Sukses

9 Jenis Bunga yang Punya Manfaat untuk Kecantikan, Ketahui Kandungannya

Mengulas jenis bunga yang punya manfaat untuk kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa jenis bunga yang punya manfaat untuk kecantikan. Bunga memang kerap dijadikan sebagai bahan utama untuk produk kecantikan karena punya banyak manfaat. Namun, tidak semua jenis bunga bisa digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan, ada beberapa jenis bunga yang punya manfaat untuk kecantikan dan dijadikan sebagai bahan utama produk kecantikan. 

Mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk wajah, tak heran jika bunga dijadikan sebagai bahan utama untuk produk kecantikan. Bahan-bahan alami dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kecantikan wajah, salah satunya adalah bunga. Bunga memiliki beberapa kandungan zat yang dapat merawat kulit.

Beberapa jenis bunga yang punya manfaat untuk kecantikan ini bisa membantu kamu mengatasi permasalahan wajah kamu. Kamu bisa coba menggunakannya untuk mengatasi permasalahan wajah kamu dengan memperhatikan kandungannya terlebih dahulu.

Ada beberapa produk kecantikan yang bisa kamu buat sendiri di rumah, seperti air mawar contohnya. Beberapa jenis bunga yang punya manfaat untuk kecantikan bisa kamu olah sendiri untuk membantu mengatasi permasalahan wajah kamu dengan mengintip cara membuatnya yang benar di internet.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang jenis bunga yang punya manfaat untuk kecantikan, Selasa (10/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Bunga yang Punya Manfaat untuk Kecantikan

Bahan-bahan alami memang kerap digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit wajah, salah satu diantaranya adalah bunga. Beberapa jenis bunga yang puntya manfaat untuk kecantikan ini perlu untuk kamu ketahui juga beserta kandungannya.

1. Bunga Mawar

Jenis bunga yang punya manfaat untuk kecantikan yang pertama yakni adalah bunga mawar. Bunga mawar memang kerap digunakan dan populer sebagai bahan utama untuk membuat produk kecantikan. Tak dapat dipungkiri karena ekstrak mawar cenderung aman bagi seluruh jenis kulit. Namun, fungsi utamanya adalah melembapkan wajah yang kering.

Mawar memiliki khasiat antiseptik, antiinflamasi, dan astringen yang dapat meredakan iritasi atau luka, seperti kemerahan pada kulit. Kamu bisa membuat ekstrak air mawar dan gunakan sebagai toner untuk menyegarkan wajah. 

2. Bunga Melati

Jenis bunga yang punya manfaat untuk kecantikan berikutnya adalah bunga melati. Melati menjadi bahan alami yang dapat menenangkan dan melembapkan kulit sehingga tidak akan menyebabkan iritasi. 

penggunaan melati sebagai perawatan kulit juga tidak akan menyumbat pori-pori wajah. Sifat antibakterinya justru membantu membersihkan noda, seperti bekas jerawat atau luka.

Untuk menjadikan melati sebagai perawatan kulit, campurkan 20 kuntum bunga melati dengan asam kawak, belerang, dan air jeruk nipis. Cuci semua bahan dan tumbuk hingga halus menjadi pasta. Aplikasikan pada wajah sebagai masker selama 10-15 menit.

3. Bunga Lavender

Jenis bunga yang punya manfaat untuk kecantikan berikutnya yakni adalah bunga lavender. Lavender memiliki aroma yang menenangkan, dan bisa dijadikan untuk bahan kecantikan. Terkenal karena penggunaannya sebagai minyak esensial, lavender membantu dalam menormalkan jenis kulit kering, berminyak dan sensitif, dengan menciptakan keseimbangan produksi sebum.

Lavender juga membantu dalam meringankan dan mengurangi ketegangan dengan memberikan efek menenangkan pada kulit. Lavender penuh dengan sifat-sifat antibakteri dan antiseptik, yang merupakan alasan mengapa ia termasuk dalam kandungan beberapa masker wajah dan krim.

3 dari 4 halaman

Jenis Bunga yang Punya Manfaat untuk Kecantikan

4. Chamomile

Jenis bunga yang punya manfaat untuk kecantikan selanjutnya adalah chamomile. Bunga chamomile adalah bunga ajaib untuk semua penggemar perawatan kulit. Bunga Ini mengandung sifat anti-inflamasi, anti-jamur, antibakteri dan antiseptik.

Sifat-sifat tersebut membantu kulit mendapatkan kembali elastisitasnya, mengurangi kemerahan dan juga menenangkan kulit. Chamomile banyak digunakan untuk membuat minyak dan bubuk keringnya biasanya dipakai untuk wajah yang menenangkan kulit.

5. Bunga Matahari

Jenis bunga yang punya manfaat untuk kecantikan selanjutnya yakni adalah bunga matahari. Bunga matahari sebagai perawatan kulit biasanya digunakan dalam bentuk minyak. Minyak bunga matahari ini memiliki sifat emolien yang membantu kulit dalam mempertahankan kelembapannya. Vitamin E yang dikandung juga dapat menjadi sumber antioksidan sehingga melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV.

Selain vitamin E, bunga matahari juga diperkaya vitamin A,C, dan D yang membuatnya efektif dalam pengobatan jerawat. Kandungan asam lemaknya pun dapat membersihkan bakteri yang menyebabkan jerawat.

6. Marigold

jenis bunga yang punya manfaat untuk kecantikan selanjutnya yakni adalah bunga marigold. Bunga ini banyak tersedia di India. Marigold memiliki rangkaian manfaat kecantikan tersendiri. Bunga ini juga dikenal sebagai calendula dan minyaknya telah banyak digunakan di seluruh dunia.

Minyak calendula memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengurangi bintik-bintik dan bekas jerawat. Kamu juga bisa menggunakan minyak pada gigitan serangga untuk menenangkan dan menghilangkan rasa sakit.

4 dari 4 halaman

Jenis Bunga yang Punya Manfaat untuk Kecantikan

7. Bunga Anggrek

Jenis bunga yang punya manfaat untuk kecantikan berikut yakni adalah bunga anggrek. Kandungan mineral alami pada anggrek, seperti kalsium, zinc, dan magnesium yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Anggrek juga dapat mengatur pigmentasi kulit sehingga warnanya merata dan kulit menjadi lebih halus. Biasanya, anggrek dimanfaatkan sebagai perawatan wajah dengan campuran minyak kelapa dan diolah menjadi scrub. 

Bagi pemilik kulit kering, perawatan yang diperkaya dengan bahan alami dari bunga anggrek mungkin dapat membantu. Ekstrak bunga anggrek dapat memberikan kelembapan pada wajah.

8. Bunga Pansy

Jenis bunga yang punya manfaat untuk kecantikan berikutnya yakni adalah bunga pansy. Bunga pansy mempunyai banyak manfaat untuk kulit. Mengandung asam salisilat, yang merupakan alasan mengapa banyak digunakan sebagai zat. Ini memberikan efek menenangkan pada kulit dan dapat digunakan sebagai masker atau dapat disemprotkan ke seluruh wajah sebagai kabut.

9. Bunga Sepatu

Jenis bunga yang punya manfaat untuk kecantikan berikutnya yakni adalah bunga sepatu. Bunga sepatu merupakan bahan alami untuk melawan penuaan di kulit. Hal ini karena bunga sepatu dapat membantu tingkatkan elastisitas kulit sehingga memberikan dorongan regenerasi sel-sel kulit yang baru. Selain mencegah penuaan, bunga sepatu juga dapat membantu kurangi bintik-bintik hitam pada wajah. Bunga sepatu akan mempercepat pergantian sel dan menghasilkan warna kulit yang lebih merata.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.