Sukses

6 Makanan yang Dapat Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Makanan yang dapat menyembuhkan luka bisa kamu konsumsi agar cepat sembuh.

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang dapat menyembuhkan luka bisa kamu konsumsi agar cepat sembuh. Robekan pada permukaan kulit atau jaringan di bawahnya ini biasanya disebabkan karena terjatuh, tergores, ataupun digigit binatang.

Ada 4 fase penyembuhan luka, yaitu hemostasis, inflamasi, proliferasi, dan remodeling. Hemostasis merupakan saat pembuluh darah di sekitar luka menyempit untuk mengurangi perdarahan, dan keping darah (trombosit) berdatangan dan menumpuk untuk menambal jaringan yang luka.

Kemudian fase inflamasi, yaitu saat sel darah putih (leukosit) hadir untuk membersihkan daerah luka dari kotoran dan kuman yang mencoba masuk dari luar melalui luka. Lalu, pada fase proliferasi, terjadi pembentukan jaringan kolagen dan pembuluh darah baru. Terakhir, pada fase remodeling terbentuk pematangan jaringan yang baru.

Makanan yang dapat menyembuhkan luka bisa membuat proses ini berjalan lebih cepat. Hal ini berkaitan dengan kandungan nutrisi dalam makanan-makanan tersebut, seperti protein, vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalsium, zat besi, seng, dan glutamine.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (28/11/2020) tentang makanan yang dapat menyembuhkan luka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Dapat Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Daging dan Telur

Makanan yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat salah satunya adalah daging dan telur. Hal ini berkaitan dengan kandungan protein yang tinggi dari kedua makanan tersebut. Kolagen sebagai zat yang paling vital dalam penyembuhan luka termasuk dalam jenis protein, sehingga bermanfaat untuk pembentukan dan memperbaiki luka.

Selain protein, daging dan telur juga mengandung zat besi, seng, dan glutamin yang juga berperan untuk menghentikan luka dan pembentukan jaringan-jaringan baru. Daging yang baik untuk dikonsumsi termasuk daging merah, ayam, dan ikan. Selain itu, susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt juga disarankan sebagai sumber protein.

Jeruk

Jeruk merupakan salah satu makanan yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat. Hal ini tidak lepas dari kandungan vitamin C di dalam jeruk. Vitamin C ini membantu pembentukan kolagen, meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga sebagai antioksidan. Selain jeruk, kentang, stroberi, dan tomat juga kaya akan vitamin C.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Dapat Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Kacang-kacangan

Makanan yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat berikutnya adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan, termasuk gandum, juga mengandung protein nabati. Selain itu, bahan makanan nabati ini juga sumber vitamin E dan glutamin yang baik. Keduanya berperan sebagai antioksidan yang melindungi jaringan yang luka dan membantu penyembuhannya.

Wortel

Beta karoten yang terkandung dalam wortel dan sayuran lainnya yang berwarna cerah, merupakan jenis dari vitamin A yang penting dalam pembentukan jaringan baru saat luka. Selain wortel, kamu bisa juga konsumsi brokoli, bayam, atau paprika sebagai variasi. Makanan yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat ini juga baik dikonsumsi sehari-hari karena kandungan nutrisinya.

4 dari 4 halaman

Makanan yang Dapat Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Labu

Labu sebagai makanan yang baik untuk menyembuhkan luka mengandung magnesium yang juga bagus dalam mempercepat proses pertumbuhan sel-sel kulit baru. Sehingga lapisan kulit yang rusak akibat cedera bisa segera diganti dengan lapisan kulit yang baru.

Kerang

Kerang atau tiram mengandung seng yang tinggi. Zat ini membantu pembentukan dan pematangan kolagen. Menurut penelitian, kekurangan seng dapat memperlambat proses penyembuhan dan kekuatan jaringan baru yang kurang kuat.

Itulah beberapa makanan yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat. Selain itu, agar luka cepat sembuh, kamu harus menghindari beberapa faktor seperti infeksi pada luka, penyakit diabetes, penyumbatan pembuluh darah, dan usia tua. Konsultasikan dengan dokter tentang cara penyembuhan luka paling efektif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini