memasang perangkap di sekitar area kabel.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber bagaimana cara mencegah kabel digigit tikus yang tepat dan efektif dilakukan, Senin (9/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Merapikan Kabel

Meski terdengar sederhana, cara mencegah kabel digigit tikus ini sangat efektif dilakukan. Sangat penting bagi Anda untuk tidak membiarkan kabel berserakan di rumah. Sebab hal ini akan menarik perhatian tikus.

Salah satu yang perlu diwaspadai salah satunya di area dengan sudut-sudut lembap seperti dapur. Biasanya, tikus akan sangat senang bersembunyi di celah lembap sekitar kulkas atau kardus. Nah, apabila sudah selesai menggunakan alat dapur yang menggunakan listrik, seperti blender, ada baiknya segera merapikan dan meletekkannya di area yang aman.

jangan sampai membiarkan kabel perangkat elektronik terurai. Sebab tikus akan mengira kabel tersebut mainan. Lalu jangan lupa mengelap kabel yang mungkin terkena bumbu atau bahan masakan. Tentunya agar tikus tidak tertarik dengan aroma yang menempel.

3 dari 8 halaman

2. Gunakan Kapur Barus

Kapur barus bisa menjadi cara mencegah kabel digigit tikus yang efektif. Sebab, kapur barus memiliki aroma yang sangat menyengat dan tikus membenci aroma tersebut. Kapur barus juga berguna mencegah area sekitarnya menjadi lembap. Anda bisa meletakkan kapur barus di area yang dekat dengan kabel. Hal tersebut bisa mencegah tikus mendekat dan menggigit kabel.

Selain kapur barus, menggunakan bahan alami seperti jeruk atau bawang juga dipercaya bisa mengusir tikus karena bau menyengatnya.

4 dari 8 halaman

3. Pakai Pelindung Kabel

Sebenarnya, sudah banyak jenis kabel yang diklaim anti gigitan tikus. Selain itu, beberapa jenis kabel sudah banyak yang cukup tebal. Namun, walaupun lapisan luar pelindung kabel sudah sangat tebal, tikus masih bisa saja menggigit dan membuat kabel terkelupas atau bahkan putus. Untuk jenis kabel yang cukup tebal, Anda bisa membeli pelindung kabel yang dijual di toko-toko alat kelistrikan.

Sedangkan untuk jenis kabel yang pelindungnya tipis, seperti kabel cas atau headset, Anda bisa membeli pelindung kabel yang banyak dijual di toko aksesoris ponsel. Namun tetap, jangan sampai membiarkan kabel terurai meski sudah diberi pelindung kabel tersebut.

5 dari 8 halaman

4. Dengan Hewan Peliharaan

Mungkin cara mencegah kabel digigit tikus ini jarang disadari. Apabila Anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, maka sangat berguna mencegah adanya tikus yang bersarang di rumah. Sebab, tikus biasanya akan menghindari area-area rumah yang terdapat hewan peliharaan.

6 dari 8 halaman

5. Gunakan Perangkap Tikus

Cara mencegah kabel digigit tikus yang bisa dibilang sangat tradisional adalah dengan jebakan. Memang, dengan melindungi kabel itu sendiri belum cukup, sebab sumber utamanya adalah tikus yang ada di area rumah. Sebaik-baiknya kabel dilindungi masih ada potensi rusak karena gigitan tikus.

Nah, mau tidak mau Anda perlu menyiapkan perangkap tikus. Anda bisa menggunakan perangkap tikus seperti lem atau mungkin racun tikus. Anda bisa memasangnya di area sekitar kabel, terutama yang berpotensi dilewati tikus.

Namun, hati-hati saat memasang perangkap tikus tersebut, bisa saja perangkap tersebut justru melukai Anda sendiri jika tidak hati-hati. Akan lebih baik jika Anda meletakkan perangkap tikus tersebut di area yang sedikit jauh dari lalu lalang penghuni rumah.

7 dari 8 halaman

6. Gunakan Mouse Repellent

Kemudian, cara mencegah kabel digigit tikus ini bisa dibilang cukup modern. Penggunaan alat dengan frekuensi ultrasound ini bisa membuat tikus enggan mendekat. Sebab tikus bisa mendengar suara ultrasound yang merupakan frekuensi tinggi namun tidak bisa didengar manusia. Alat ini banyak dijual di toko-toko. Alat ini akan terus memancarkan suara frekuensi tinggi yang bisa mengganggu dan mengusir tikus.

Anda cukup menancapkan alat ini di terminal listrik dan akan lebih efektif jika diletakkan pada area-area yang memang sangat lembap dan biasa dijadikan sarang tikus. Atau bisa juga diletakkan pada area-area dekat kabel.

8 dari 8 halaman

7. Selalu Jaga Kebersihan

Sebenarnya, dari berbagai cara mencegah kabel digigit tikus di atas, yang paling penting dan paling efektif justru dengan memperhatikan kebersihan serta kerapian area di sekitar kabel tersebut. Apabila di area kabel dan sekitarnya berbau serta kotor, maka akan sangat mengundang tikus untuk datang.

Kemudian, jangan lupa juga untuk menjaga sirkulasi udara dan hindari adanya barang menumpuk yang bisa menyebabkan banyak lokasi untuk tikus bersembunyi. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.