Sukses

6 Cara Menghilangkan Noda Tinta yang Sudah Kering di Baju, Mudah dan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju sebenarnya susah-susah gampang. Noda tinta yang sudah kering tentunya cukup mencolok di baju berwarna cerah. Hal ini biasanya sering dialami oleh anak sekolah atau pekerja kantoran yang menggunakan baju putih.

Gara-gara tidak mengetahui cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju, beberapa orang terpaksan membeli baju baru. Padahal, kamu bisa mencucinya dengan beberapa bahan rumahan yang tidak begitu sulit ditemukan.

Cara Menghilangkan Noda Tinta yang sudah kering di baju mungkin perlu perhatian lebih. Kamu perlu mengikuti beberapa langkah khusus dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Dengan begitu, baju yang terkena noda tinta akan bersih kembali.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (28/11/2020) tentang cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Aseton (Cairan Pembersih Cat Kuku)

Cara menghilangkan noda tinta di baju yang pertama adalah dengan aseton atau cairan pembersih cat kuku. Caranya cukup mudah, tuangkan 1 atau 2 tetes cairan aseton pada bagian yang terkena noda tinta. Teteskan hingga merata.

Setelah itu, tekan-tekan dengan kain bersih untuk menyerap noda tinta pada baju tersebut. Selanjutnya, rendam baju putih tersebut dengan air hangat dengan mencampurkan 1/2 sendok deterjen bubuk. Lalu, diamkan selama 10-30 menit. Kamu sudah bisa mencuci baju putih seperti biasa setelah itu.

Aseton juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju. Baju putih yang terkena noda tinta sebaiknya memang segera dicuci. Namun, bila kamu memiliki baju putih yang sudah terkena noda tinta sejak lama, jangan khawatir kamu masih bisa mencucinya. Walaupun memang agak sulit, tapi kamu bisa mencoba cara berikut ini:

- Teteskan cairan Aseton 1 atau 2 tetes.

- Usap dengan lembut menggunakan kain atau tisu bersih.

- Kemudian, siapkan ember berisi air dingin dan campurkan sedikit garam dapur.

- Rendam baju di dalam ember tersebut, diamkan selama 5 – 10 menit.

- Jika noda tinta belum menghilang sepenuhnya ulangi kembali sampai noda tinta benar-benar menghilang dari baju kamu.

- Setelah noda tinta menghilang kamu dapat mencuci baju seperti biasa.

3 dari 7 halaman

Pasta Gigi

Pasta gigi juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju. Kamu bisa memilih jenis pasta gigi non gel dalam menerpkan cara ini. Caranya sangat mudah, kamu tinggal mengoleskan pasta gigi pada noda tinta di baju.

Kemudian gosok dengan lembut dan perlahan hingga noda tinta menghilang. Apabila noda masih belum sepenuhnya hilang, kamu bisa mengulangi prosesnya. Kemudian, setelah dibilas dengan air bersih, kamu sudah bisa mencucinya seperti biasa lagi.

4 dari 7 halaman

Cuka dan Sabun Cuci Piring

Cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju juga bisa menggunakan cuka. Hal ini disebabkan karena cuka memiliki kandungan asam yang dapat membersihkan baju dari noda tinta tersebut.

Cara penggunaannya yaitu, tuangkan 1 sendok cuka pada noda tinta di baju. Kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu, tuangkan 1 atau 2 tetes sabun cuci piring pada noda tinta tersebut. Gosok dengan lembut dengan tangan atau sikat gigi hingga noda tinta menghilang. Setelah noda tinta menghilang, kamu bisa mencuci baju putih seperti biasanya.

5 dari 7 halaman

Garam

Cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju selanjutnya adalah dengan garam. Caranya tidak begitu sulit, kamu tinggal membasahi baju yang terkena noda tinta mengering, lalu tuangkan sedikit garam pada noda tinta tersebut. Gosok garam menggunakan tisu basah, lalu sikat sisa garam yang ada di baju. Baru setelah itu bilas sampai noda terangkat.

6 dari 7 halaman

Alkohol

Alkohol merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju. Alkohol mampu menghilangkan noda tinta dengan cepat. Namun, bila tidak berhati-hati dalam penggunaannya, alkohol dapat membuat baju putih kamu pudar.

Sebelumnya, coba teteskan sedikit larutan alkohol di area baju yang tidak terkena noda tinta mengering. Pastikan larutan alkohol tersebut tidak memudarkan warna baju. Baru setelah itu tuangkan larutan pada noda tinta, lalu usap dengan kain bersih.

Setelah sebagian besar noda tinta hilang. Kamu pun bisa merendam baju tersebut di dalam air dingin yang sudah dicampur garam. Diamkan selama beberapa jam untuk memastikan baju kamu benar-benar bersih.

Baru setelah itu cuci baju sesuai instruksi yang tercantum pada label. Jika noda tinta mengering belum hilang, kamu bisa mencoba mengulangi prosesnya sebelum menjemur baju.

7 dari 7 halaman

Mentega

Menggunakan mentega juga bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju. Kamu tinggal mengoleskan mentega pada baju yang terkena noda tinta, jemur di bawah sinar matahari, kemudian bersihkan dengan sabun, lalu bilas menggunakan air bersih. Kamu bisa mengulang prosesnya jika noda belum juga terangkat.

Itulah cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju. Sebaiknya segera cuci baju yang terkena noda tinta agar tidak semakin sulit dibersihkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS